Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Dalam Abad ke-21 sekarang ini, setiap peserta didik/konseli dihadapkan pada situasi kehidupan yang kompleks, penuh dengan tekanan, paradoks dan ketidakmenentuan.

Buku Panduan Bimbingan Konseling lainnya:
> Buku Panduan BK untuk SD.
> Buku Panduan BK untuk SMP.
> Buku Panduan BK untuk SMA.

Bimbingan Konseling SMK

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)


Dalam konstelasi kehidupan tersebut setiap peserta didik/konseli memerlukan berbagai kompetensi hidup untuk berkembang secara efektif, produktif dan bermaslahat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Dalam implementasi Kurikulum 2013 terdapat muatan peminatan yang merupakan bagian dari struktur kurikulum pada satuan pendidikan. Muatan peminatan meliputi peminatan akademik, kejuruan, dan muatan pilihan lintas minat/pendalaman minat. Peminatan peserta didik/konseli merupakan suatu proses pemilihan dan pengambilan keputusan oleh peserta didik/konseli yang didasarkan atas pemahaman potensi diri dan peluang yang ada.

Sahabat Dunia Pendidikan, Dalam konteks tersebut bimbingan dan konseling membantu peserta didik/konseli untuk memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, dan merealisasikan keputusan dirinya secara bertanggungjawab. Di samping itu, bimbingan dan konseling membantu peserta didik/konseli dalam memilih, meraih dan mempertahankan karier untuk mewujudkan kehidupan yang produktif dan sejahtera lahir batin.

Dalam mewujudkan maksud di atas, pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) diupayakan memfasilitasinya melalui tiga komponen pendidikan, yaitu:
  1. Kepemimpinan yang melaksanakan manajemen pendidikan secara proaktif dan fasilitatif, terutama diselenggarakan oleh Kepala Sekolah beserta staff; 
  2. Pembelajaran yang mendidik yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran/bidang studi; dan 
  3. Bimbingan dan konseling yang memandirikan yang diselenggarakan guru bimbingan dan konseling atau konselor. Ini berarti bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari program pendidikan di SMK.

Sahabat Dunia Pendidikan, untuk lebih jelasnya mengenai Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) silahkan kunjungi alamat dibawah ini 


Demikian yang dapat disampaikan mengenai Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ), semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

2 komentar untuk "Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)"

  1. Mau tanya adakah revisi untuk administrasi BK (Program dan RPL) K13? terkait administrasi yang lain (RPP, Silabus) dalam K13 adanya revisi tahun 2017. Sehingga apakah itu juga berlaku untuk BK? Mohon untuk bisa memberikan contohnya administrasi sebelum revisi dan sesudah revisi bila di BK sendiri terdapat revisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Bapak Azka Munaza, mohon maaf komennya baru dibalas.
      Terkait pertanyaan bapak, disini kami beritahukan bahwa Buku panduan yang telah kami bagikan merupakan terbitan KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Tahun 2016 yang merupakan terbitan terbaru, sedangkan untuk tahun 2017 belum ada atau kami yang belum menemukan.

      Buku BK Tersebut sudah terintegrasi dengan K13. Silahkan dilihat panduannya disana ada PERENCANAAN Terkait PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING.

      Sedangkan contohnya administrasi sebelum revisi dan sesudah revisi bila di BK sendiri terdapat revisi yang bapak minta, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya karena belum mempunyai perangkat tersebut. Tapi kami akan berupaya untuk mencari sesuai dengan keinginan bapak.

      Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Wassalam.

      Hapus