Sekilas Tentang Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tahun 2017


Sahabat Dunia Pendidikan yang Berbahagia. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru, dengan kenaikan capaian nilai UKG adalah 70
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (komunitas GTK) yang dipetakan berdasarkan kelompok kompetensi dan letak geografis.

Sahabat Dunia Pendidikan, Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya untuk mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu.

baca juga :
> Berikut Cara Mendapatkan Akun Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Terbaru.
> Sekilas Tentang Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
> Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Revisi 2017 Untuk SD.
> Seputar Tanya Jawab Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah guru yang:
  1. Profil hasil UKG-nya menunjukkan terdapat 3 (tiga) hingga 10 (sepuluh) kelompok kompetensi yang nilainya di bawah KCM (65). Jika guru tersebut belum melakukan UKG atau telah melakukan UKG namun dengan mata pelajaran/paket keahlian/jenjang yang tidak sesuai, maka guru tersebut diwajibkan untuk melakukan tes awal dengan menggunakan sistem UKG.
  2. Terdaftar di dalam Komunitas GTK pada Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  3. Berada di wilayah yang tersedia akses/jaringan internet (khusus untuk peserta yang mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring dan daring kombinasi).
  4. Bersedia melaksanakan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi. 

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mewajibkan peserta untuk menyelesaikan setidaknya 2 (dua) kelompok kompetensi yang nilainya paling rendah dalam satu tahun program berjalan dan atau 2 (dua) modul prioritas yang sudah ditentukan dengan moda yang ditentukan oleh penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada kurun waktu 1 (satu) tahun.

Sedangkan SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen yang digunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

SIM PKB merupakan alat penghasil informasi untuk mengelola data dan sebagai pusat pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Adapun Ruang Lingkup SIM PKB adalah sebagai berikut :
  • Pengelolaan Akun Pengguna.
  • Pengelolaan Komunitas GTKdan Pusat Belajar.
  • Pengelolaan Kelas, Peserta dan Pengurus Diklat.
  • Pengelolaan Integrasi Kelas Diklat pada LMS
  • Pengelolaan Evaluasi (Test Awal dan Test Akhir)
  • Pengolahan Nilai Peserta.
  • Pengelolaan Riwayat Diklat Individu Guru (portofolio).

Sahabat Dunia Pendidikan, Perlu diketahui bahwa Semua guru diwajibkan untuk melakukan verifikasi dan validasi Sakolah Induk dan Mata Pelajaran di SIM PKB. Hal ini dilakukan untuk memastikkan tidak terjadinya ketidaksesuaian/salah jenjang/mapel pada saat melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Proses Pemutakhiran Data PTK pada SIM PKB

Akun Koordinator/Ketua Komunitas.

Akun Koordinator/Ketua Komunitas adalah akun yang dimiliki oleh ketua komunitas atau bisa disebut ketua Pokja (KKG/MGMP) fungsinya meliputi :
  1. Registrasi anggota komunitas
  2. Registrasi Pusat/lokasi Belajar
  3. Distribusi akun anggota komunitas
  4. Input peserta ke dalam kelas

Aku Peserta

Akun peserta ini diperuntukan untuk guru, yang mana fungsinya :
  1. Mengetahui Raport 2015
  2. Mengetahui Raport 2016
  3. Melengkapi profil/biodata
  4. Memutakhirkan data guru

Sahabat Dunia Pendidikan, Setelah Login pada SIM PKB, lakukan proses perbaiakan data mengenai tempat tugas, dan mata pelajaran. Sistem akan mendeteksi apabila ada perubahan data jenjang sekolah dan mata pelajaran, khususnya yang berkaitan dengan kode maata pelajaran yang di Ujikan.

Lakukan proses perbaikan data sampai selesai, dan pastikn setiap peserta atau guru terdaftar pada komunitas (KKG / MGMP) wilayah masing-masing. Terakhir PTK atau guru masing-masing mencetak bukti perbaikan data kemudian menyerahkan ke Operator Dinas untuk disahkan.

Sahabat Dunia Pendidikan Berikut dibawah ini beberapa panduan mengenai seputar Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dapat diambil melalui google drive :


Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Sekilas Tentang Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) tahun 2017, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

sumber : http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/keahlian-ganda/panduan-pkb-2017

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sekilas Tentang Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)"

  1. program cukup bagus tp tidak bs disamaratakan begitu banyak kendala yg dihadapi sebagai contoh guru yg sudah berumur tua tergolong produk lama dan rata2 gaptek mereka akan susah untuk mengikuti jalannya program ini alangkah tidak adilnya jika dinilai disamakan dengan guru muda jaman sekarang yg tergolong masih sehat dan canggih2. .seharusnya ada program berbeda menurut jenjang tahunnya. .sama saja menyuruh lomba lari antara orang tua dan pemuda. .hahahaha. .cobalah dipikirkan lg jgn asal buat program saja. .kaji kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih telah berkunjung..
      Semoga Program Kegiatan Guru Pembelajar yang dibuat pemerintah dapat berjalan dengan lancar, walaupun kekurangan masih banyak ditemukan, baik dari guru, maupun kesiapan program tersebut.
      sehingga dapat dijadikan acuan kedepan yang lebih baik. aamiin

      Hapus