BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT??

BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT??


TRIK BAGI GURU YANG INGIN MENJADI SEORANG PENGAJAR YANG BAIK
BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT??


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, kali ini Dunia Pendidikan akan membagikan sebuah trik untuk menjadi seorang Pengajar yang berkualitas. yang pada saat ini menjadi sangat langka sekali.

Kualitas Pendidikan di Indonesia salah satunya bergantung pada Kualitas Guru. Sudahkah Anda merasa berkualitas sebagai seorang guru? Untuk menjadi guru yang berkualitas, Anda HARUS BERANI MENJADI GURU YANG EXCELLENT.

Susahkah menjadi guru yang excellent? TIDAK, mudah sekali.

Berikut adalah cara bagaimana menjadi Guru yang Excellent:
  1. Rencanakan materi ajar dengan hati-hati. Dimulai dengan APA YANG INGIN SISWA PELAJARI, bukannya APA YANG INGIN SISWA KERJAKAN. Mata Pelajaran selalu memiliki TUJUAN UTAMA PEMBELAJARAN. Oleh karenanya segala kegiatan yang Anda lakukan di kelas haruslah berfokus pada tuju4n ini. Sehingga, mul4ilah dengan “SAYA INGIN SISWA MEMPELAJARI ….” Dan kemudian tentukan apa yang akan mereka (siswa) lakukan.
  2. Merencanakan berbagai Model Pembelajaran. Anda dapat membagi Model Pembelajaran menjadi 3 (tiga) bagian (yang dikenal dengan singkatan VAK), yaitu: VISUAL LEARNERS, belajar dengan melihat, AUDITORY LEARNERS, belajar dengan mendengarkan, dan KINESTHETIC LEARNERS, belajar dengan melakukan.
  3. Ciptakan rutinitas disiplin dalam kelas. Misal, berdoa sebelum belajar, berdoa setelah selesai belajar, menaruh tas dan peralatan sekolah di tempat yang benar, membuang sampah pada tempatnya, dan lainnya. Walau kelihatan sepele, lakukanlah dengan disiplin yang ketat.
  4. Gunakan ‘tugas awal’ (starter task). Sebelum pelajaran dimulai, tugas awal diberikan selama kurang lebih 5 (lima) menit dengan cara yang ‘merangsang dan menyenangkan’.
  5. Beritahu siswa tentang Tujuan Pembelajaran. Dalam hal ini siswa akan menjadi jelas tentang apa yang akan dipelajari dalam kurun waktu tertentu (kurang lebih sama dengan Kontrak Kuliah di Perguruan Tinggi).
  6. Berikan ‘Kriteria atau ukuran sukses’ untuk tugas yang Anda berikan. Misal, grade (tingkatan) penilaian yang akan Anda berikan kepada siswa.
  7. Gunakan Metode Penilaian yang bervariasi. Gunakan juga Penilaian dari diri siswa sendiri, atau penilaian dari teman sejawat.
  8. Segera ganti Metode Pembelajaran jika dengan metode pembelajaran sebelumnya siswa terlihat merasa bosan atau jenuh.
  9. Pujilah dan pujilah siswa jika mereka melakukan yang benar.
  10. Tanyakan pada siswa tentang apa yang telah mereka pelajari, dan dengarkan dengan cermat apa yang mereka katakan.

Pertanyaan disini adalah : SIAP DAN BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT ???

Demikian 10 Trik yang dapat merubah seorang guru menjadi Berkualitas dan Profesional. Semoga yang telah disampaikan, bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT??"

Posting Komentar