Download Modul Guru Belajar Seri P3K Bidang Studi IPS Lengkap dengan Bahan Paparan

Modul Guru Belajar Seri PPPK Bidang Studi IPS
Modul Guru Belajar seri-pppk bidang studi IPS


Modul Guru Belajar Seri PPPK Bidang Studi IPS


Daftar Isi (silahkan klik link dibawah ini untuk langsung ke pembelajaran)

  1. Pembelajaran 1
  2. Pembelajaran 2
  3. Pembelajaran 3
  4. Pembelajaran 4
  5. Pembelajaran 5
  6. Refleksi Pembelajaran IPS EKONOMI

  1. Pembelajaran 1
  2. Pembelajaran 2
  3. Pembelajaran 3
  4. Pembelajaran 4
  5. Pembelajaran 5
  6. Refleksi Pembelajaran IPS GEOGRAFI

  1. Pembelajaran 1
  2. Pembelajaran 2
  3. Pembelajaran 3
  4. Pembelajaran 4
  5. Refleksi Pembelajaran IPS SEJARAH

  1. Pembelajaran 1
  2. Pembelajaran 2
  3. Pembelajaran 3
  4. Pembelajaran 4
  5. Pembelajaran 5
  6. Pembelajaran 6
  7. Refleksi Pembelajaran IPS SOSIOLOGI


Modul belajar mandiri bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran yang berhubungan dengan Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial.

Komponen pembelajaran yang ada di dalam modul Ilmu Pengetahuan Sosial ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat me-refresh kembali pengetahuan dan dengan mudah memahami kembali materi-materi esensial terkait Sejarah, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi, sekaligus meningkatkan kompetensi yang berorientasi kepada keteramapilan berpikir tingkat tinggi.



MODUL BELAJAR SERI P3K IPS EKONOMI

MODUL BELAJAR SERI P3K IPS EKONOMI
Modul IPS EKONOMI


Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang ekonomi .


Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait permasalahan ekonomi,  kegiatan ekonomi, lembaga keuangan, serta perdagangan internasional, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.


Bahan Belajar Permasalahan Dasar, Motif, Prinsip Ekonomi, dan Pelaku Ekonomi.


Permasalahan dasar ekonomi, motif ekonomi prinsip ekonomi, dan pelaku ekonomi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu engidentifikasi permasalahan dasar ekonomi, menjelaskan kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, mendeskripsikan motif ekonomi, membedakan motif ekonomi, menjelaskan prinsip ekonomi, mengidentifikasi prinsip ekonomi, mengidentifikasi pelaku-pelaku ekonomi.

  • Pembelajaran 1. Permasalahan Dasar, Motif, Prinsip Ekonomi, dan Pelaku Ekonomi. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Produksi, Distribusi, dan Konsumsi


Konsep kegiatan ekonomi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menjelaskan proses produksi, proses distribusi, dan proses tinggi rendahnya konsumsi. 

  • Pembelajaran 2. Produksi, Distribusi, dan Konsumsi. Unduh


Bahan Belajar Permintaan, Penawaran, dan Struktur Pasar


Permintaan, Penawaran, dan Struktur Pasar merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menjelaskan pengertian permintaan dan kurva permintaan, menjelaskan jenis permintaan, menjelaskan hukum, fungsi dan elastisitas permintaan, menjelaskan pengertian penawaran, menjelaskan jenis penawaran, menjelaskan hukum, fungsi dan elastisitas penawaran, menjelaskan pengertian harga dan harga keseimbangan, menjelaskan pengertian pasar, menjelaskan struktur, fungsi dan jenis/bentuk pasar.

  • Pembelajaran 3 Konsep Permintaan, Penawaran, dan Struktur Pasar. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Uang dan Lembaga Keuangan


Konsep uang dan lembaga keuangan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menjelaskan syarat-syarat uang, menjelaskan jenis-jenis uang, menjelaskan fungsi uang, menjelaskan nilai uang, mengidentifikasi fungsi bank, mengidentifikasi jenis-jenis bank, menjelaskan macam-macam lembaga keuangan non-bank, menjelaskan pengertian dan fungsi pajak, mengidentifikasi jenis-jenis pajak.

  • Pembelajaran 4.  Uang dan Lembaga Keuangan. Unduh
  • Bahan Paparan 1. Unduh
  • Bahan Paparan 2. Unduh


Bahan Belajar Perdagangan Internasional dan Alat Pertukaran Perdagangan Internasional


Perdagangan internasional dan alat pertukaran perdagangan internasional merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menjelaskan pengertian serta tujuan perdagangan internasional, menjelaskan teori perdagangan internasional, mengidentifikasi faktor-faktor terjadinya perdagangan internasional dan MEA, mengidentifikasi akibat/ dampak perdagangan internasional dan MEA, menjelaskan kebijakan perdagangan internasional dan MEA, menjelaskan devisa dan valuta asing, menjelaskan kurs pertukaran mata uang asing

  • Pembelajaran 5. Konsep Perdagangan Internasional dan Alat Pertukaran Perdagangan Internasional. Unduh
  • Bahan Paparan 1. Unduh
  • Bahan Paparan 2. Unduh


Rangkuman Pembelajaran IPS EKONOMI


Silahkan unduh bahan pembelajaran terkait modul belajar mandiri bidang studi IPS - Ekonomi berikut:

  • Bahan Pembelajaran IPS Ekonomi. Unduh



MODUL BELAJAR SERI PPPK IPS GEOGRAFI

MODUL BELAJAR SERI PPPK IPS GEOGRAFI
Modul IPS Geografi


Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang geografi.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi terkait letak Indonesia dan pengaruhnya terhadap potensi sumberdaya alam, kondisi alam Indonesia, dinamika penduduk Indonesia, unsur peta untuk memahami lokasi geografis, interaksi antarwilayah, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.


Bahan Belajar Letak Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Potensi Sumberdaya Alam


Letak Indonesia dan pengaruhnya terhadap potensi sumberdaya alam merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menjelaskan luas wilayah, letak geografis, potensi SDA dan maritim, serta persebaran flora dan fauna Indonesia. 

  • Pembelajaran 1. Letak Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Potensi Sumberdaya Alam. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Kondisi Alam Indonesia


Kondisi alam Indonesia merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu memahami kondisi alam Indonesia.

  • Pembelajaran 2. Letak Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Potensi Sumberdaya Alam. Unduh
  • Bahan Paparan 1. Unduh
  • Bahan Paparan 2. Unduh
  • Bahan Paparan 3. Unduh


Bahan Belajar Dinamika Penduduk Indonesia


Dinamika penduduk Indonesia merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menganalisis jumlah, persebaran, kepadatan penduduk, komposisi penduduk, dan mobilitas penduduk beserta dampaknya.

  • Pembelajaran 3. Dinamika Penduduk Indonesia. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Unsur-unsur Peta untuk Memahami Lokasi Geografis


Unsur-unsur peta untuk memahami lokasi geografis merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menjelaskan klasifikasi peta, persyaratan peta, dan mendeskripsikan unsur-unsur peta dalam memahami lokasi geografis.

  • Pembelajaran 4. Unsur-unsur Peta Untuk Memahami Lokasi Geografis. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Interaksi Antarwilayah


Interaksi antarwilayah merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menjelaskan interaksi wilayah, dampak interaksi antarwilayah, dan peran Indonesia dalam kerjasama ASEAN maupun inernasional. 

  • Pembelajaran 5. Interaksi Antarwilayah. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Refleksi Modul Pembelajaran IPS GEOGRAFI


Silahkan unduh bahan pembelajaran terkait modul belajar mandiri bidang studi IPS - Geografi berikut:

  • Modul Pembelajaran IPS Geografi. Unduh



MODUL BELAJAR SERI P3K IPS SEJARAH

MODUL BELAJAR SERI P3K IPS SEJARAH
Modul IPS SEJARAH


Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep dari pembelajaran dari setiap materi dan substansi materi yang disajikan.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dari beberapa modul yang telah dikembangkan oleh Dirjen GTK diantaranya Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dan Modul Pendidikan profesi Guru (PPG) , dan rujukan-rujukan relevan lainnya dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami teori dan konsep bidang studi IPS kajian sejarah, sekaligus mendorong guru untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi


Bahan Belajar Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Pra-aksara


Kehidupan masyarakat indonesia pada masa Pra aksara merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS ataupun guru sejarah  agar mampu Menjelaskan sejarah kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia,  Menjelaskan periodisasi masa pra aksara,  Menjelaskan Jenis-jenis manusia pra aksara di Indonesia, Menjelaskan kehidupan masyarakat pada masa pra aksara

  • Pembelajaran 1.Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Pra-aksara. Unduh
  • Bahan Belajar. Unduh


Bahan Belajar Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Hindu-Budha dan Islam


Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Hindu Budha dan Islam merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menjelaskan proses masuk dan berkembangnya Hindu Budha keIndonesia, Menjelaskan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Budha di Indonesia, Menjelaskan pengaruh Hindu-Budha pada kehidupan masyarakat Indonesia, Menjelaskan proses masuk dan berkembangnya Islam keIndonesia. Menjelaskan kerajaan bercorak Islam di Indonesia, Menjelaskan pengaruh Islam pada kehidupan masyarakat Indonesia.

  • Pembelajaran 2. Kehidupan Masyarakat indonesia pada masa Hindu Budha dan Islam. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Kehidupan Bangsa Indonesia pada masa Kolonial, Pergerakan Nasional, Penjajahan Jepang hingga Kemerdekaan


Kehidupan bangsa Indonesia pada masa Kolonial, pergerakan nasional, penjajahan Jepang hingga kemerdekaan. merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS maupun Sejarah agar mampu Menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa kolonialisme, Menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa pergerakan nasional, Menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang, Menjelaskan kronologis peristiwa kemerdekaan Indonesia.

  • Pembelajaran 3.kehidupan bangsa Indonesia pada masa Kolonial, pergerakan nasional, penjajahan Jepang hingga kemerdekaan. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Kehidupan Bangsa Indonesia pada Masa Revolusi, Orde Lama, Orde Baru, hingga Reformasi.


Kehidupan Bangsa Indonesia pada Masa Revolusi, Orde Lama, Orde Baru, hingga Reformasi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS maupun Sejarah agar mampu Menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa Revolusi, Menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa Orde Lama, Menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa Orde Baru, Menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa Reformasi

  • Pembelajaran 4. Kehidupan Bangsa Indonesia pada Masa Revolusi, Orde Lama, Orde Baru. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Refleksi Modul Pembelajaran IPS SEJARAH


Silahkan unduh bahan pembelajaran terkait modul belajar mandiri bidang studi IPS - Sejarah berikut:

  • Modul Pembelajaran IPS-SEJARAH. Unduh



MODUL BELAJAR SERI PPPK IPS SOSIOLOGI

MODUL BELAJAR SERI PPPK IPS SOSIOLOGI
Materi Bahan Belajar Guru P3K IPS Sosiologi


Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep dari pembelajaran dari setiap materi dan substansi materi yang disajikan.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dari beberapa modul yang telah dikembangkan oleh Dirjen GTK diantaranya Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dan Modul Pendidikan profesi Guru (PPG), dan rujukan-rujukan relevan lainnya dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami teori dan konsep bidang studi IPS kajian sejarah, sekaligus mendorong guru untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi


Bahan Belajar Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan


Pengetahuan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS, agar mampu :

  1. Menjelaskan sejarah kelahiran dan pemikiran para pendiri sosiologi.
  2. Menjelaskan karakteristik, sifat-hakikat,  dan manfaat sosiologi.
  3. Menjelaskan objek kajian dan gejala sosial dalam sosiologi.


Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan

  • Pembelajaran 1. Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan. Unduh
  • Bahan Paparan 1. Unduh
  • Bahan Paparan 2. Unduh


Bahan Belajar Interaksi Sosial


Interaksi Sosial merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS agar mampu :

  1. Menjelaskan Interaksi Sosial dan Proses Sosial. 
  2. Menjelaskan Nilai Sosial dan Norma Sosial. 
  3. Menjelaskan Sosialisasi dan Keteraturan Sosial. 
  4. Menjelaskan Penyimpangan dan Pengendalian Sosial.
  5. Menjelaskan Kelompok Sosial.


Interaksi sosial

  • Pembelajaran 2. Interaksi sosial. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Struktur Sosial


Struktur Sosial merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS agar mampu :

  1. Menjelaskan Lembaga Sosial
  2. Menjelaskan Status dan Peran Sosial
  3. Menjelaskan Stratifikasi Sosial dan Diferensiasi Sosial
  4. Menjelaskan Mobilitas Sosial


Struktur Sosial

  • Pembelajaran 3. Struktur Sosial. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Konflik Sosial dan Integrasi Sosial


Konflik Sosial dan Integrasi Sosial merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS agar mampu :

  1. Menjelaskan Konflik Sosial.
  2. Menjelaskan Kekerasan Sosial.
  3. Menjelaskan Integrasi Sosial.
  4. Menjelaskan Masyarakat Multikultural


Konflik Sosial dan Integrasi Sosial

  • Pembelajaran 4. Konflik Sosial dan Integrasi Sosial. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Perubahan Sosial dan Pemberdayaan Komunitas


Perubahan Sosial dan Pemberdayaan Komunitas merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS agar mampu :

  1. Menjelaskan Perubahan Sosial
  2. Menjelaskan Modernisasi dan Globalisasi
  3. Menjelaskan Masalah Sosial
  4. Menjelaskan Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas


Perubahan Sosial dan Pemberdayaan Komunitas

  • Pembelajaran 5. Perubahan Sosial dan Pemberdayaan Komunitas. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


Bahan Belajar Metode Penelitian Sosial


Metode Penelitian Sosial merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru IPS agar mampu :

  1. Menjelaskan Jenis-Jenis Penelitian Sosial.
  2. Menjelaskan Manfaat Hasil Penelitian.
  3. Menjelaskan Langkah-langkah Penelitian Sosial.
  4. Menjelaskan Sampel dan Populasi.
  5. Menjelaskan Teknik Pengumpulan Data.
  6. Menjelaskan Teknik Pengolahan Data.


Metode Penelitian Sosial

  • Pembelajaran 6. Metode Penelitian Sosial. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh


REFLEKSI PEMBELAJARAN IPS SOSIOLOGI


Silahkan unduh bahan pembelajaran terkait modul belajar mandiri bidang studi IPS - Sosiologi berikut:

  • Modul Pembelajaran Sosiologi. Unduh



Cara Download File


  1. Tunggu Sampai 100%
  2. Click Tombol Kl1k 2X Disini
  3. Click Tombol Go to Link
  4. Finish

Posting Komentar untuk "Download Modul Guru Belajar Seri P3K Bidang Studi IPS Lengkap dengan Bahan Paparan"