Menjadi Guru yang Berkualitas Abad 21

Menjadi Guru yang Berkualitas Abad 21
Guru sumber ilmu


Menjadi Guru yang Berkualitas


Tenaga pengajar atau yang sering kita kenal sebagai seorang guru memiliki tugas besar dalam bidang pendidikan, kewajiban guru tidak hanya mengajar mata pelajaran saja namun juga membimbing, mendidik, mengarahkan, melatih, serta  menilai dan mengevaluasi peserta didik nya, bahkan guru juga memegang peranan sebagai orang tua anak yang berkewajiban untuk memberikan teladan yang baik dan memperbaiki akhlak peserta didiknya.

Betapa pentingnya peran seorang guru sehingga dapat dikatakan bahwa berhasil atau tidak nya suatu pendidikan adalah tergantung bagaimana gurunya.

Maka dengan demikian sangat dibutuhkan pula guru yang berkualitas agar dapat mejadi figur bagi anak dan nmenciptakan Pendidikan yang berkualitas.

Secara umum guru yang berkualitas adalah guru yang memiliki kemampuan atau keahlian khusus dibidang keguruan, terdidik dan terlatih serta berpengalaman dibidang Pendidikan.

Guru yang berkualitas memiliki pengaruh yang besar dalam proses Pendidikan karena guru bertanggung jawab dalam menyiapkan sumber daya yang berkualitas, menyiapkan bibit pemimpin, serta menjadi teladan bagi peserta didiknya.

Maka dalam rangka memperoleh kualitas seorang guru yang berkualitas diperlukannya usaha yang dilakukan oleh Lembaga sekolah untuk terus meningkatkan mutu daripada tenaga pengajar itu sendiri, banyak cara yang dapat dilakukan oleh Lembaga Pendidikan ataupun dinas Pendidikan dalam rangka mendorong kemampuan dan kualitas guru, salah satunya ialah dengan program pelatihan.

Dengan diadakannya Program-program pelatihan secara rutin, seminar, dan kelas inspirasi yang diharapkan dapat menjadi ruang bagi guru dan SDM untuk berkarya serta mengupgrade kualitasnya dalam mendidik.

semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Menjadi Guru yang Berkualitas Abad 21"