Penilaian Formatif dengan Model Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama

Penilaian Formatif dengan Model Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama

Penilaian Formatif dengan Model Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama
Model Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama


Pediapendidikan.com - Dibawah ini merupakan Teknik Penilaian Formatif dengan beberapa Model seperti Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama.


Model Penugasan


Penilaian formatif dapat dilakukan pendidik dengan cara memberi tugas yang dapat dikerjakan peserta didik sebagai pekerjaan rumah (PR). 


Tugas tersebut dapat dikerjakan secara individu atau kelompok. Dari hasil pekerjaan yang telah diselesaikan oleh peserta didik, pendidik dapat mengetahui perkembangan peserta didik dalam menguasai materi/kompetensi secara kelompok atau individu.


Selanjutnya pendidik memberi umpan balik dan merancang pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.


Daftar cek


Daftar cek kelas merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan informasi mengenai pemahaman peserta didik selama satu bab pembelajaran.


Sebelum memulai satu bab baru, pendidik membuat daftar semua keterampilan yang perlu dikuasai oleh peserta didik.


Dalam tabel, daftar nama peserta didik ditulis di sebelah kiri dan keterampilan pada bagian atas. Tabel dipasang pada papan dan di letakkan di tempat yang mudah dijangkau.


Selama peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran, pendidik mengamati dan memberi tanda centang pada keterampilan yang ditunjukkan oleh peserta didik dengan tingkat kemahiran yang diinginkan.


Berikut ini adalah contoh daftar cek untuk kelas berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Daftar Cek

Jawaban Bersama


Pendidik dapat meminta peserta didik untuk menjawab serangkaian pertanyaan secara bersama-sama. Apabila pendidik ingin mengetahui tingkat pemahaman peserta didik secara cepat.


Dengan memperhatikan jumlah dan isi jawaban peserta didik dengan seksama, pendidik akan mendapat gambaran apakah peserta didik telah memahami dengan baik apa yang peserta didik pelajari di kelas.


Selain itu, jawaban bersama mendorong semua peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses penilaian.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Penilaian Formatif dengan Model Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Penilaian Formatif dengan Model Penugasan, Daftar cek dan Jawaban Bersama"