Arti Kata Cangkok dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wikipedia

Arti Kata Cangkok Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wikipedia


Mencangkok Tanaman merupakan Perkembangbiakan buatan yang dilakukan melalui bantuan manusia yang diantaranya adalah dengan mencangkok, stek, dan menempel. Tahukah anda arti dari kata Cangkok; cangkokan; mencangkok; pencangkok; pencangkokan. Sebelum lanjut ke pembahasan, Arti kata ini dapat ditelusuri dengan kata kunci Arti Kata, KBBI, Wikipedia.

Arti Kata
arti kata cangkok

Dari Wikipedia.org bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Cangkok dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:
  1. Pencangkokan (pertanian)
  2. Pencangkokkan di bidang kedokteran; Cangkok tulang (bone grafting); Cangkok kulit (skin grafting)

Sedangkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Cangkok merupakan bentuk kata tidak baku yang artinya sebagai berikut:
  1. Cabang (dahan) yang dijadikan akar untuk ditanam (nomina: kata benda)
  2. Sambungan atau pengganti anggota badan yang rusak (nomina: kata benda)
  3. Palsu; gadungan: rakyat akan tahu mana pemimpin sejati dan mana yang -- (adjektiva: kata yang menjelaskan nomina atau pronomina, arkais: menandai kata yang tidak lazim, dan Kiasan)

Kata Turunan dan Gabungan Kata untuk kata Cangkok ini menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) ini adalah:
  • Cangkokan;
  • Mencangkok;
  • Pencangkok;
  • Pencangkokan
  • Cangkok ginjal


Pencangkokan (pertanian)


Dalam pertanian, pencangkokan adalah suatu cara perbanyakan vegetatif tanaman dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk. Dalam pengertian teknis di Indonesia, pencangkokan di literatur bahasa Inggris sebagai air layering. Jenis layering lain dikenal di Indonesia sebagai perundukan (ground layering).

Pada pencangkokan (dikenal juga sebagai marcotting), suatu bagian batang (biasanya adalah cabang) dikerat kulitnya hingga terlihat kayu. Bagian yang terbuka ini lalu dibungkus dengan bahan yang dapat menyimpan air dan kemudian dibebat dengan bahan kedap air, seperti plastik. Hormon tumbuhan perangsang perakaran kadang-kadang diberikan. Setelah beberapa minggu biasanya akar telah cukup banyak terbentuk dan anakan ini dipisahkan dari pohon induk.


Pencangkokkan di bidang kedokteran


Pencangkokkan di bidang kedokteran atau biasa disebut Transplantasi organ adalah transplantasi atau cangkok atau pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain, atau dari suatu bagian ke bagian yang lain pada tubuh yang sama. Transplantasi ini ditujukan untuk menggantikan organ yang rusak atau tak befungsi pada penerima dengan organ lain yang masih berfungsi dari donor. Donor organ dapat merupakan orang yang masih hidup maupun telah meninggal.

Pada abad ke-16 dokter telah berhasil mencangkokkan kaki orang hitam pada kaki orang kulit putih
Organ-organ yang dapat ditransplantasikan adalah jantung, transplantasi ginjal, hati, paru-paru, pankreas, organ pencernaan, dan kelenjar timus, juga jaringan, termasuk cangkok tulang, tendon (2 hal ini biasa disebut cangkok mukuloskeletal), cangkok kornea, cangkok kulit, penanaman Katup jantung buatan, saraf dan pembuluh darah. Di dunia, cangkok ginjal adalah yang terbanyak di antara cangkok organ, diikuti oleh hati dan jantung. Jaringan yang paling banyak ditransplantasikan adalah cangkok kornea dan mukuloskeletal; jumlahnya 10x lebih banyak dari transplantasi organ.

Saat ini di Indonesia, telah dilakukan transplantasi seperti yang telah dilakukan di negara-negara maju. Transplantasi yang terakhir dinyatakan berhasil di dunia adalah transplantasi penis manusia, ditransplantasikan pada bulan Desember 2014 dan dinyatakan berhasil dan berfungsi 4 bulan kemudian, dalam arti tidak ada penolakan dari tubuh dan yang terpenting adalah dapat berfungsi normal untuk sistem ekskresi juga secara seksual.

Untuk Cangkok kulit (bahasa Inggris:skin grafting) merupakan cangkok lapisan epiermis kulit yang dapat dipindahkan secara bebas. Kulit yang digunakan dapat berasal dari semua bagian tubuh, namun pada umumya berasal dari paha, pantat, punggung atau perut. Permukaan kulit dapat diperluas dengan membuat irisan yang bila direnggangkan akan membentuk jala, sehingga luasnya dapat mencapai 1,5 hingga 6 -9 kali luka semula. Teknik cangkok jala ini disebut mesh dan biasanya digunakan pada luka bakar yang sangat luas. Untuk mendapatkan darah pada daerah resipien (daerah yang mendapat kulit cangkokan) harus baik, tidak ada infeksi, dan keadaan umum penderita harus baik.


Kata Turunan dan Gabungan Kata untuk kata Cangkok


Dari KBBI, Cangkokan merupakan kata yang berimbuhan -an yang berarti hasil mencangkok (nomina) dan juga bermakna "Cangkok" (nomina).

Mencangkok juga kata yang berimbuhan men- yang bermakna:

  1. Membuat cabang (dahan) menjadi berakar (kulitnya dikupas sedikit dan dibebat dengan sabut yang dibubuhi tanah) untuk ditanam (nomina)
  2. Menyambung atau mengganti anggota badan yang rusak atau tidak normal supaya dapat berfungsi secara normal (nomina)

Pencangkok adalah orang yang mencangkok, sedangkan Pencangkokan adalah proses, cara, perbuatan mencangkok (nomina).

Contoh Gabungan kata Cangkok yang biasa dipakai di bidang kedokteran dan fisiologi yaitu:
  • Cangkok ginjal yaitu pembedahan dengan mengangkat ginjal yang sakit dan menggantikannya dengan ginjal sehat yang berasal dari donor atau yang diambil dari mayat seseorang yang baru saja meninggal.
  • Pencangkokan pembuluh darah jantung yaitu salah satu tahap operasi jantung, dilakukan untuk menggantikan pembuluh darah yang tersumbat dan memperbaiki atau menggantikan katup jantung atau bagian jantung lainnya.


Artikel ini berjudul Arti Kata Cangkok dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wikipedia


Demikianlah artikel tentang Arti kata kami sampaikan dengan sumber kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang Arti Kata Cangkok dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wikipedia dengan link https://www.pediapendidikan.com/2019/04/arti-kata-cangkok-dari-kbbi-dan-wikipedia.html

Artikel ini dapat ditelusuri dengan kata kunci: Arti Kata, KBBI, Wikipedia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Kata Cangkok dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wikipedia"

Posting Komentar