Model Penilaian Formatif dengan Teknik Bertanya (Questioning) dan Diskusi

Model Penilaian Formatif dengan Teknik Bertanya (Questioning) dan Diskusi

Model Penilaian Formatif dengan Teknik Bertanya (Questioning) dan Diskusi
Teknik Bertanya (Questioning) dan Diskusi


Pediapendidikan.com - Ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk memperoleh (mengelisitasi) informasi/data mengenai kemajuan penguasaan kompetensi peserta didik baik pada ranah sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang dapat dipakai dalam penilaian formatif. Salah satunya adalah dengan Teknik Bertanya (Questioning) dan Diskusi.


Penilaian Formatif dengan Teknik Bertanya Bertanya (Questioning)


Jawaban peserta didik terhadap pertanyaan pendidik dapat memberikan gambaran yang baik tentang kemajuan penguasaan kompetensi mereka. 


Pertanyaan harus dirumuskan dan disampaikan dengan baik oleh pendidik kepada peserta didik secara lisan. 


Peserta didik diberi waktu yang cukup untuk berpikir, mengingat apa yang telah dipelajari.


Pertanyaan pendidik tidak saja menjadikan pendidik mengetahui sampai di mana peserta didik telah menguasai kompetensi yang dituju, tetapi juga membantu peserta didik belajar. 


Pertanyaan biasanya disampaikan secara lisan pada awal, tengah, atau akhir pelajaran.


Tingkat kesulitan dan/atau jenis pertanyaan yang diberikan hendaknya bervariasi, dan menyertakan pertanyaan yang tidak sekedar menuntut ingatan akan sekumpulan fakta atau angka, tetapi pertanyaan yang mendorong pelibatan proses kognitif tingkat tinggi (higher order thinking skills).


Penilaian Formatif dengan Teknik Diskusi


Diskusi di kelas bisa memberikan banyak informasi mengenai penguasaan peserta didik terhadap konsep-konsep yang dipelajari.


Diskusi membangun pengetahuan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. 


Diskusi memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan wawasan dan kedalaman pemahaman mereka sekaligus meluruskan informasi yang salah (Black dan Wiliam 1998).


Pendidik dapat memulai diskusi dengan memberikan pertanyaan terbuka untuk para peserta didik, kemudian menilai pemahaman peserta didik dengan mendengarkan jawaban mereka dan dengan membuat catatan anekdot.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Model Penilaian Formatif dengan Teknik Bertanya (Questioning) dan Diskusi, Semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Model Penilaian Formatif dengan Teknik Bertanya (Questioning) dan Diskusi"