Registrasi Dapodikdasmen : Offline atau Online??? berikut cara yang benar

Cara Registrasi Aplikasi Dapodikdasmen

Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, mengen4i Aplikasi Dapodikdasmen, Tahapan berikutnya setelah selesai melakukan instalasi yaitu melakukan registrasi aplikasi. Registrasi aplikasi ini harus dilakukan oleh operator setelah melakukan install baru/install ulang menggunakan file installer. Akan tetapi jika hanya melakukan proses upgrade versi yaitu installasi menggunakan file updater maka tidak diperlukan untuk registrasi aplikasi.
Pilihan registrasi secara online atau offline
Perbedaan registrasi pada aplikasi versi 2016 adalah pada fungsinya. Proses registrasi yang sebelumnya sebagai proses tambah data pengguna (operator sekolah) kini berubah fungsinya menjadi verifikasi data pengguna. Username dan password harus terdaftar sebelumnya di server Dapodik semester sebelumnya serta harus cocok dengan kode registrasi milik sekolah yang dulu didaftarkan pada aplikasi dapodikdasmen singkronisasi terakhir pada tahun Sebelumnya.

Untuk Tambah data pengguna baru (operator sekolah) dapat dilakukan di KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Proses registrasi di aplikasi Dapodik versi 2016 dapat dilakukan secara onlline atau offline.

a. Registrasi secara online

Jika pengguna melakukan registrasi secara online, pengguna tidak perlu menggunakan file prefill. Cukup menginputkan data username, password dan kode registrasi yang tepat maka proses registrasi dapat dilakukan. Proses registrasi online kurang lebih berlangsung selama 5 menit jika koneksi internet lancar.
Proses registrasi online
Jika terdapat kesalahan data maka akan muncul peringatan data sekolah tidak ditemukan atau data pengguna salah. Pada proses registrasi yang berhasil maka akan muncul notifikasi Sinkronisasi selesai, kemudian diarahkan ke halaman login aplikasi.
Notifikasi registrasi online yang berhasil


b. Registrasi secara offline

Proses registasi secara offline, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, yaitu:
  • Siapkan file prefill yang sudah berhasil diunduh .
  • Pastikan nama file prefill hasil unduhan tidak memiliki angka (1), (2), dst. Hal tersebut disebabkan oleh pengguna yang pernah mengunduh file prefill lebih dari satu kali dan disimpan di tempat/direktori yang sama.
File prefill
Pada gambar di atas, gambar dengan nomor 1 adalah contoh penulisan nama pada prefill yang salah karena terdapat angka (1), (2), dst. Sedangkan gambar dengan nomor 2 adalah contoh file prefill yang benar.
  • Selanjutnya, taruh file prefill di direktori C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.
Folder prefill_dapodik di drive C:\
  • Setelah selesai, selanjutnya jalankan aplikasi Dapodik yang berada di Start Menu atau klik ganda ikon Dapodik yang ada di Desktop.
Ikon Dapodik di Desktop
  • Selain menjalankan aplikasi melalui short-cut di Desktop, pengguna juga dapat menjalankan aplikasi dengan cara memasukkan alamat localhost:5774 di address bar peramban web.
Alamat aplikasi dapodik
  • Tampilan registrasi akan muncul secara otomatis setelah melakukan instalasi aplikasi.
  • Isi lengkap form registrasi yang tertera di aplikasi Dapodik, lalu klik “Submit”
Proses registrasi offline
  • Setelah berhasil melakukan registrasi, akan ada peringatan “Proses sinkronisasi telah selesai”.
Proses registrasi online berhasil
  • Sila lakukan login menggunakan username dan password yang sudah berhasil diregistrasikan lalu klik “Masuk”.
Laman login utama aplikasi dapodik
Demikian sahabat Dunia Pendidikan, perlu diperhatikan jika  Tampilan aplikasi dapodikdasmen masih  4.1.1 atau versi lama Silahkan F5 (Refresh) Brower Anda. tampilan Dapodik 2016 Akan Muncul... Selamat mencoba. SALAM SATU DATA PENDIDIKAN. DAPODIKDASMEN 2016

sumber : panduan penggunaan aplikasi dapodikdasmen 2016



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Registrasi Dapodikdasmen : Offline atau Online??? berikut cara yang benar"