INILAH MANFAAT MENJADI PESERTA GURU PEMBELAJAR MODA DARING (ONLINE)

Buku Panduan, E-book, PKB, Karier Guru, Guru Pembelajar, Pendidikan, Kurikulum 2013, Kurikulum, Guru, Tunjangan Profesi, Pendidikan, Sekolah, Dapodikdasmen

Inilah Manfaat Menjadi Peserta Guru Pembelajar Moda Daring (Online)



Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia. Program Guru Pembelajar seb4gai upaya pemerintah (Direktorat GTK Kemdikbud) dalam penyediaan fasilitas publik untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Guru Indonesia secara berkesinambungan.

INILAH MANFAAT MENJADI PESERTA GURU PEMBELAJAR MODA DARING (ONLINE)
Tampilan pendaftaran Guru Pembelajar

Guru Pembelajar moda daring memiliki karakteristik sebagai berikut:
  1. Menuntut pembelajar untuk membangun dan menciptakan pengetahuan secara mandiri (constructivism);
  2. Pembelajar akan berkolaborasi dengan pembelajar lain dalam membangun pengetahuannya dan memecahkan masalah secara bersama-sama (social constructivism);
  3. Membentuk suatu komunitas pembelajar (community of learners) yang inklusif;
  4. Memanfaatkan media laman (website) yang bisa diakses melalui internet, pembelajaran berbasis komputer, kelas virtual, dan atau kelas digital;
  5. Interaktivitas, kemandirian, aksesibilitas, dan pengayaan;

Melalui program Guru Pembelajar, Bapak/Ibu Guru akan mendapatkan materi pelatihan dan pendidikan sesuai dengan bidang mata pelajaran keahlian masing-masing yang dibina oleh para tenaga ahli dari P4TK (Pusat Pengembangan dan Pembedayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

Salah satu model program Guru Pembelajar adalah moda daring (online) yang memberdayakan teknologi informasi (internet) dalam proses pembelajarannya. Keuntungan atau manfaat dari Moda Daring (Online) bagi para Guru peserta, antara lain:
  • Tidak perlu meninggalkan tugas mengajar di sekolah karena peserta memiliki keleluasaan waktu belajar.
  • Fleksibel, belajar kapan saja dan dari mana saja melalui PC/Laptop dan Perangkat Mobile sehingga tidak perlu meninggalkan kewajibannya sebagai guru dalam mendidik..
  • Peserta dapat berinteraksi dengan pengampu/mentor secara synchronous – interaksi belajar pada waktu yang bersamaan seperti dengan menggunakan video call, telepon atau live chat, maupun asynchronous – interaksi belajar pada waktu yang tidak bersamaan melalui kegiatan pembelajaran yang telah disediakan secara elektronik dengan menggunakan forum atau message. Sehingga Melatih Guru pembelajar lebih mandiri dan meningkatkan literasi dan penguasaan teknologi informasi para Guru.
  • Mendapatkan Sertifikat resmi dari GTK Kemdikbud.

Syarat bagi Guru calon peserta program Guru Pembelajar Moda Daring sebagai berikut:
  • Memiliki kemampuan dasar menggunakan Internet.
  • Memiliki perangkat PC/Laptop atau Mobile Smartphone (Android)
  • Tercatat sebagai anggota aktif Komunitas GTK (GugusTK/KKG/MGMP)
  • Telah mengikuti UKG 2015


A. Model 1

Pembelajaran Guru Pembelajar pada model ini hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Dengan memanfaatkan TIK, peserta secara penuh melakukan pembelajaran daring dengan mengakses dan mempelajari bahan ajar, mengerjakan lembar kerja, berdiskusi serta berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan peserta Guru Pembelajar lainnya. Selama proses pembelajaran, peserta difasilitasi secara daring penuh oleh pengampu.


B. Model 2

Pembelajaran pada Guru Pembelajar moda daring – Model 2 melibatkan peserta, mentor dan pengampu. Guru Pembelajar moda daring model ini dilakukan secara daring penuh dengan menggabungkan interaksi antara peserta, mentor dan atau pengampu, dengan model pembimbingan seperti pada Gambar 2.2 berikut:
  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring.
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan peserta secara daring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta secara daring.

Demikian Sahabat Dunia Pendidikan yang dapat disampaikan mengenai Manfaat Menjadi Peserta Guru Pembelajar Moda Daring (Online), semoga bermanfaat bagi kita semua. aamiin

sumber : Jukni guru Pembelajar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH MANFAAT MENJADI PESERTA GURU PEMBELAJAR MODA DARING (ONLINE)"

Posting Komentar