Model Penilaian Formatif dengan Teknik Exit dan Admit Slips

Model Penilaian Formatif dengan Teknik Exit dan Admit Slips

Model Penilaian Formatif dengan Teknik Exit dan Admit Slips
Penilaian Formatif Teknik Exit dan Admit Slips


Pediapendidikan.com - Model Penilaian kali ini yang akan kita bahas adalah Model Penilaian Formatif dengan Teknik Exit atau Admit Slips. dimana model ini merupakan salah satu dari sekian teknik penilaian Formatif.


Exit Slips


Exit Slips adalah jawaban tertulis atas pertanyaan yang diberikan pendidik pada akhir pelajaran untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep inti. 


Pertanyaan biasanya hanya membutuhkan maksimal 5 menit untuk diselesaikan dan dikumpulkan saat peserta didik meninggalkan ruangan. 


Pendidik dapat dengan cepat mengetahui mana peserta didik yang sudah paham, yang membutuhkan sedikit bantuan, dan yang akan membutuhkan pembelajaran yang lebih banyak mengenai konsep tersebut.

Contoh: Sebelum mengakhiri pelajaran Bu Ninik memberi dua nomor soal cerita kepada peserta didik kelas 2 dan peserta didik diberi waktu 4 menit untuk menyelesaikan soal.

Contoh soal Exit Slips
Contoh soal Exit Slips


Empat menit kemudian Bu Ninik meminta para peserta didik untuk mengumpulkan lembar kerja yang tadi dibagikan. Bu Ninik mengoreksi pekerjaan peserta didik.


Peserta didik yang betul semua boleh meninggalkan kelas, sedangkan yang masih belum benar diberi kesempatan untuk memperbaiki sampai peserta didik tersebut dapat menjawab semuanya dengan benar.

Contoh format soal Exit Slips
Contoh format soal Exit Slips


Admit Slips


Admit Slips hampir sama dengan Exit Slips, perbedaannya Admit Slips dilakukan sebelum pembelajaran di kelas dimulai.


Peserta didik dapat diminta untuk menuliskan komentar pada sebuah kartu di awal pembelajaran. Kartu-kartu ini dikumpulkan sebagai syarat untuk masuk ke kelas dan biasanya tidak dinilai serta tidak diberi nama.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui tanggapan peserta didik tentang apa yang mereka pelajari atau yang akan ditemui di dalam kelas, serta mengaktifkan pengetahuan awal mereka atau menghubungkan apa yang telah mereka ketahui dan pelajari.


Exit Slips dan Admit Slips dapat digunakan pada semua mata pelajaran.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Model Penilaian Formatif dengan Teknik Exit atau Admit Slips, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.


Posting Komentar untuk "Model Penilaian Formatif dengan Teknik Exit dan Admit Slips"