Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Revisi 2017 Untuk SD

Buku Panduan, E-book, PKB, Karier Guru, Guru Pembelajar, Pendidikan, Kurikulum 2013, Kurikulum, Guru, Tunjangan Profesi, Pendidikan, Sekolah, Dapodikdasmen

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Revisi 2017 Untuk SD Kelas Rendah Dan Kelas Tinggi


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015.
Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Revisi 2017 Untuk SD

Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi.

Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik.

baca juga :
> Berikut Cara Mendapatkan Akun Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Terbaru.
> Sekilas Tentang Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
> Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Revisi 2017 Untuk SD.
> Seputar Tanya Jawab Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
> Modul PKB PJOK SD

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan suatu program diklat, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar pada tahun 2017 melaksanakan review, revisi, dan mengembangkan modul paska UKG 2015 yang telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Penilaian Berbasis Kelas, serta berisi materi pedagogik dan profesional yang akan dipelajari oleh peserta selama mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Berikut disampaikan Modul-Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Revisi 2017 Untuk SD Kelas Rendah/Awal dan Kelas Tinggi yang dapat diambil melalui tautan google drive dibawah ini :

Modul PKB SD Kelas Awal/Rendah


> Kelompok Kompetensi A (KK-A).
> Kelompok Kompetensi B (KK-B).
> Kelompok Kompetensi C (KK-C).
> Kelompok Kompetensi D (KK-D).
> Kelompok Kompetensi E (KK-E).
> Kelompok Kompetensi F (KK-F).
> Kelompok Kompetensi G (KK-G).
> Kelompok Kompetensi H (KK-H).
> Kelompok Kompetensi I (KK-I).
> Kelompok Kompetensi J (KK-J).

Modul PKB SD Kelas Tinggi


> Kelompok Kompetensi A (KK-A).
> Kelompok Kompetensi B (KK-B).
> Kelompok Kompetensi C (KK-C).
> Kelompok Kompetensi D (KK-D).
> Kelompok Kompetensi E (KK-E).
> Kelompok Kompetensi F (KK-F).
> Kelompok Kompetensi G (KK-G).
> Kelompok Kompetensi H (KK-H).
> Kelompok Kompetensi I (KK-I).
> Kelompok Kompetensi J (KK-J).

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Revisi 2017 Untuk SD, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

sumber : Dejarfa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Revisi 2017 Untuk SD"

Posting Komentar