Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Lembar Catatan Belajar Peserta Didik

Model Penilaian Formatif dengan Teknik Lembar Catatan Belajar Peserta Didik

Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Lembar Catatan Belajar Peserta Didik
Lembar Catatan Belajar Peserta Didik


Pediapendidikan.com - Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Lembar Catatan Belajar Peserta didik terdiri dari Lembar refleksi, Lembar Tanggapan Peserta didik.


1. Lembar refleksi


Lembar refleksi digunakan oleh peserta didik untuk mencatat proses yang mereka lalui dalam mempelajari sesuatu dan apa yang mereka peroleh, sekaligus mencatat pertanyaan-pertanyaan yang perlu mereka temukan jawabannya.


Refleksi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuat hubungan antara apa yang mereka sudah pelajari, menentukan tujuan, dan melakukan refleksi terhadap proses belajar mereka.


Dengan membaca lembar refleksi peserta didik, pendidik memperoleh umpan balik terhadap keefektifan proses pembelajarannya, dan dapat menyampaikan umpan balik mengenai apa yang sudah dilakukan dengan baik oleh peserta didik serta saran untuk hal-hal yang perlu diperbaiki.


Dengan demikian pendidik dapat menjadikan lembar refleksi sebagai sebuah alat yang efektif untuk pembelajaran.


Contoh:

  • Pekan ini bu Ninik membelajarkan pengertian tentang konsep pecahan dengan cara membuat sup buah. Anak-anak diberi tugas untuk membawa buah dari rumah masing-masing. Dari sini anak-anak mengenal konsep pecahan dilanjutkan dengan penjumlahan pecahan dengan penyebut sama. Sebagai penguatan pendidik memberikan lembar kerja.

Lembar Refleksi
Contoh Lembar Refleksi

Setelah anak-anak selesai mengerjakan lembar kerja, pendidik membagikan lembar refleksi pembelajaran. Berikut adalah lembar refleksi yang dibagikan kepada peserta didik.


Berikut ini adalah contoh lembar refleksi belajar dari seorang peserta didik.

lembar refleksi belajar peserta didik
Contoh lembar refleksi belajar dari seorang peserta didik


Dari isian ini terlihat bahwa peserta didik yang bersangkutan sudah memahami konsep pecahan. Diketahui juga apa yang masih dirasa sulit oleh peserta didik tersebut, yaitu operasi pecahan.


Hal ini bisa menjadi acuan Bu Ninik dalam merancang aktivitas selanjutnya.


2. Lembar Tanggapan Peserta didik


Lembar tanggapan peserta didik merupakan lembar isian bagi peserta didik untuk menuliskan respons pribadi mereka untuk mengajukan pertanyaan, meramalkan hasil, melakukan refleksi atau perenungan, mengumpulkan kosakata, dan untuk menyatakan pikiran atau pendapat mereka mengenai bacaan tertentu.


Pendidik dapat menggunakan lembar tanggapan peserta didik sebagai penilaian formatif. Gambar dibawah ini menyajikan contoh lembar tanggapan peserta didik yang diisi setelah seorang peserta didik kelas II yang baru saja menyelesikan membaca sebuah buku bergambar.

Contoh Lembar Tanggapan Peserta didik
Lembar Tanggapan Peserta didik

Pada lembar tanggapan diatas peserta didik menuliskan nama-nama tokoh ceritanya, tokoh yang disukai beserta alasannya, dan gambar tokoh cerita.


Selain itu, peserta didik juga memberi penilaian terhadap buku yang dibacanya dengan mewarnai bintang.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Lembar Catatan Belajar Peserta didik, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Lembar Catatan Belajar Peserta Didik"