Mengapa kita memerlukan Kurikulum Merdeka

Mengapa kita memerlukan Kurikulum Merdeka?

Mengapa kita memerlukan Kurikulum Merdeka
Kurikulum Merdeka Mengajar


Pediapendidikan.com - Secara umum pemangku kepentingan berperan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran, membantu pendidik untuk mengenali kapabilitas dan karakteristik peserta didik agar mampu merancang, melaksanakan dan mendukung terlaksananya pembelajaran yang bermakna. 


Para pemangku kepentingan dapat melakukan peran ini jika sudah memahami konsep pembelajaran serta peran yang dapat dilakukan.


Berbagai studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran (learning crisis) yang cukup lama. 


Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami acaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar.


Temuan itu juga juga memperlihatkan kesenjangan pendidikan yang curam di antarwilayah dan kelompok sosial di Indonesia.


Keadaan ini kemudian semakin parah akibat merebaknya pandemi Covid-19. Untuk mengatasi krisis dan berbagai tantangan tersebut, maka kita memerlukan perubahan yang sistemik, salah satunya melalui kurikulum.


Kurikulum menentukan materi yang diajarkan di kelas.


Kurikulum juga mempengaruhi kecepatan dan metode mengajar yang digunakan guru untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.


Untuk itulah Kemendikbudristek mengembangkan Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting dalam upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama kita alami.

Posting Komentar untuk "Mengapa kita memerlukan Kurikulum Merdeka"