Model Penilaian Formatif dengan Uraian dan Ringkasan Singkat

Model Penilaian Formatif dengan Uraian dan Ringkasan Singkat

Model Penilaian Formatif dengan Uraian dan Ringkasan Singkat
Model-model penilaian Formatif


Pediapendidikan.com - Model Penilaian Formatif yang ke 18 dan 19 yaitu dengan menggunakan Uraian dan Ringkasan Singkat.


Uraian Singkat


Uraian Singkat adalah teknik penilaian formatif yang cepat dan memungkinkan pendidik untuk menyimpulkan tingkat penguasaan peserta didik dalam suatu topik pembelajaran.


Pendidik memberikan sebuah pertanyaan kepada peserta didik dan meminta mereka menjawabnya. Kemudian pendidik menjelaskan bahwa mereka mempunyai waktu yang sangat singkat (biasanya satu menit) untuk menuliskan jawaban mereka.


Untuk itu, pendidik harus memastikan bahwa pertanyaan yang disampaikan dapat dijawab dalam waktu singkat.


Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dapat membuat peserta didik merefleksikan penguasaan materi dan menghubungkannya dengan kehidupan mereka masing-masing.


Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat meliputi pertanyaan-pertanyaan yang menghendaki proses kognitif baik tingkat rendah maupun tingkat tinggi.


Ringkasan Singkat


Pendidik meminta peserta didik untuk membuat ringkasan singkat dari materi yang telah mereka pelajari akan memberikan informasi mengenai pemahaman peserta didik mengenai materi tersebut. 


Kedalaman ringkasan-ringkasan yang dibuat peserta didik akan menunjukkan tingkat pemahaman mereka mengenai materi tersebut dan memberikan arah untuk rencana pembelajaran selanjutnya.


Demikian yang dapat kami sampaikan terkait Penilaian Formatif yaitu Uraian dan Ringkasan Singkat, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Model Penilaian Formatif dengan Uraian dan Ringkasan Singkat"