Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Papan Bicara dan Kuis Konstruktif

Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Papan Bicara dan Kuis Konstruktif

Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Papan Bicara dan Kuis Konstruktif
Model Penilaian Papan Bicara dan Kuis Konstruktif


Penilaian Formatif dengan Menggunakan Papan Bicara


Pediapendidikan.com - Pendidik dapat meminta peserta didik menuliskan jawaban atas pertanyaan lisan atau tertulis pada papan kecil/kertas karton berukuran sekitar 35x50 cm dengan spidol. Ketika peserta didik telah menuliskan jawabannya, mereka diminta untuk mengangkat papan kecil/kertas karton mereka.


Pendidik dapat menentukan siapa yang dapat menjawab dengan tepat dan yang masih membutuhkan bantuan. Pendidik bisa langsung memberikan perbaikan (umpan balik) pada peserta didik yang jawabannya belum tepat.


Contoh gambaran teknik penilaian formatif papan bicara:

Contoh penggunaan Papan bicara


Penilaian Formatif dengan Menggunakan Kuis Konstruktif


Untuk menilai perkembangan peserta didik dalam penguasaan kompetensi, pendidik dapat memberikan kuis konstruktif.


Kuis ini diberikan selama proses pembelajaran berlangsung. Kuis konstruktif tidak hanya memberikan umpan balik bagi pendidik, tapi juga bisa membantu peserta didik merefleksikan penguasaan mereka atas kompetensi yang dipelajari.


Untuk penilaian formatif dengan teknik kuis konstruktif ini, peserta didik diminta membuat lembar jawab dengan model seperti disajikan di bawah ini.

Lembar Jawab Kuis Konstruktif

Setelah peserta didik selesai menuliskan jawaban mereka, pendidik meminta peserta didik menyerahkan lembar jawab bagian kiri, dan memegang lembar jawab bagian kanan.


Selanjutnya pendidik mengajak peserta didik bersama-sama memeriksa jawaban.


Berdasarkan jawaban peserta didik terhadap pertanyaan pada kuis, pendidik dapat menentukan status setiap peserta didik dalam kaitannya dengan target pembelajaran (penguasaan materi/kompetensi) dan langsung memberikan umpan baliknya.


Demikian juga dengan para peserta didik, dapat dengan cepat menilai perkembangan dirinya sendiri.


Demikian yang kami sampaikan terkait Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Papan Bicara dan Kuis Konstruktif, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Model Penilaian Formatif dengan Menggunakan Papan Bicara dan Kuis Konstruktif"