Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 Revisi 2016 Yang Wajib Diketahui Guru


Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 Revisi 2016 Yang Wajib Diketahui Guru 

  
Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, dikutip dari Posting di Forum Guru Indonesia tentang Perubahan Kurikulum 2013 Tahun 2016, sangat penting sekali untuk diketahui oleh semua guru terutama bagi guru yang sekolahnya melaksanakan Kurikulum 2013. Hasil revisi kurikulum 2013 tentunya ada perubahan, dan perlu kita telah ketahui bahwa Mulai Juli 2016 Kurikulum 2013 Diberlakukan Secara Nasional.  Adapun Perubahannya terletak pada PEMBELAJARAN, PENILAIAN DAN KETUNTASAN BELAJAR berikut kesimpulan perubahan yang perlu disampaikan kepada guru di seluruh indonesia : 

1.    Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap Kurikulum 2013 Edisi Revisi  yang berlaku secara Nasional.
2.    Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun KI tetap dicantumkan dalam penulisan RPP.
3.    Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
4.    pendekatan scientific  5Mbukanlah satu-satunnya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
5.    Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
6.    Perubahan terminologiulangan harian menjadi  penilaian harian, uas menjadi  penilaian akhir semester  untuk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.
7.    Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian  (jika ada).
8.    Skala penilaian menjadi  1-100. Penilaian sikap  diberikan dalam bentuk  predikat dan deskripsi.
9.    Remedialdiberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.

Demikian Sahabat Dunia Pendidikan yang dapat disampaikan, untuk selanjutnya akan saya posting lebih rinci mengenai PENILAIAN dalam pembelajaran DAN KETUNTASAN BELAJAR pada kurikulum 2013 revisi 2016.

Semoga Bermanfaat, Aamiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 Revisi 2016 Yang Wajib Diketahui Guru "

Posting Komentar