Penting!!! Koreksi Dini Data Dapodikdasmen anda sebelum disingkronkan

Penting!!! Koreksi Dini Data Dapodikdasmen anda sebelum disingkronkan


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, dalam mengentry data di aplikasi dapodikdasmen, ada baik sebelum menyingkronkan hasil entrian baik itu sarana dan prasarana maupun data siswa, terlebih dahulu harus di cek kebenaran dan keabsahan dari data yang kita inputkan seperti ;

Penting!!! Koreksi Dini Data Dapodikdasmen anda sebelum disingkronkan
Tab Validasi

DATA SISWA

Sahabat dunia pendidikan, untuk data siswa pastikan nama siswa konsisten antara yang dientry kedalam sistem dengan dokumen pendukung terkait (kartu keluarga, ijazah, akte kelahiran).adapun yang perlu diperhatikan sebagai berikut : 
  • Jika nama siswa 'Mohammad Hasan' maka yg di entry juga sama seperti yang tertera pada dokumen pendukung atau dokumen kependudukan bukan menggunakan nama persamaan misal menjadi 'Moh Hasan','M Hasan','Mochammad Hasan','Moch Hasan', dan lainnya karena saat siswa mencairkan uang pada bank penyalur oleh petugas bank dianggap tidak sesuai dengan dokumen atau ada juga yang dilakukan oleh petugas bank adalah dengan meminta dokumen lain-lainnya dengan tujuan untuk mencari pembenaran data.
  • Pastikan nama orang tua (terutama ibu kandung) konsisten dan wajar; walaupun status orang sudah almarhum tetap diinputkan namanya secara lengkap.

perhatikan kasus berikut ini :
  • contoh kasus 1 : nama siswa 'Budi' nama ibu kandung 'Ibu Budi' nama ayah 'Bapak Budi' data seperti ini kemungkinan besar akan dicurigai oleh sistem validasi sebagai data yang perlu dikonfirmasi ulang.
  • contoh kasus 2 : nama siswa 'Budi' nama ayah 'Ahmad' nama ibu kandung 'Nyonya Ahmad' sistem akan mencurigai nama ibu kandung yang tidak wajar.


SARANA DAN PRASARANA

Sahabat dunia pendidikan, untuk data sarana dan prasarana pastikan INPUT Keadaan Sarana sekolah sesuai dengan keadaan, karena merupakan potret dari keadaan yang sesungguhnya di sekolah, sehingga akan muncul prosentase tingkat kerusakannya. Keadaan sarana di sekolah akan dijadikan acuan untuk berbagai bantuan sarana untuk sekolah seperti RKB, Rehab, DAK dan lainnya. Dan sebaiknya di dampingi KS dalam proses perhitungannya.

Demikian sahabat dunia pendidikan yang dapat disampaikan mengenai Koreksi Dini Data Dapodikdasmen anda sebelum disingkronkan, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penting!!! Koreksi Dini Data Dapodikdasmen anda sebelum disingkronkan"

Posting Komentar