Teknik Penilaian Formatif dengan Latihan Presentasi dan Peta Konsep

Teknik Penilaian Formatif dengan Latihan Presentasi dan Peta Konsep

Teknik Penilaian Formatif dengan Latihan Presentasi dan Peta Konsep
Latihan Presentasi dan Peta Konsep


Pediapendidikan.com - Berikut disajikan beberapa contoh teknik penilaian formatif beserta penerapannya yaitu Latihan Presentasi dan Peta Konsep


Latihan Presentasi


Latihan presentasi sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum tanggal presentasi yang sesungguhnya. Peserta didik berlatih presentasi di depan teman-teman sekelas mereka.


Dengan mendengarkan peserta didik latihan presentasi, pendidik dapat dengan mudah menentukan tingkat pemahaman peserta didik mengenai konsep-konsep yang penting sekaligus mengetahui perkembangan keterampilan menyajikan gagasan mereka berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.


Pendidik memberikan komentar mengenai aspek positif dari presentasi dan menyarankan perbaikan yang dapat dilakukan guna meningkatkan kualitas dari presentasinya.


Berikut adalah contoh instrumen yang dapat digunakan oleh pendidik untuk mengetahui apakah peserta didik telah cukup dapat mengapresiasi karya sastra atau belum, sekaligus memperoleh informasi mengenai keterampilan menyajikan gagasan di depan orang banyak.

Instrumen Latihan Presentasi


Peta Konsep


Penilaian formatif dapat dilakukan dengan meminta peserta didik membuat representasi visual, misalnya peta konsep.


Dari representasi visual yang dibuat peserta didik, pendidik dapat menilai seberapa baik pemahaman peserta didik mengenai konsep tertentu.


Berikut adalah contoh bagaimana teknik ini digunakan:

Pembelajaran IPA kelas 4 membahas tentang Energi. Bu Ninik menstimulus peserta didik untuk menemukan jenis energi dan bentuk-bentuk energi dengan sangat menarik.


Bu Ninik memutar video kemudian mengajak peserta didik berdiskusi, kemudian mengajak mereka melakukan percobaan untuk mengetahui jenis-jenis energi.


Jenis energi yang dimaksud adalah energi yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. 


Selanjutnya Bu Ninik mengajak anak-anak untuk mencari literatur yang ada diperpustakaan untuk mencari informasi tentang energi.


Peserta didik diminta untuk mencatatnya di buku masing-masing. Dari aktivitas ini, Bu Ninik meminta para peserta didik untuk menuangkan berbagai simpulan pengetahuan yang peserta didik pahami dalam bentuk alur peta konsep.


Berikut ini adalah salah satu hasil peta konsep karya peserta didik.

Peta Konsep oleh Peserta didik

Melihat hasil karya peta konsep tersebut, Bu Ninik dapat menyimpulkan bahwa secara umum anak-anak sudah memahami inti materi.


Bu Ninik perlu memberi penguatan kepada peserta didik untuk memberikan contoh energi yang lebih lengkap.


Satu karya dengan karya yang lain terdapat perbedaan. Bu Ninik meminta anak-anak secara bergantian mempresentasikan hasil kerjanya dan saling belajar dari hasil kerja. Selanjutnya mereka diminta untuk melengkapi.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Teknik Penilaian Formatif dengan Latihan Presentasi dan Peta Konsep, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Teknik Penilaian Formatif dengan Latihan Presentasi dan Peta Konsep"