Download Modul Guru Belajar Mandiri Seri-P3K Bimbingan Konseling

MODUL BELAJAR MANDIRI GURU PPPK BIDANG STUDI BK
Modul Bimbingan Konseling untuk guru PPPK


MODUL BELAJAR MANDIRI GURU PPPK BIDANG STUDI BIMBINGAN KONSELING


Daftar Isi Modul Guru Belajar Mandiri Bidang Studi BIOLOGI (silahkan klik link dibawah ini untuk langsung ke pembelajaran)

  1. Pembelajaran 1. Teknik Asesmen Kebutuhan Peserta Didik
  2. Pembelajaran 2. Program Tahunan Dan Semesteran Bimbingan Dan Konseling
  3. Pembelajaran 3. Pengembangan Media Layanan Bimbingan dan Konseling
  4. Pembelajaran 4. Pelaporan dan Penggunaan Hasil Evaluasi
  5. Pembelajaran 5. Pendekatan Konseling Berorientasi Perilaku
  6. Refleksi Modul Pembelajaran Bimbingan Konseling
  7. Cara Download File


Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang bimbingan konseling.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait teknik asesmen kebutuhan peserta didik, Program Tahunan dan Semesteran Bimbingan dan Konseling, pengembangan media layanan bimbingan dan konseling, pelaporan dan penggunaan hasil evaluasi, dan pendekatan konseling berorientasi perilaku , sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.


Bahan Belajar Teknik Asesmen Kebutuhan Peserta Didik


Teknik asesmen kebutuhan peserta didik merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru bimbingan konseling agar mampu merumuskan indikator ketercapaian kemandirian melalui layanan bimbingan dan konseling yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel), yang terdiri atas aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) berdasarkan hasil asesmen kebutuhan, dan menguasai, memilih instrumen, dan melaksanakan asesmen untuk kepentingan perancangan layanan bimbingan dan konseling dengan menguasai beberapa topik materi: Konsep Dasar Asesmen, Teknik Asesmen Tes dan mengusai Teknik Asesmen Non Tes.


Pembelajaran 1. Teknik Asesmen Kebutuhan Peserta Didik


Untuk lebih memahami materi mengenai teknik asesmen kebutuhan peserta didik, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan.

Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline dibawah ini.


Bahan Belajar Program Tahunan Dan Semesteran Bimbingan Dan Konseling


Program tahunan dan semesteran Bimbingan dan Konseling merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Bimbingan dan Konseling agar mampu menguasai materi bidang layanan bimbingan dan konseling yang meliputi perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karier, termasuk advance materials secara bermakna, serta mampu menjelaskan aspek “apa” (materi/masalah layanan bimbingan dan konseling), “mengapa” (filosofi hakikat materi layanan bimbingan dan konseling dalam kaitannya dengan karakteristik peserta didik), dan “bagaimana” (cara mengkomunikasikan dan penerapan materi layanan bimbingan dan konseling) dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil asesmen kebutuhan. 


Pembelajaran 2. Program Tahunan Dan Semesteran Bimbingan Dan Konseling


Untuk lebih memahami materi mengenai program tahunan dan semesteran bimbingan dan konseling, Anda dapat  membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan.

Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline dibawah ini.


Bahan Belajar Pengembangan Media Layanan Bimbingan Dan Konseling


Pengembangan media layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru bimbingan dan konseling agar mampu memilih dan mengaplikasikan media setiap penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.


Pembelajaran 3. Pengembangan Media Layanan Bimbingan dan Konseling


Untuk lebih memahami materi mengenai Pengembangan Media Layanan Bimbingan dan Konseling, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan.

Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline dibawah ini.


Bahan Belajar Pelaporan Dan Penggunaan Hasil Evaluasi


Pelaporan Dan Penggunaan Hasil Evaluasi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru bimbingan konseling agar mampu menyusun laporan belajar yang relevan dan mudah dipaham. 


Pembelajaran 4. Pelaporan dan Penggunaan Hasil Evaluasi


Untuk lebih memahami materi mengenai Pelaporan Dan Penggunaan Hasil Evaluasi, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan. 

Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline dibawah ini.


Bahan Belajar Pendekatan Konseling Berorientasi Perilaku


Pendekatan konseling berorientasi perilaku merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru bimbingan dan konseling agar mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang memandirikan, melalui aktivitas layanan individual, kelompok, klasikal dan kelas besar/lintas kelas dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam mengembangkan potensi, mencegah, dan memecahkan masalah serta pemeliharan dan pengembangan potensi diri secara humanis, kritis, kreatif, inovatif, kolaboratif, dan komunikatif, dengan menggunakan model, sumber, dan media layanan bimbingan dan konseling yang didukung hasil penelitian. 


Pembelajaran 5. Pendekatan Konseling Berorientasi Perilaku


Untuk lebih memahami materi mengenai pendekatan konseling berorientasi perilaku, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan. 

Anda dapat membaca materi secara online atau mengunduhnya untuk dipelajari secara offline.


Refleksi Modul Pembelajaran Bimbingan Konseling


Silahkan unduh bahan pembelajaran terkait modul belajar mandiri bidang studi Bimbingan Konseling berikut:


Cara Download File


  1. Tunggu Sampai 100%
  2. Click Tombol Kl1k 2X Disini
  3. Click Tombol Go to Link
  4. Finish

Posting Komentar untuk "Download Modul Guru Belajar Mandiri Seri-P3K Bimbingan Konseling"