Model Penilaian Kinestetik

Model Penilaian Kinestetik

Model Penilaian Kinestetik
Model Penilaian Kinestetik


Pediapendidikan.com - Penilaian Kinestetik adalah penilaian yang memasukkan unsur gerak untuk menunjukkan pemahaman mereka mengenai sebuah topik atau konsep. Meskipun biasanya jenis penilaian ini berhubungan dengan bidang seni, misalnya menari dan memainkan alat music atau PJOK, misalnya dribbling bola basket dan memberikan serve bola voli, penilaian kinestetik juga bisa digunakan dalam bidang pelajaran lainnya untuk memberikan gambaran kepada pendidik mengenai pemahaman dan kesalahpahaman peserta didik mengenai sebuah konsep.


Penilaian kinestetik merupakan cara yang baik untuk menambah keragaman pada penilaian terhadap pembelajaran yang terjadi di dalam kelas.


Contoh Penilaian Kinestetik


Untuk mengetahui apakah peserta didik memiliki pemahaman tentang bagaimana melihat dan menentukan waktu pada jam, pendidik dapat menggunakan penilaian formatif ini. Gambar jam dibuat dalam kain spanduk dan digelar di lantai kelas.


Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok memiliki gambar jam masing-masing.


Seorang peserta didik dari setiap kelompok maju ke tengah spanduk bergambar jam dan menunjukkan waktu yang ditanyakan oleh pendidik dengan menggunakan dan memperagakan kedua kakinya sebagai penunjuk waktu.


Apabila ada yang salah, teman satu kelompoknya bisa membantu mengarahkan ke angka yang tepat.

Penilaian Kinestetik

Pendidik mengamati peserta didik, dan dapat memperoleh beberapa informasi penting tentang penguasaan konsep mengenai jarum penunjuk jam yang disimulasikan dengan menggunakan kaki dalam kegiatan ini.


Pendidik juga dapat melihat kerjasama dan sikap peserta didik dalam bekerja kelompok.


Ketika peserta didik dapat menunjukkan waktu yang ditanyakan dengan menggunakan kakinya sebagai jarum jam pendek dan panjang, pendidik dapat menyimpulkan bahwa peserta didik tersebut telah memahami konsep tentang waktu.


Saat peserta didik menjelaskan bagaimana mereka menentukan posisi kaki untuk menetapkan waktu yang ditanyakan, pendidik mendapatkan informasi tentang kedalaman pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik.


Demikian yang kami sampaikan terkait Model Penilaian Formatif yaitu penilaian Kinestetik, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Model Penilaian Kinestetik"