Cara Menonaktifkan NUPTK Bagi GTK yang sudah tidak aktif Terbaru

Cara Menonaktifkan NUPTK Bagi GTK yang sudah tidak aktif di Tahun 2016/2017


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Ada beberapa Hal yang menyebabkan NUPTK GTK tidak aktif yaitu, Meninggal Dunia, Diberhentikan, atau pun Mengundurkan Diri serta Pensiun.

Cara Menonaktifkan NUPTK Bagi GTK yang sudah tidak aktif di Tahun 2016/2017
nonaktif NUPTK

Sahabat Dunia Pendidikan, Dalam menon4ktifkan NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik di sekolah formal maupun non formal, maka pastikan terlebih dahulu sebelum data guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang di keluarkan oleh operator sekolah harus di lengkapi dengan benar dan valid agar proses penonaktifan NUPTK bagi GTK yang sudah tidak aktif lagi misalkan meninggal dunia, di berhentikan atau mengundurkan diri serta yang sudah pensiun, dapat dikeluarkan atau dihapus oleh Dirjen GTK dengan baik dan cepat. 

Sahabat Dunia Pendidikan, Dikutip dari Surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dengan Nomor Surat : 14652/B.B2/PR/2015 tanggal 25 Desember 2015 tentang Penerbitan Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan pada satuan Pendidikan Formal dan Non Formal di tahun 2016. Dimana dalam surat tersebut dijelaskan mengenai cara cara Menonaktifkan NUPTK Bagi GTK yang sudah tidak aktif di Tahun 2016

Adapun Syarat dan Ketentuan Penonaktifan NUPTK dapat disampaikan sebagai berikut :

CARA MENONAKTIFAN NUPTK

1. Guru Kemdikbud

  • Mengajukan surat Penonaktifan NUPTK ke Disdik dengan melampirkan surat Pengantar dari Kepala Sekolah;
  • Operator Disdik melalui aplikasi verval GTK mengajukan penonaktifan NUPTK dengan memindai (mengUpload) dokumen penonaktifan dari : Guru ybs, surat pengantar dari Kepsek, Surat Persetujuan dari Disdik.

2. Guru Kemenag

  • Mengajukan Surat penonaktifan NUPTK ke disdik dengan melampirkan Surat Pengantar dari Kepala Madrasah dan surat persetujuan dari Kanwil Kemenag;
  • Operator Disdik melalui aplikasi verval PTK mengajukan penonaktifan NUPTK dengan memindai (mengUpload) dokumen penonaktifan dari : guru ybs, surat pengantar Kepala Madrasah, Surat Persetujuan dari Kanwil Kemenag dan Surat Persetujuan dari Disdik.

Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, mengingat NUPTK adalah syarat mutlak untu Guru dan tenaga Kependidikan baik pada satuan pendidikan formal maupun non formal dalam mendapatkan semua layanan atau program dan kegiatan pada Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, maka diharapkan penerbitan NUPTK di tahun 2016/2017 dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, begitu juga dengan menonaktifkan NUPTK diharapkan sesuai dengan prosedur yang telah diberlakukan.

Demikian Sahabat Dunia pendidikan mengenai Cara Menonaktifkan NUPTK Bagi GTK yang sudah tidak aktif di Tahun 2016/2017, semoga bermanfaat bagi kita semua. aamiin.

sumber ; http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Home/Syarat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menonaktifkan NUPTK Bagi GTK yang sudah tidak aktif Terbaru"

Posting Komentar