Download Modul Belajar Mandiri Mapel PJOK SD untuk Calon Guru PPPK Lengkap

MODUL PEMBELAJARAN MANDIRI GURU BELAJAR SERI PPPK MAPEL PJOK SD
Modul Guru Belajar Seri PPPK Bidang Studi PJOK SD


MODUL PEMBELAJARAN MANDIRI GURU BELAJAR SERI PPPK MAPEL PJOK SD


Daftar Isi (silahkan klik link dibawah ini untuk langsung ke pembelajaran)

  1. Pembelajaran 1
  2. Pembelajaran 2
  3. Pembelajaran 3
  4. Pembelajaran 4
  5. Pembelajaran 5
  6. Pembelajaran 6
  7. Pembelajaran 7
  8. Pembelajaran 8
  9. Pembelajaran 9
  10. Pembelajaran 10
  11. Pembelajaran 11
  12. Pembelajaran 12
  13. Refleksi Pembelajaran PJOK SD
  14. Cara Download File

Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan (PJOK). 

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait Paradigma Baru PJOK, Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototype, Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran PJOK, Ilmu Dasar Kepenjasan, Konsep-Konsep Penting PJOK dan Keterkaitannya, Analisis KI-KD Berdasarkan Konsep Interdisiplin dan Multidisiplin,Ilmu Penunjang Kepenjasan, Teori Belajar Gagne, Tujuan Pembelajaran, Model Pembelajaran Aktif, Keterampilan Berpikir Kritis, sekaligus Konsep dan Prinsip Asesmen, Teknik Penilaian Berbasis Kelas, dan Umpan Balik.



Bahan Belajar Paradigma baru PJOK


PARADIGMA BARU PJOK merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu  harus memahami hakikat, pengertian dan tujuan Penjas, hakikat dan proses belajar Penjas tidak sebagai olahraga yang menekankan hanya pada masalah prestasi, namun lebih dari itu.

Oleh karena itu seorang guru dituntut kreativitasnya dalam merencanakan dan melaksanakan program pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan siswa.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi pengertian pendidikan jasmani, pendidikan olah raga, dan pendidikan kesehatan, perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan olah raga, perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan, tujuan pendidikan jasmani, serta manfaat pendidikan jasmani. dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


PEMBELAJARAN 1. PARADIGMA BARU PJOK


Pendidikan jasmani sebagai bagian dari proses pendidikan memiliki peranan yang penting dalam membentuk manusia yang sempurna, karena melalui pendidikan jasmani akan dapat dikembangkan secara sempurna baik aspek fisik, psikomotor, kognitif, dan afektif.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut seorang guru PJOK harus memahami hakikat, pengertian dan tujuan Penjas, hakikat dan proses belajar Penjas tidak sebagai olahraga yang menekankan hanya pada masalah prestasi, namun lebih dari itu.

Oleh karena itu seorang guru dituntut kreativitasnya dalam merencanakan dan melaksanakan program pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan siswa.

Pendidikan olahraga adalah pendidikan yang membina anak agar menguasai cabang-cabang olahraga tertentu. 

Peserta didik diperkenalkan berbagai cabang olahraga agar mereka menguasai keterampilan berolahraga. 

Yang ditekankan di sini adalah “hasil” dari pembelajaran sehingga metode pembelajaran serta bagaimana anak menjalani pembelajarannya didikte oleh hasil akhir yang ingin dicapai.

Teknik-teknik dasar dalam pelajaran lebih ditekankan dengan cara penyajian materi pelajaran dengan pendekatan drilling, atau dengan kata lain tahapan penyajian tugas gerak yang disesuaikan dengan kemampuan anak kurang diperhatikan.

Pada praktiknya ciri-ciri pelatihan olahraga bisa menyusup ke dalam proses pembelajaran.

  • Pembelajaran 1. PARADIGMA BARU PJOK. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototype


Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototype merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan agar mampu Mengevaluasi fakta, konsep, dan prosedur berbagai jenis pola gerak dasar dalam pembelajaran PJOK, Menerapkan fakta, konsep, dan prosedur berbagai jenis pola gerak dasar pada aktivitas senam, gerak berirama, air, Menganalisis fakta, konsep, dan prosedur pemanfaatan gerak berupa kebugaran jasmani terkait kesehatan dan kebugaran jasmani terkait keterampilan, Menganalisis konsep pengembangan personal and social responsibility dalam pembelajaran PJOK, Menganalisis nilai-nilai aktivitas fisik untuk kesehatan, kesenangan dan tantangan, serta ekspresi diri dan interaksi sosial pola gerak dasar. 


Pembelajaran 2. Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototype


Elemen capaian pembelajaran PJOK meliputi pengembangan pola gerak dasar lokomotor (locomotor skills), non lokomotor (non locomotor skills/ stability skills), dan manipulatife (manipulative skills). Gerak dasar pada anak membentuk dasar untuk gerak.

Keterampilan gerak dasar didukung oleh pola gerak. Pola gerak merupakan serangkaian gerak terkait yang terorganisir.

Gerak dasar merupakan dasar macam-macam keterampilan yang memerlukan bimbingan, latihan, dan pengembangan agar anak dapat melaksanakan dengan tugas gerak yang diberikan dengan lancar.

Senam lantai disebut juga dengan istilah latihan bebas karena tidak mempergunakan benda-benda atau perkakas lain pada saat menjalankannya.

Bentuk-bentuk gerakan senam lantai sangat beragam, mulai dari yang sederhana, hingga yang teramat rumit.

Dari sekedar berguling (roll) ke depan hingga gerakan berguling di udara (salto) dengan berbagai arah dan jumlah putaran.

Melakukan latihan gerakan-gerakan senam secara teratur dan terus menerus (continue), selain sangat berguna untuk memperbaiki sikap dan bentuk tubuh, juga sangat berguna untuk membina dan meningkatkan kesegaran jasmani.

Aktivitas gerak berirama merupakan aktivitas yang dilakukan berdasarkan irama. Irama bisa bersumber dari apa saja yang memiliki keteraturan bunyi, nada, atau gerakan.

Aktivitas gerak berirama dapat dikuasai dengan baik oleh peserta didik jika gerak dasar langkah kaki, ayunan dan gerakan lengan dan tangan, bentuk tubuh (postur) yang baik selama bergerak, serta bergerak sesuai irama (misalnya, dengan musik pengiring) dikuasai dengan baik.

Gerak dasar pada aktivitas air harus dikenalkan kepada peserta didik melalui berbagai macam pola gerak dasar.

Pengenalan air pada anak SD dilakukan dengan metode bermain. Bermain air sangat disenangi anak-anak, karena disamping menyenangkan, anak juga dapat mengembangkan pola gerak dasarnya.

Namun demikian seorang guru PJOK sebaiknya tetap harus memastikan keamanan peserta didiknya ketika berada di kolam. 

Dan untuk tahapan pembelajaran aktivitas air, guru mengajarkan materi dari yang mudah ke yang sulit.

  • Pembelajaran 2. Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototype. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran PJOK


Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran PJOK merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu Menganalisis konsep lingkup dan urutan materi pembelajaran kebugaran, Menganalisis konsep lingkup dan urutan materi permainan dan/atau OR  dan Menganalisis konsep lingkup dan urutan materi pembelajaran kesehatan. 

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran Kebugaran Jasmani, Lingkup dan urutan Materi Permainan dan/ atau OR, serta Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran Kesehatan dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 3. Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran PJOK


Pendidikan jasmani ingin mewujudkan sumbangannya terhadap perkembangan peserta didik secara menyeluruh.

Pada hakikatnya pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional.

Pendidikan jasmani di SD mengedepankan pengembangan gerak dasar. Gerak dasar dikembangkan melalui berbagai aktivitas, diantaranya permainan dan/atau olahraga dan kebugaran jasmani, serta diberikan pula materi tentang kesehatan.

Lingkup dan urutan materi kebugaran jasmani yang diajarkan di SD meliputi: pemahaman praktik gerak seimbang, lentur, kuat, lincah, berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

Lingkup dan uruta materi permainan dan/atau OR meliputi pemahaman praktik gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Pemahaman praktik dalam menjaga sikap tubuh, bergerak secara seimbang, lentur, kuat, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

Pemahaman praktik variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional

  • Pembelajaran 3. Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran PJOK. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Ilmu Dasar Kepenjasan


Ilmu Dasar Kepenjasan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu Menerapkan fisiologi dalam pembelajaran PJOK, Menguraikan fisiologi dalam pembelajaran PJOK, Menerapkan biomekanika dalam pembelajaran PJOK, Menguraikan penerapan biomekanika dalam pembelajaran PJOK, Menerapkan teori perkembangan gerak dalam pembelajaran PJOK dan Menguraikan teori belajar gerak dalam pembelajaran PJOK. 

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Penerapan Fisiologi dalam Pembelajaran PJOK, Penerapan Biomekanika dalam Pembelajaran PJOK, Penerapan Teori Perkembangan Gerak dalam Pembelajaran PJOK, serta Penerapan Teori Belajar Gerak dalam Pembelajaran PJOK  dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 4. Ilmu Dasar Kepenjasan


Fisiologi olahraga sangat berperan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Olahraga tidak hanya sekedar menggerakkan anggota tubuh tetapi segala bentuk kegiatan olahraga mempunyai fungsi masing-masing. Pembelajaran pendidikan jasmani erat kaitannya dengan aktifitas fisik.

Aktivitas fisik adalah setiap pergerakan tubuh akibat aktivitas otot – otot yang mengakibatkan pengeluaran energi.

Biomekanika merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari bentuk dan macam-macam gerakan atas dasar prinsip-prinsip mekanika dan menganalisis suatu gerakan.

Bagi seorang guru pendidikan jasmani, pelatih atau beberapa spesialis aktifitas fisik lainnya biomekanika olahraga sangat dibutuhkan.

  • Pembelajaran 4. Ilmu Dasar Kepenjasan. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Konsep-Konsep Penting PJOK dan Keterkaitannya


Konsep-Konsep Penting PJOK dan Keterkaitannya merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu Menganalisis hubungan antara Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Olahraga, Menganalisis hubungan antara Pendidikan Olahraga dan Pendidikan Kesehatan dan Menganalisis hubungan antara Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Kesehatan. 

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Hubungan antara Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Olahraga, Hubungan antara Pendidikan Olahraga dan pendidikan Kesehatan, serta dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 5. Konsep-Konsep Penting PJOK dan Keterkaitannya


Olahraga adalah aktivitas jasmani yang sudah benar-benar terorganisir dan tingkat kompetisinya tinggi serta didukung oleh peraturan yang mengaturnya.

Olahraga juga menyediakan kesempatan untuk mendemonstrasikan kompetensi seseorang dan menantang batas-batas kemampuan maksimal.

Bermain, olahraga, dan pendidikan jasmani melibatkan bentuk-bentuk gerakan, dan ketiganya dapat melumat secara pas dalam konteks pendidikan jika digunakan untuk tujuan-tujuan kependidikan.

Rekreasi adalah aktivitas untuk mengisi waktu senggang. Rekreasi melalui berbagai aktivitas olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan pada aspek fisik, mental dan sosial.

Dalam pendidikan jasmani, rekreasi tidak bisa lepas dari pelajaran rekreasi secara aktif dengan memanfaatkan cabang-cabang olahraga yang sudah dipelajari.

Rekreasi memungkinkan individu anak terlibat dalam aktivitas yang dipilih secara bebas, termasuk aktivitas fisik yang menghasilkan manfaat kesehatan.

  • Pembelajaran 5. Konsep-Konsep Penting PJOK dan Keterkaitannya. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Analisis KI-KD Berdasarkan Konsep Interdisiplin dan Multidisiplin


Analisis KI-KD Berdasarkan Konsep Interdisiplin dan Multidisiplin merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu  Menganalisis kajian multidisiplin permainan bola kasti ditinjau dari sudut pandang sejarah, matematika, fisika, Memahami kajian interdisiplin permainan hitam hijau ditinjau dari sudut pandang psikologi, biomekanika, dan peraturan permainan.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi kajian multidisiplin permainan bola kasti ditinjau dari sudut pandang sejarah, kajian multidisiplin permainan bola kasti ditinjau dari sudut pandang matematika, kajian multidisiplin permainan bola kasti ditinjau dari sudut pandang fisika, kajian interdisiplin permainan hitam hijau ditinjau dari sudut pandang psikologi, kajian interdisiplin permainan hitam hijau ditinjau dari sudut pandang biomekanika, dan kajian interdisiplin permainan hitam hijau ditinjau dari sudut pandang peraturan permainan.) dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 6. Analisis KI-KD Berdasarkan Konsep Interdisiplin dan Multidisiplin


Kajian permainan bola kasti dalam pendidikan jasmani akan ditinjau dari sudut pandang sejarah, matematika, dan fisika.

Dilihat dari sejarahnya, permainan bola kasti menggambarkan, bahwa meskipun permainan bola kasti berasal dari Inggris, namun permainan bola kasti sudah dimainkan di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang.

Perolehan nilai dalam permainan kasti dapat dikaji dari sudut pandang ilmu Matematika, dimana pemukul akan mendapat nilai 2, bila ia dapat lari dari ruang pemukul ke tiang bebas dan kembali ke ruang bebas dengan selamat atas pukulannya sendiri.

Jika perjalanan kembali ke ruang bebas dilakukan  dalam 2  atau  3  bagian  dengan  selamat  dan  pukulannya betul,  maka pelari  akan mendapat nilai 1.

Setiap bola yang terpukul dan dapat ditangkap oleh pemain lapangan sebelum mengenai tanah, dinyatakan sebagai bola tangkap dan penangkap mendapat nilai 1.

Jika dikaji dari sudut pandang fisika, cara melempar dan menangkap bola di dalam permainan kasti ditentukan oleh arah datangnya bola.

Bagaimana datangnya bola akan menjadi faktor bagi para penangkap bola untuk menyesuaikan diri untuk bergerak dan mampu menangkap arah bola dengan tepat.

  • Pembelajaran 6. Analisis KI-KD Berdasarkan Konsep Interdisiplin dan Multidisiplin. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Ilmu Penunjang Kepenjasan


Ilmu Penunjang Kepenjasan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu Memahami penerapan sejarah olahraga dalam pembelajaran PJOK, Menerapkan sosiologi olahraga dalam pembelajaran PJOK, Menerapkan psikologi olahraga dalam pembelajaran PJOK, Menerapkan azas dan falsafah olahraga dalam pembelajaran PJOK, Menganalisis isu kepenjasan terkini dalam pembelajaran PJOK, dan Menganalisis kebijakan terkait dalam pembelajaran PJOK.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi penerapan sejarah olahraga dalam pembelajaran PJOK, penerapan sosiologi olahraga dalam pembelajaran PJOK, penerapan azas dan falsafah olahraga dalam pembelajaran PJOK, penerapan isu kepenjasan terkini dalam pembelajaran PJOK, dan penerapan kebijakan terkait dalam pembelajaran PJOK  dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 7. Ilmu Penunjang Kepenjasan


Manfaat sejarah keolahragaan dan PJOK dalam penanaman sikap peserta didik adalah (1) sebagai edukatif atau pelajaran, yakni belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.

Pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya; (2) sebagai inspirasi, yakni berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya; dan (3) sebagai kegunaan rekreatif, kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar.

Pendidikan Jasmani mempunyai makna penting pada aspek sosial-budaya, psikologis dan politik. Pendidikan Jasmani dapat meningkatkan stabilitas sosial-psikologis dan memainkan peran dalam menggairahkan hidup sehari-hari.

Pendidikan Jasmani mempunyai fungsi sosialisasi terhadap penyadaran individu tentang moral dan nilai. 

Pendidikan Jasmani memainkan peran untuk mempersatukan warga masyarakat yang berkelompok-kelompok sehingga menyatu dalam pencapain tujuan secara bersama-sama, yang pada gilirannya akan memperkokoh persatuan secara menyeluruh. 

Fungsi integratif dari Pendidikan Jasmani dapat menjadi perekat bagi warga masyarakat tatanan industri yang semakin individualistis.

  • Pembelajaran 7. Ilmu Penunjang Kepenjasan. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Teori Belajar Gagne


Teori Belajar Gagne merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu Memahami 9 Events of Instruction dari Gagne, dan Menganalisis konsep Taxonomy of Learning.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi 9 Events of Instruction dari Gagne, dan Taxonomy of Learning. dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 8. Teori Belajar Gagne


Belajar merupakan proses perubahan perilaku secara relatif permanen, sebagai hasil dari pengalaman.

Perubahan perilaku tersebut dapat diamati dalam waktu yang relatif lama. Pengertian pembelajaran gerak pada lanjutan penjelasannya adalah serangkaian proses yang berkaitan dengan latihan dan pengalaman untuk perubahan permanen yang relatif dalam kapabilitas menghasilkan pelaksanaan (execution) keterampilan.

Prinsip belajar gerak adalahjelasnya tujuan dan manfaat dari pembelajaran gerak yang dilakukan murid, tanggapan yang jelas akan keterampilan yang harus dipelajari, kecermatan dan ketepatan gerak lebih diutamakan dibanding kecepatan gerak.

  • Pembelajaran 8. Teori Belajar Gagne. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Tujuan Pembelajaran


Tujuan Pembelajaran merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu  Mengenali komponen tujuan pembelajaran, dan Menerapkan prosedur perumusan tujuan pembelajaran. 

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi komponen tujuan pembelajaran, dan prosedur perumusan tujuan pembelajaran. dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 9. Tujuan Pembelajaran


Tujuan  pembelajaran  merupakan arah atau sasaran yang hendak dicapai setelah proses pembelajaran berlangsung. Tujuan pembelajarn Kompetensi Inti dan diperinci lagi dengan Kompetensi Dasar.

Tujuan tersebut dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, dan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pada pendidikan jasmani, tujuan pembelajaran tidak hanya untuk mengembangkan aspek psikomotor atau fisik semata melainkan juga aspek kognitif dan afektif. 

Sehingga dalam menentukan tujuan pembelajaran guru dapat mengacu pada tujuan dari aktivitas pembelajaran, baik itu yang dilakukan oleh guru ataupun yang dilakukan oleh siswa dan dapat juga mengacu pada proses pembelajaran.

  • Pembelajaran 9. Tujuan Pembelajaran. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Model Pembelajaran Aktif


Model Pembelajaran Aktif merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatah agar mampu Memahami konsep spectrum gaya mengajar, dan Menerapkan prosedur gaya mengajar dalam pembelajaran PJOK. 

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi spektrum gaya mengajar oleh muska dan mosston serta penerapan gaya mengajar oleh muska mosston dalam pembelajaran PJOK  dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 10. Model Pembelajaran Aktif


Dalam pengajaran cara guru bisa dibedakan dari bagaimana seorang guru memperlakukan dan melibatkan peserta didik dalam pembelajaran.

Mosston menyebut cara yang digunakan oleh guru dalam melibatkan peserta didik sebagai gaya mengajar (teaching style), yang bergerak dari gaya yang disebut komando hingga gaya pengajaran diri sendiri.

Mosston memilah gaya pengajaran lebih pada sebuah kontinum, dengan spektrum gaya yang didasarkan pada jumlah pembuatan keputusan yang diberikan oleh guru kepada peserta didik.

Kontinum berarti berangkai secara bersinambung dari satu titik ke titik lain, tanpa ada pemisahan yang jelas. 

Gaya yang satu lebih dibedakan dari gaya lainnya oleh besarnya pemberian kesempatan dari guru kepada peserta didik dalam hal mengambil keputusan.

  • Pembelajaran 10. Model Pembelajaran Aktif. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Keterampilan Berpikir Kritis


Keterampilan Berpikir Kritis merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu Memahami pengertian keterampilan berpikir kritis, dan Menerapkan cara mengembangkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran PJOK. 

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi pengertian keterampilan berpikir kritis, dan strategi pengembangan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran PJOK. dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 11. Keterampilan Berpikir Kritis


Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan jasmani dapat dimaknai sebagai kemampuan nalar peserta didk dalam hal membuat keputusan.

Pendidikan jasmani yang efektif mampu merangsang kemampuan berpikir dan daya analisis peserta didik ketika terlibat dalam kegiatan-kegiatan fisik.

Pola-pola permainan yang memerlukan tugas-tugas tertentu akan menekankan pentingnya kemampuan nalar peserta didik dalam hal membuat keputusan.

Secara tidak langsung dalam pembelajaran PJOK, taktik dan strategi yang digunakan dalam berbagai permainan, proses pembelajaran melalui diskusi terbuka dapat menantang penalaran peserta didik untuk membuat keputusan yang tepat dan cepat.

  • Pembelajaran 11 Keterampilan Berpikir Kritis. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Konsep dan Prinsip Asesmen, Teknik Penilaian Berbasis Kelas, dan Umpan Balik


Konsep dan Prinsip Asesmen, Teknik Penilaian Berbasis Kelas, dan Umpan Balik merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar mampu  Menganalisis konsep dan prinsip asesmen, Menganalisis konsep dan prosedur teknik penilaian berbasis kelas , dan Menerapkan konsep umpan balik pembelajaran. 

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi unsur pertimbangan dan prosedur penetapan KKM, Assessment of learning, assessment as learning, dan assessment for learning, serta tindakan reflektif dalam pembelajaran PTK dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 


Pembelajaran 12. Konsep dan Prinsip Asesmen, Teknik Penilaian Berbasis Kelas, dan Umpan Balik


Kriteria Ketuntasan Minimal adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan.

KKM dirumuskan secara bersama oleh satuan pendidikan, dalam hal ini kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dirumuskan dengan memperhatikan tiga aspek:

  1. Karakteristik peserta didik (intake),
  2. Karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan
  3. Kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.


Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar. Penilaian konvensional cenderung dilakukan untuk mengukur hasil belajar peserta didik.

  • Pembelajaran 12. Konsep dan Prinsip Asesmen, Teknik Penilaian Berbasis Kelas, dan Umpan Balik. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Refleksi Pembelajaran PJOK SD (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD)


Silahkan unduh bahan pembelajaran terkait modul belajar mandiri PJOK SD berikut:

  • Modul Bahan Belajar PJOK SD 2021. Unduh



Cara Download File


  1. Tunggu Sampai 100%
  2. Click Tombol Kl1k 2X Disini
  3. Click Tombol Go to Link
  4. Finish

2 komentar untuk "Download Modul Belajar Mandiri Mapel PJOK SD untuk Calon Guru PPPK Lengkap"