Hati-hati!!! Validasi Perbaikan data PTK di Aplikasi Dapodikdasmen cuma 1 kali

Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Aplikasi Dapodikdasmen 2016


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Dalam status kolom Vld (validasi) , ada dua kriteria yang dapat dipahami, status warning ditandai dengan tanda seru berwarna kuning menandakan bahwa ada data PTK yang harus diperbaiki. Adapun untuk tanda ceklis berwarna hijau menandakan bahwa data PTK sudah valid. Untuk kelengkapan data silakan melengkapi dengan tombol ubah.
Status vld pada tabel PTK
Data yang sudah divalidasi dan sudah melakukan konfirmasi maka tidak dapat diperbaiki kembali, terutama pada isian NUPTK. Jika masih terdapat kesalahan. Selanjutnya dapat mengubah pada aplikasi vervalPTK, aplikasi vervalPTK.

Menu validasi (hanya 1 kali perbaikan)

Tombol validasi pada tabel PTK
Pada menu validasi dapat digunakan untuk melakukan pengecekan atribut data apa saja yang masih harus diperbaiki. Adapun untuk melakukan pengecekan dapat dilakukan kapan saja, namun untuk melakukan konfirmasi hasil perbaikan data yang salah hanya dapat dilakukan satu kali saja. Berikut adalah contoh melakukan perbaikan.
Validasi PTK
Jika terdapat kasus seperti gambar di atas hal pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan pengecekan data NUPTK. Status NUPTK invalid mengindikasikan bahwa
  • Belum memiliki NUPTK
  • NUPTK Salah
  • NUPTK diisi karakter lain
Jika sudah memiliki NUPTK silakan mengisikan pada kolom NUPTK yang ada pada menu Ubah PTK seperti gambar berikut.
Mengubah isian NUPTK
Jika PTK memang belum memiliki NUPTK biarkan saja kosong. Setelah mengisi NUPTK yang valid, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan konfirmasi validasi dengan memilih tombol validasi, kemudian klik data telah diperbaiki seperti gambar berikut.
Contoh NUPTK invalid
Jika sudah, maka otomatis akan berubah statusnya seperti gambar berikut
Data yang telah diperbaiki
Demikian sahabat Dunia Pendidikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin

sumber : panduan penggunaan aplikasi dapodikdasmen 2016

Posting Komentar untuk "Hati-hati!!! Validasi Perbaikan data PTK di Aplikasi Dapodikdasmen cuma 1 kali"