Download Bahan Belajar Bidang Studi Matematika untuk Calon Guru P3K Lengkap

Modul Belajar Mandiri Calon Guru P3K Bidang Studi Matematika Lengkap
Bahan Belajar Untuk Menghadapi Test PPPK


Download Modul Belajar Mandiri Calon Guru P3K Bidang Studi Matematika Lengkap


Daftar isi Bahan Belajar (silahkan klik link dibawah ini untuk langsung ke pembelajaran)

  1. Bahan Belajar Bilangan
  2. Bahan Belajar Aljabar dan Program Linear
  3. Bahan Belajar Logika Matematika
  4. Bahan Belajar Geometri dan Trigonometri
  5. Bahan Belajar Kalkulus
  6. Bahan Belajar Kombinatorika dan Statistika
  7. Refleksi Bahan Belajar Matematika
  8. Cara Download File


Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang Matematika.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait Bilangan, Aljabar dan Program Linear, Logika Matematika, Geometri dan Trigonometri, Kalkulus, Kombinatorika dan Statistika, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.



Bahan Belajar Bilangan


Bilangan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Matematika agar mampu menjelaskan berbagai sistem bilangan, menerapkan konsep keterbagian, FPB, dan KPK untuk memecahkan masalah, menggunakan pola bilangan dalam pemecahan masalah, menggunakan konsep barisan dan deret untuk memecahkan masalah, menerapkan konsep dan sifat bentuk akar untuk menyelesaikan masalah dan menerapkan konsep dan sifat logaritma untuk menyelesaikan masalah.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi, Sistem Bilangan, Keterbagian, FPB, dan KPK, Pola Bilangan, Barisan dan Deret, Kekongruenan dan Modulo, Logaritma dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.


Pembelajaran 1. Konsep Dasar Bilangan


Konsep Keterbagian, Faktor Bilangan, Bilangan Prima, Kelipatan Bilangan biasanya digunakan dalam penyelesaian masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penentuan waktu yang bersamaan, pembagian barang secara merata, pembelian kebutuhan secara lebih efektif dan efisien.

Dalam bidang matematika itu sendiri, penggunaan konsep Faktor Bilangan dan Kelipatan Bilangan digunakan untuk menyederhanakan pecahan dan menyamakan penyebut pada penjumlahan dan pengurahan pecahan.

  • Pembelajaran 1.  Konsep Dasar Bilangan. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Aljabar dan Program Linear


Aljabar dan Program Linear merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Matematika agar mampu menggunakan bentuk aljabar dan sistem persamaan, menggunakan matriks dan vektor dan menerapkan program linear untuk memecahkan masalah

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Bentuk Aljabar dan Sistem Persamaan Linear, Sistim Persamaan Linear, Matriks dan Vektor pada Bidang dan Ruang dan Program Linear dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.


Pembelajaran 2. Konsep Dasar Aljabar dan Program Linear


Bentuk Aljabar adalah suatu bentuk matematika yang dalam penyajiannya memuat huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang belum diketahui.

Dalam suatu bentuk aljabar terdapat unsur-unsur aljabar, yang meliputi variabel (peubah), koefisien, konstanta, faktor, dan suku (suku sejenis dan suku tidak sejenis). Matriks adalah susunan persegi panjang dari bilangan-bilangan.

Bilangan-bilangan pada susunan tersebut disebut entri atau komponen atau elemen dari matriks. Program linear merupakan bagian dari Operation Research yang mempelajari masalah optimum. 

Prinsip pada program linear diterapkan dalam masalah nyata diantaranya dalam bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, perdagangan, transportasi, industri, sosial, dan lain-lain. Menurut Winston (1993)

  • Pembelajaran 2.  Aljabar dan Program Linear. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Logika Matematika


Logika Matematika merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Matematika agar mampu mendeskripsikan kalimat, pernyataan, dan tabel kebenaran, menyelesaikan masalah menggunakan nilai kebenaran logika matematika , mendeskripsikan aljabar proposisi dan argumen ,embuktikan suatu argumen dengan aturan bukti bersyarat dan bukti tak langsung.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Kalimat, Pernyataan, dan Tabel Kebenaran, Tautologi dan Kontradiksi dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.


Pembelajaran 3. Konsep Dasar Logika Matematika


Logika merupakan induk matematika. Rasionalnya, belajar logika berarti belajar berpikir dan bernalar secara logis yang merupakan kegiatan akal manusia dalam memanfaatkan pengetahuan yang diterima melalui panca indera, kemudian  diolah agar dicapai suatu kebenaran.

Dengan belajar logika, akan mampu  memanifestasikan pikiran sehingga mampu mempertimbangkan, menganalisis, menunjukkan alasan-alasan, membuktikan sesuatu, menarik kesimpulan, meneliti suatu jalan pikiran, dan lain-lain.

Logika merupakan dasar bahasa pemrograman komputer. Dasar dari bahasa pemrograman komputer sejatinya adalah logika matematika.

Bahasa yang digunakan oleh komputer memang dekat dengan bahasa manusia, hal ini dikarenakan pemikiran manusialah yang dapat membuat program-program komputer.

  • Pembelajaran 3.  Logika Matematika. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Geometri dan Trigonometri


Geometri dan Trigonometri merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Matematika agar mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geomteri datar, geometri ruang, geometri transformasi dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan trigonometri

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Geometri Datar, Geometri Ruang, Transformasi, Geometri Ukuran sudut, Fungsi trigonometri, Identifikasi grafik fungsi trigonometri, Aturan sinus dan cosinus, Rumus jumlah dan selisih fungsi trigonometri dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.


Pembelajaran 4. Konsep Dasar Geometri dan Trigonometri


Geometri adalah salah satu cabang ilmu matematika yang berkaitan tentang ukuran, bentuk, maupun sifat ruang.

Contoh geometri itu, misalnya ada mengukur volume suatu bangun ruang, luas alas bangun ruang, tinggi bangun ruang, dan sebagainya.

Sedangkan Trigonometri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang sisi, sudut, maupun perbandingan antara sudut dan sisi.

Seperti contoh yg kita ketahui adalah untuk mencari nilai sudut menggunakan sisi suatu segitiga(penggunaan sinus, cosinus, tangen)

  • Pembelajaran 4. Geometri dan Trigonometri. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Kalkulus


Kalkulus merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Matematika agar mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Limit Fungsi, Turunan Fungsi, Integral dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.


Pembelajaran 5. Konsep Dasar Kalkulus


Kalkulus (bahasa Latin: calculus, artinya "batu kecil", untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret takterhingga.

Kalkulus adalah ilmu yang mempelajari perubahan, sebagaimana geometri yang mempelajari bentuk dan aljabar yang mempelajari operasi dan penerapannya untuk memecahkan persamaan.

Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.

Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus.

Contoh cabang kalkulus yang lain adalah kalkulus proposisional, kalkulus variasi, kalkulus lambda, dan kalkulus proses.

Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.

  • Pembelajaran 5.  Kalkulus. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Bahan Belajar Kombinatorika dan Statistika


Kombinatorika dan Statistika merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru Matematika agar mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacah, permutasi, dan kombinasi, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemusatan data dan penyebaran.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi Kaidah Pencacahan, Permutas, dan Kombinasi, Teori Peluang, Statistika dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.


Pembelajaran 6. Konsep Dasar Kombinatorika dan Statistika


Konsep Permutasi dan Kombinasi biasanya digunakan dalam penyelesaian masalah mencari banyaknya kemungkinan yang menggunakan pencacahan.

  • Pembelajaran 6. Kombinatorika dan Statistika. Unduh
  • Bahan Paparan. Unduh



Refleksi Pembelajaran Matematika untuk Guru P3K


  • Modul Bahan Belajar Mandiri Matematika. Unduh



Cara Download File


  1. Tunggu Sampai 100%
  2. Click Tombol Kl1k 2X Disini
  3. Click Tombol Go to Link
  4. Finish

Posting Komentar untuk "Download Bahan Belajar Bidang Studi Matematika untuk Calon Guru P3K Lengkap"