Format Laporan Inventaris Barang untuk Keperluan Penyimpanan Barang Lengkap A - Z

Format Laporan Inventaris Barang untuk Keperluan Penyimpanan Barang Lengkap A - Z 

Format Laporan Inventaris Barang, KIB A-F
Format Inventaris barang
Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Inventaris atau inventarisasi barang adalah semua kegiatan dan usaha untuk memperoleh data yang diperlukan tentang ketersediaan barang-barang yang dimiliki dan diurus, baik yang diadakan melalui pembelian menggunakan anggaran belanja, maupun sumbangan atau hibah untuk diadministrasikan sebagaimana mestinya menurut ketentuan dan cara yang telah ditetapkan di masing-masing instansi.

Inventarisasi ini dilakukan dalam rangka penyempurnaan pengurusan dan pengawasan yang efektif terhadap barang – barang milik negara (atau swasta). Inventarisasi juga memberikan masukan yang sangat berharga bagi efektifitas pengelolaan saran adan prasarana.

Inventarisasi dilakukan terhadap barang – barang yang tidak habis pakai, yang bagi sekolah negeri terdiri dari barang – barang milik negara. Barang – barang tersebut dibeli atau diadakan dengan mempergunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), baik seluruhnya maupun sebagian.

Inventarisasi harus dilaksanakan berdasarkan ketentuan – ketentuan dari pemerintah, termasuk juga yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Beberapa dari peraturan perundang – undangan itu adalah:
  1. Intruktur Presiden No.3 Tahun 1971, tentang Inventaris Barang Milik Negara/ Kekayaan Negara.
  2. Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. 222/MK/V/4/1972 tanggal 13 April 1971 tentang Pedoman Pelaksanaan Inventarisasi barang – barang milik negara di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 10/M/1976 tentang Pelaksanaan Inventarisasi dan Penyampaian Laporan Triwulan Mutasi Barang Inventarisasi Milik Negara.
  4. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 421 16/E/74 tentang Inventarisasi barang yang dipakai/ dikuasai pejabat/ Pegawai yang dimutasikan.

Sahabat Dunia Pendidikan, berikut Contoh Format Laporan Pengelolaan Inventaris Barang Sekolah Lengkap Contoh buku inventaris barang, contoh buku inventaris barang excel, contoh buku induk inventaris barang sekolah, kode inventaris barang sekolah, Serta aplikasi inventaris barang sekolah gratis dibagikan dibawah ini.

Daftar inventaris barang sekolah terdiri dari Buku Revisi Inventaris, Laporan KIB A, KIB B, KIB C, KIB D, KIB E, Kartu Inventaris Ruangan, Daftar Usulan Barang, Berita Acara Penghapusan barang , Format Laporan Inventaris. untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi format - format dibawah ini :

> Format Kebutuhan barang Inventaris Sekolah.

> Rekap Data kebutuhan barang Sekolah.

> Surat tugas pengadaan barang.

> Data pembelian barang Inventaris Sekolah.

> Surat tugas pendataan perangkat Belajar Mengajar.

> Rekapitulasi Data Kondisi perangkat pbm.

> Formulir Penggunaan/Pemakaian barang.

> Jadwal pemeliharaan alat, Barang, Ruangan/Bangunan.

> Kartu catatan perbaikan Alat/ barang.

> Laporan kerusakan alat usul perbaikan barang.

> Formulir permintaan penggunaan ATK.

> Buku jurnal Distribusi ATK.

> Laporan bulanan penggunaan Alat Tulis Kantor.

> Laporan Inventaris Barang Lengkap (KIB A-F, dll).

Demikian yang dapat disampaikan mengenai Format Laporan Inventaris Barang untuk Keperluan Penyimpanan Barang Lengkap A - Z,  semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Laporan Inventaris Barang untuk Keperluan Penyimpanan Barang Lengkap A - Z"

Posting Komentar