Inilah Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK

pembelajaran, guru, administrasi, supervisi, e-book, buku panduan, pendidikan, kurikulum, guru pembelajar, sekolah dasar, dapodikdasmen, matematika, pjok, siswa

Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Salah satu keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kurikulum pendidikan yang disusun berdasarkan kebutuhan zaman. Pada era abad 21 ini dibutuhkan kurikulum yang dapat mendorong pembelajaran yang menghasilkan siswa yang dapat memiliki kemampuan untuk mempertahankan hidupnya serta mampu menghadapi tantangan era globalisasi tanpa kehilangan nilai-nilai kepribadian dan budaya bangsa. Kurikulum 2013 menjawab kebutuhan zaman tersebut.


Penerapan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar menggunakan pendekatan tematik terpadu. Pada perkembangannya, untuk kelas tinggi (IV, V, dan VI) mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dipisahkan dari Buku Tematik Terpadu.

baca juga :
> Buku Panduan Pemanfaatan Sudut Baca di SD.
> Buku Panduan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi SD.
> Buku Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD.

Pemisahan tersebut dikarenakan perubahan muatan pelajaran matematika serasa dangkal sehingga siswa tidak mendapatkan konsep matematika secara mendalam dan PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui observasi, mencontoh/menirukan, melatihkan secara berulang.

Sahabat Dunia Pendidikan, Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK ini bertujuan untuk :
  1. Membantu guru dalam mengatur alokasi waktu Matematika dan PJOK dalam pembelajaran agar sesuai dengan struktur kurikulum;
  2. Membantu guru dalam merancang pembelajaran Matematika dan PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar tetap bermakna;
  3. Membantu guru dalam proses pembelajaran Matematika dan PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar berpusat pada siswa, kontekstual, dan bermakna.
  4. Membantu kepala sekolah, pengawas dan pihak lain yang terkait dalam mendukung proses pembelajaran Matematika dan PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar berpusat pada siswa, kontekstual, dan bermakna.

Sahabat Dunia Pendidikan untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah Buku Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK yang dapat diambil melalui dropbox :


Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK"

Posting Komentar