Menyikapi Permasalahan Peserta Didik yang tidak bisa dihapus di Dapodikasmen

Menyikapi Permasalahan Peserta Didik yang tidak bisa dihapus di Dapodikasmen

Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Manusia adalah tempat salah dan Lupa, seteliti apapun yang di kerjakan pasti ada salahnya, baik itu salah ketik, salah entri dan salah lainnya. Ini dimaklumi sepanjang kesalahan tersebut tidak patal yang bisa mengakibatkan pengentrian ulang data dari awal, wah makin tambah pusing kalau begitu.

Menyikapi Permasalahan Peserta Didik yang tidak bisa dihapus di Dapodikasmen
Data turunan dapodik

Sahabat Dunia Pendidikan, dalam pengisian data peserta didik mungkin masih ada yang salah prosedur yaitu menghapus siswa yang sudah terecord pada data base dapodik. Sedangkan pada Aplikasi Dapodikdasmen 2016 menu tersebut sudah dihilangkan,

Sebagai contoh, misalnya Operator Sekolah menginput Peserta Didik baru lebih dari satu kali karena lupa atau lainnya, dan terlanjur Peserta Didik tersebut sudah diregistasi yang pada akhirnya Peserta Didik tersebut tidak bisa hapus .

Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Dalam mengentry data siswa pastikan nama siswa konsisten antara yang dientry kedalam sistem dengan dokumen pendukung terkait (kartu keluarga, ijazah, akte kelahiran).adapun yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

  • Jika nama siswa 'Mohammad Hasan' maka yg di entry juga sama seperti yang tertera pada dokumen pendukung atau dokumen kependudukan bukan menggunakan nama persamaan misal menjadi 'Moh Hasan','M Hasan','Mochammad Hasan','Moch Hasan', dan lainnya karena saat siswa mencairkan uang pada bank penyalur oleh petugas bank dianggap tidak sesuai dengan dokumen atau ada juga yang dilakukan oleh petugas bank adalah dengan meminta dokumen lain-lainnya dengan tujuan untuk mencari pembenaran data.
  • Pastikan nama orang tua (terutama ibu kandung) konsisten dan wajar; walaupun status orang sudah almarhum tetap diinputkan namanya secara lengkap.


Pertanyaan : Bagaimana Menyikapi Permasalahan tersebut ???

Sahabat Dunia Pendidikan, tidak ada cara lain selain Peserta Didik tersebut dikeluarkan dengan alasan lainnya, kemudian tulis keterangan salah entry data. sedangkan Peserta Didik yang sudah di entri tetapi belum diregistasi masih bisa dihapus..

Sahabat Dunia Pendidikan, Ingat, hati-hati dalam bekerja, dan jangan lupa batas waktu pengambilan data.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai Permasalahan Peserta Didik yang tidak bisa dihapus di Dapodikasmen, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyikapi Permasalahan Peserta Didik yang tidak bisa dihapus di Dapodikasmen"

Posting Komentar