Model Pembelajaran Guru Pembelajar Melalui Moda Daring Kombinasi

Model Pembelajaran Guru Pembelajar Melalui Moda Daring Kombinasi


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia. Pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka. Interaksi belajar daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan dan difasilitasi oleh seorang mentor. Interaksi pada daring kombinasi dapat dilihat pada Gambar dibawah ini :

Model Pembelajaran Guru Pembelajar Melalui Moda Daring Kombinasi
MODEL DARING KOMBINASI

  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu memfasilitasi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring.
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan peserta secara daring dan luring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta secara daring.
  • Pelaksanaan diklat moda DARING KOMBINASI dilaksanakan di Pusat bljr dg interaksi PENGAMPU - MENTOR/IN - GP. Semua sdh tersistem dlm online jejaring GP.

Guru Pembelajar moda ini diperuntukan bagi guru dengan profil hasil UKG nya memiliki 6 (enam) sampai dengan 7 (tujuh) kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM pada tahun yang berjalan. Pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi, peserta akan difasilitasi oleh mentor secara daring dan luring di Pusat Belajar (PB).

Pertemuan tatap muka dilaksanakan sesuai jadwal yang disepakati bersama antara peserta dan mentor. Moda daring kombinasi yang merupakan gabungan antara daring dan tatap muka dengan komposisi 48 JP untuk interaksi daring dan 12 JP untuk interaksi tatap muka di PB.

Sahabat Dunia Pendidikan, Interaksi antara pengampu, mentor dan peserta secara daring dilakukan secara synchronous maupun asynchronous. Interaksi secara synchronous wajib dilakukan di PB menggunakan video call selama proses pembelajaran, sesuai dengan kesepakatan waktu antara peserta, mentor dengan pengampu.

Interaksi tatap muka di PB antara peserta dengan mentor yang difasilitasi oleh satu operator PB4, dilakukan sebanyak 3 pertemuan, yaitu di Minggu I, III, dan VI dengan alokasi waktu 4 JP/pertemuan. Pada setiap pertemuan tatap muka, mentor harus menyiapkan daftar hadir, resume tatap muka dan berita acara, yang harus dilaporkan ke UPT dan akan menjadi lampiran pada pelaporan pertanggungjawaban kegiatan.

Sahabat Dunia Pendidikan, Partisipasi peserta dalam kegiatan Guru Pembelajar moda daring ini sangat penting karena dapat mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang bersangkutan. Melalui sumber belajar dalam berbagai bentuk dan referensi yang tersedia di sistem Guru Pembelajar moda daring, peserta dapat mengikuti pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan materi pembelajaran yang di sajikan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai Model Pembelajaran Guru Pembelajar Melalui Moda Daring Kombinasi, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin

sumber ; juknis guru pembelajar

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Model Pembelajaran Guru Pembelajar Melalui Moda Daring Kombinasi"

  1. jangan di bikin pusing .. nikmati saja smoga ini menjadi ladang amal kita karna telah mendididk anak anak dengan tulus dan ikhlas...
    Salam Semangat Bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat pak Mukti, jalanin aja apa yang telah diprogramkan pemerintah.. walau berat dihati. semangat untuk mengabdi wajib untuk dilaksanakan.

      Hapus