Energi: Pengertian, Sumber dan Manfaat dalam kehidupan

Pengertian Energi, Sumber Energi, Manfaat Energi
sumber energi

Pengertian Energi Menurut Kamus Bahasa indonesia dan Wikipedia


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Energi Adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga.

Sedangkan menurut Wikipedia.org energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Joule adalah satuan SI untuk energi, diambil dari jumlah yang diberikan pada suatu objek (melalui kerja mekanik) dengan memindahkannya sejauh 1 meter dengan gaya 1 newton.

Ada berbagai macam Bentuk energi yang umum diantaranya energi kinetik dari benda bergerak, energi radiasi dari cahaya dan radiasi elektromagnetik, energi potensial yang tersimpan dalam sebuah benda karena posisinya seperti medan gravitasi, medan listrik atau medan magnet, dan energi panas yang terdiri dari energi potensial dan kinetik mikroskopik dari gerakan-gerakan partikel tak beraturan.

Beberapa bentuk spesifik dari energi potensial adalah energi elastis yang disebabkan dari pemanjangan atau deformasi benda padat dan energi kimia seperti pelepasan panas ketika bahan bakar terbakar.

Setiap benda yang memiliki massa ketika diam, memiliki massa diam atau sama dengan energi diam, meski tidak dijelaskan dalam fenomena sehari-hari di fisika klasik.


Sumber-sumber Energi


Menurut Wikipedia, Pengertian sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi. Di sekitar kita banyak sekali macam macam sumber energi yang bisa menghasilkan berbagai macam energi.

Sumber energi secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu:
  1. Sumber energi yang terbarukan / Energi Alternatif
  2. Sumber Energi Tak Terbarukan


Sumber energi yang terbarukan atau Energi Alternatif


Sumber energi yang terbarukan atau Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis, yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya.

Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.

Berikut Sumber Energi yang terbarukan atau Energi Alternatif:


Energi surya atau matahari


Energi matahari sangat melimpah jumlahnya khususnya bagi Wilayah yang beriklim tropis. pemanfaatan sinar matahari adalah dengan menggunakan sel surya yang berfungsi mengubah energi surya menjadi energi listrik. Ada juga yang memanfaatkan sinar matrahari untuk memasak dengan menggunakan kompor bertenaga sinar matahari contohnya di negara India.



Energi Panas Bumi


Panas bumi adalah suatu bentuk energi panas atau energi termal yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas adalah energi yang menentukan temperatur suatu benda. Energi panas bumi berasal dari energi hasil pembentukan planet (20%) dan peluruhan radioaktif dari mineral (80%).

Gradien panas bumi, yang didefinisikan dengan perbedaan temperatur antara inti bumi dan permukaannya, mengendalikan konduksi yang terus menerus terjadi dalam bentuk energi panas dari inti ke permukaan bumi.

Energi panas bumi berasal dari peluruhan radioaktif di pusat Bumi, yang membuat Bumi panas dari dalam, serta dari panas matahari yang membuat panas permukaan bumi.

Panas bumi merupakan energi yang bersumber dari dalam perut bumi, Panas bumi merupakan energi yang melimpah dan terbarukan sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan energi panas bumi. Selain jumlahnya yang melimpah energi ini memiliki harga yang lebih ekonomis dan ramah terhadap lingkungan.

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan energi panas bumi, hal ini di karenakan indonesia mempunyai banyak gunung berapi aktif yang menjadi keuntungan tersendiri bagi negara kita. contoh pemanfaatan panas bumi adalah dengan mengubahnya menjadi pembangkit listrik.

Ada tiga cara pemanfaatan panas bumi yaitu:
  1. Sebagai tenaga pembangkit listrik dan digunakan dalam bentuk listrik
  2. Sebagai sumber panas yang dimanfaatkan secara langsung menggunakan pipa ke perut bumi
  3. Sebagai pompa panas yang dipompa langsung dari perut bumi



Energi Tenaga Angin


Pemanfaatan energi angin sedang gencar-gencarnya di lakukan oleh banyak negara di seluruh dunia karena sumber energi ini tidak terbatas jumlahnya, pemanfaatan energi ini menggunakan kincir angin yang dihubungkan dengan generator atau turbin untuk menghasilkan tenaga listrik.

Perbedaan temperatur di dua tempat yang berbeda menghasilkan tekanan udara yang berbeda, sehingga menghasilkan angin. Angin adalah gerakan materi (udara) dan telah diketahui sejak lama mampu menggerakkan turbin. Turbin angin dimanfaatkan untuk menghasilkan energi kinetik maupun energi listrik.

Energi yang tersedia dari angin adalah fungsi dari kecepatan angin; ketika kecepatan angin meningkat, maka energi keluarannya juga meningkat hingga ke batas maksimum energi yang mampu dihasilkan turbin tersebut. Wilayah dengan angin yang lebih kuat dan konstan seperti lepas pantai dan dataran tinggi, biasanya diutamakan untuk dibangun "ladang angin".


Energi Tenaga Air


Air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi itu biasa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Oleh karena itu, di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat bendungan air di tempat yang tinggi. Air yang dibendung tersebut, kemudian dialirkan menurun sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras.

Energi air digunakan karena memiliki massa dan mampu mengalir. Air memiliki massa jenis 800 kali dibandingkan udara. Bahkan gerakan air yang lambat mampu diubah ke dalam bentuk energi lain.

Turbin air didesain untuk mendapatkan energi dari berbagai jenis reservoir, yang diperhitungkan dari jumlah massa air, ketinggian, hingga kecepatan air. Energi air dimanfaatkan dalam bentuk:
  1. Bendungan pembangkit listrik. Yang terbesar adalah Three Gorges dam di China.
  2. Mikrohidro yang dibangun untuk membangkitkan listrik hingga skala 100 kilowatt. Umumnya dipakai di daerah terpencil yang memiliki banyak sumber air.
  3. Run-of-the-river yang dibangun dengan memanfaatkan energi kinetik dari aliran air tanpa membutuhkan reservoir air yang besar.



Energi Biomassa atau Bahan Bakar Bio


Bahan bakar bio (biofuel) adalah bahan bakar yang diperoleh dari biomassa - organisme atau produk dari metabolisme hewan, seperti kotoran dari sapi dan sebagainya.

Bahan Bakar Bio adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian.

Ada tiga cara untuk pembuatan biofuel:
  1. pembakaran limbah organik kering (seperti buangan rumah tangga, limbah industri dan pertanian);
  2. fermentasi limbah basah (seperti kotoran hewan) tanpa oksigen untuk menghasilkan biogas (mengandung hingga 60 persen metana), atau fermentasi tebu atau jagung untuk menghasilkan alkohol dan ester; dan
  3. energi dari hutan (menghasilkan kayu dari tanaman yang cepat tumbuh sebagai bahan bakar).


Ada tiga bentuk penggunaan biomassa, yaitu secara padat, cair, dan gas. Dan secara umum ada dua metode dalam memproduksi biomassa, yaitu dengan menumbuhkan organisme penghasil biomassa dan menggunakan bahan sisa hasil industri pengolahan makhluk hidup.
  • Bahan bakar bio cair. Bahan bakar bio cair biasanya berbentuk bioalkohol seperti metanol, etanol dan biodiesel. Biodiesel dapat digunakan pada kendaraan diesel modern dengan sedikit atau tanpa modifikasi dan dapat diperoleh dari limbah sayur dan minyak hewani serta lemak. Tergantung potensi setiap daerah, jagung, gula bit, tebu, dan beberapa jenis rumput dibudidayakan untuk menghasilkan bioetanol. Sedangkan biodiesel dihasilkan dari tanaman atau hasil tanaman yang mengandung minyak (kelapa sawit, kopra, biji jarak, alga) dan telah melalui berbagai proses seperti esterifikasi.
  • Biomassa padat. Penggunaan langsung biasanya dalam bentuk padatan yang mudah terbakar, baik kayu bakar atau tanaman yang mudah terbakar. Tanaman dapat dibudidayakan secara khusus untuk pembakaran atau dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti diolah di industri tertentu dan limbah hasil pengolahan yang bisa dibakar dijadikan bahan bakar. Pembuatan briket biomassa juga menggunakan biomassa padat, di mana bahan bakunya bisa berupa potongan atau serpihan biomassa padat mentah atau yang telah melalui proses tertentu seperti pirolisis untuk meningkatkan persentase karbon dan mengurangi kadar airnya. Biomassa padat juga bisa diolah dengan cara gasifikasi untuk menghasilkan gas.
  • Biogas. Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.


Energi pasang surut


Energi pasang surut adalah energi yang dihasilkan dari pasang surut air laut dan menjadikannya energi dalam bentuk lain, terutama listrik. Energi pasang surut merupakan salah satu jenis energi terbarukan yang relatif lebih mudah diprediksi jumlahnya dibandingkan energi angin dan energi surya.

Pemanfaatan Energi Pasang Surut saat ini belum luas karena tingginya biaya awal dan terbatasnya lokasi yang memiliki pasang surut yang mencukupi. Penelitian dan pengembangan lebih lanjut terus dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan batas kritis energi yang dihasilkannya sehingga didapatkan berbagai metode untuk mengekstraksi energi jenis ini.


Energi Gelombang Air Laut


Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.


Sumber Energi Tak Terbarukan


Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun.

Dikatakan tak terbarukan karena, apabila sejumlah sumbernya dieksploitasikan, maka untuk mengganti sumber sejenis dengan jumlah sama, baru mungkin atau belum pasti akan terjadi jutaan tahun yang akan datang.

Hal ini karena, disamping waktu terbentuknya yang sangat lama, cara terbentuknya lingkungan tempat terkumpulkan bahan dasar sumber energi inipun tergantung dari proses dan keadaan geologi saat itu.

Contoh dari Energi tak terbarukan yang sangat dikenal, yaitu minyak bumi. Dari cara terbentuknya, Minyak bumi atau minyak mentah merupakan senyawa hidrokarbon yang berasal dari sisa-sisa kehidupan purbakala (fosil), baik berupa hewan, maupun tumbuhan.


Sumber energi yang berasal dari fosil


Bahan bakar fosil dihasilkan melalui proses alamiah yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Bahan bakar ini diketahui terbentuk dari sisa-sisa tanaman dan hewan purba yang tertimbun di dalam tanah di bawah pengaruh tekanan dan panas yang tinggi.

Bahan bakar fosil tersusun atas senyawa-senyawa hidrokarbon. Batu bara, minyak bumi dan gas alam merupakan contoh-contoh bahan bakar fosil yang saat ini menjadi sumber energi yang paling banyak digunakan.

Penggunaan bahan bakar fosil, yang meliputi batubara, minyak bumi, dan gas alam sebagai sumber energi sebenarnya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

  • BATU BARA. Batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil. Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Batu bara juga adalah batuan organik yang memiliki sifat-sifat fisika dan kimia yang kompleks yang dapat ditemui dalam berbagai bentuk.
  • Minyak bumi. Minyak Bumi (bahasa Inggris: petroleum, dari bahasa Latin petrus - karang dan oleum - minyak), dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak Bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak Bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya.
  • Gas Alam. Gas alam sering juga disebut sebagai gas Bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana CH₄). Ia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas Bumi dan juga tambang batu bara. Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka ia disebut biogas. Sumber biogas dapat ditemukan di rawa-rawa, tempat pembuangan akhir sampah, serta penampungan kotoran manusia dan hewan.


Sumber energi yang berasal dari mineral alam


Mineral alam bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi setelah melalui beberapa proses, contohnya uranium yang bisa menghasilkan energi nuklir.


Sumber Energi Alternatif


Energi alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua sumber energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut.

Umumnya, istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar terhadap Pemanasan Global berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change.

Selama beberapa tahun, apa yang sebenarnya dimaksud sebagai energi alternatif telah berubah akibat banyaknya pilihan energi yang bisa dipilih yang tujuan yang berbeda dalam penggunaannya.

Istilah "alternatif" merujuk kepada suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Teknologi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil.

Oxford Dictionary mendefinisikan energi alternatif sebagai energi yang digunakan bertujuan untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam atau pengrusakan lingkungan.

Energi alternatif bisa juga yaitu sebuah energi yang digunakan dan bertujuan untuk mengurangi ketergantungan suatu negara kepada negara yangmenjadi pemasok sumber energi utama.

Misalnya saja sumber energi minyak bumi yang sekarang ini masyarakat telah dapat beralih menggunakan gas elpiji. Selain memiliki tujuan untuk menggantikan penggunaan sumber energi utama, seperti halnya minyak yang merupakan bahan energi yang tidak terbarukan juga dengan penggunaan energi alternatif dapat mengurangi efek pencemaran lingkungan yang semakin memprihatinkan.

Contoh sumber Energi Alternatif:
  • Gas alam merupakan sumber dari energi alternatif yang lainnya. Sebelum digunakan, gas alam dikompresi terlebih dahulu hingga berwujud menjadi cair. Pembakaran gas alam ini memang masih menghasilkan gas rumah kaca yang berbahaya untuk lapisan ozon. tapi, jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya seperti halnya bendi atau solar, emisi gas alam dianggap masih lebih bersih.
  • Panas bumi merupakan sumber energi alternatif yang ekonomis, dan dapat diandalkan serta ramah lingkungan. Saat ini energi panas bumi ini dapat digunakan sebagai energi alternatif sebagai pembangkit listrik.
  • Energi matahari. Tenaga matahari atau energi surya ini dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Dengan perkembangan teknologi memungkinkan sel surya semakin ringan, mudah diangkut dan juga lebih efisien. tapi sayangnya, biaya pembuatan panel untuk peman!aatan energi ini memerlukan biaya yang masih cukup mahal.
  • Energi angin. Energi angin biasanyadiman!aatkan untuk menggerakkan turbin sebagai pembangkit listrik.Dari berbagai sumber menyatakan jika pasokan listrik di seluruh dunia 1.3 dihasilkan oleh tenaga angin. ternyata angin juga dapat bermanfaat untuk membangkitkan listrik ya, selain dapat membuat kita merasa sejuk.
  • Energi air. Jenis energi alternatif selanjutnya adalah energi angin. Contoh penggunaan energi angin adalah penggunaan Pembangkit listrik Tenang Air (PLTA). Energi alternatif yang satu ini meman!aatkan aliran air yang akhirnya akan diubah menjadi energi listrik.

Sebenarnya masih banyak lagi energi alternatif yang dapat dimanfaatkan. Beberapa sumber energi alternatif yang lainnya yaitu energi gelombang laut dan energi pasang surut. Kedua energi ini dapat dijadikan sebagai sumber energi dari tenaga listrik. Jadi, untuk membatasi Warna negara ketergantungan akan satu energi sebaiknya setiap negara melakukan berbagai perubahan untuk menggunakan energi alternatif lainnya.

Itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan untuk anda. Semoga banyak memberikan banyak informasi dan juga pengetahuan anda mengenai energi alternatif.


Manfaat Sumber Energi dalam Kehidupan


Manfaat penggunaan sumber energi secara umum baik itu energi terbarukan ataupun nonterbarukan adalah sebagai berikut:


Penggunaan Energi untuk Keperluan Industri


Berbagai industri baik industri kecil maupun besar memerlukan sumber energi dalam proses produksinya. Sumber industri yang biasa digunakan adalah minyak bumi, batu bara, atau gas alam. Untuk industri kecil tak jarang juga memanfaatkan sumber energi dari kayu untuk bahan bakar.


Penggunaan Energi untuk Keperluan Rumah Tangga


Skala rumah tangga juga memerlukan bahan bakar dalam kegiatan sehari-hari. Untuk sekarang ini pemanfaatan energi dalam rumah tangga antara lain energi listrik dan gas untuk memasak.


Penggunaan Energi untuk Keperluan Transportasi


Sektor transportasi juga salah satu sektor yang memanfaatkan banyak energi tak terbarukan.Hal ini karena bahan bakar untuk kendaraan di Indonesia masih didominasi oleh bahan bakar minyak (BBM). Penggunaan untuk sektor transportasi juga menimbulkan beberapa masalah yaitu menimbulkan pencemaran udara.


Penggunaan Energi untuk Keperluan Komersial


Penggunaan energi untuk komersial seperti sektor perhotelan, rumah sakit, ataupun rumah makan antara lain listrik, elpiji, BBM, dan gas bumi.



Materi Pelajaran Energi: Pengertian, Sumber dan Manfaat dalam kehidupan


Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang Pengertian Energi, Sumber energi dan manfaat Energi bagi kehidupan. semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Terimakasih telah membaca materi pelajaran ini dengan judul Energi: Pengertian, Sumber dan Manfaat dalam kehidupan dengan link https://www.pediapendidikan.com/2019/07/pengertian-energi-sumber-dan-manfaat-kehidupan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Energi: Pengertian, Sumber dan Manfaat dalam kehidupan"

Posting Komentar