Sebelum Lanjut Pengisian Data, Yukk Kenali Terlebih Dahulu Tampilan dan Navigasi Aplikasi Dapodikdasmen 2016

Tampilan dan Navigasi Aplikasi Dapodikdasmen 2016


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Aplikasi Dapodik Versi 2016 disajikan dengan tampilan yang baru dibandingkan dengan aplikasi generasi sebelumnya. Perbedaan paling mencolok ada pada posisi penempatan menu dan tema warna yang digunakan.

Tema warna latar belakang yang digunakan pada fitur registrasi, login, dan menu aplikasi menggunakan warna hitam. Pilihan warna ini tentunya membuat adanya pengalaman baru dalam menggunakan aplikasi yang pada aplikasi generasi sebelumnya memiliki latar belakang putih.
Tampilan menu login dan registrasi
Penempatan posisi menu pada Aplikasi Dapodik Versi 2016 disajikan secara vertikal di sisi kiri browser. Hal ini mendobrak kebiasaan penempatan posisi menu sebelumnya yang biasanya ditempatkan horizontal di sisi atas aplikasi.
Penempatan menu yang baru
Untuk tampilan halaman yang memuat data masih dipertahankan sama dengan aplikasi generasi sebelumnya agar pengguna masih familiar dengan pola penginputan data di aplikasi.
Tampilan halaman peserta didik dan sekolah
Yang menarik dari Aplikasi Dapodik versi 2016 ini adalah navigasi yang diterapkan. penempatan menu di versi baru ini adalah posisinya yang bisa dimunculkan dan disembunyikan, sehingga ketika pengguna membutuhkan space yang lebih luas untuk proses input data, menu aplikasi dapat disembunyikan.
Menu aplikasi dan tombol untuk menyembunyikan menu
Navigasi menampilkan dan sembunyikan menu terdapat juga di menu rekap data tugas tambahan di PTK dan data periodik sarana buku dan alat.
Menu navigasi data periodik sarana dan buku alat
Navigasi daftar tugas tambahan PTK
Untuk tab data rinci yang jumlahnya banyak, diberikan navigasi berupa dropdown agar memudahkan pengguna untuk memilih tab mana yang akan dituju.
Navigasi dropdown pilihan menu data rinci
Untuk halaman yang terdiri dari banyak data diberikan pilihan untuk mengatur berapa banyak jumlah data yang ada dalam 1 halaman.
Navigasi baris per halman
Bagi pengguna yang membutuhkan panduan dalam pengisian setiap menu pada aplikasi maka dapat mengakses menu bantuan yang ada di setiap menu aplikasi
Navigasi bantuan
Untuk kemudahan informasi, pengguna juga dapat menggunakan menu Berita yang ada di beranda. Pada jendela ini pengguna dapat melihat info dan berita terkini mengenai aplikasi Dapodik secara real-time.
Berita aplikasi Dapodik
Pengguna juga dapat menampilkan foto operator dan sekolah di beranda melalui menu profil pengguna. Namun foto tidak terkirim ke server pusat hanya tersimpan di lokal aplikasi saja.
Profil Pengguna
Nah Sahabat Dunia Pendidikan, mantapkan tampilan dan navigasi terbaru dari aplikasi dapodikdasmen 2016??? salam satu nusa satu bangsa, satu data. dapodikdasmen

sumber : panduan penggunaan aplikasi dapodikdasmen 2016

Posting Komentar untuk "Sebelum Lanjut Pengisian Data, Yukk Kenali Terlebih Dahulu Tampilan dan Navigasi Aplikasi Dapodikdasmen 2016"