Gagasan - Arti Kata, Pengertian dan Tujuan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Arti Kata, Pengertian, Tujuan Gagasan Menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI)

Arti Kata, Pengertian, Tujuan Gagasan Menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI)
gagasan atau ide

Pediapendidikan.com - Gagasan berasal dari kata dasar Gagas = pikir (KBBI) yang ditambah dengan akhiran -an yaitu hasil pemikiran; ide (wiktionary). kata kunci untuk memahami isi artikel ini adalah Arti Kata selamat membaca.
Judul : Gagasan - Arti Kata, Pengertian dan Tujuan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI)
link : Gagasan - Arti Kata, Pengertian dan Tujuan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI)

Merujuk dari Wikipedia Dalam ilmu filsafat, gagasan atau ide biasanya merujuk pada gambaran perwakilan mental suatu objek. Gagasan juga dapat menjadi konsep abstrak yang tidak mewakili gambaran mental [Audi, Robert, ed. (1995). Cambridge Dictionary of Philosophy. Cambridge; New York: Cambridge University Press. hlm. 355]

Secara Etimologi, Kata ide berasal dari bahasa Yunani ἰδέα atau idea yaitu bentuk, pola, yang berasal dari kata asalnya ἰδεῖν idein, "melihat." ["Definition of idea in English". Oxford English Dictionary. Oxford University Press. 2014]. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ide berarti rancangan yang tersusun di dalam pikiran; atau perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran.

Gagasan atau Ide merupakan kata benda yang dapat juga bearti Sebuah pemikiran atau saran tentang tindakan yang mungkin dilakukan. contoh kalimat: "Mereka tidak berpikir itu ide yang sangat bagus", contoh kalimat lainnya "Akhir pekan ini aku cukup sibuk mengerjakan proyek kecil yang muncul dari gagasan yang disarankan Tamsin kepadaku."

Gagasan atau ide juga mengandung arti Konsep atau kesan mental, contoh kalimat; "Daftar menu kami akan memberi Anda gambaran betapa menariknya diet rendah lemak", contoh kalimat lainnya yaitu; "Jika Anda bertanya-tanya tentang apa buku itu, ini akan memberi Anda ide yang jauh lebih baik."

Selanjutnya juga mengandung arti Pendapat atau kepercayaan contoh kalimat; "Ini tentu saja memerlukan gagasan bahwa ideologi yang berkuasa tidak menganggap dirinya serius." contoh lainnya yaitu: "Tidak ada lembaga lain yang menikmati kekuatan besar untuk menekan ekspresi pendapat dan gagasan."

Gagasan atau Ide dalam artian Maksud atau tujuan contoh kalimat: "Menurut pendapat saya, seluruh gagasan Revolusi Islam adalah tentang peran Tuhan dalam masyarakat." contoh kalimat lainnya: "Sekarang muncul bahwa Google dan Comcast punya ide sendiri untuk kemungkinan ikatan."

Pengertian Gagasan Menurut Kajian Pustaka


Pengertian Gagasan menurut KajianPustaka .com, Gagasan (pikiran) adalah sesuatu (hasil pemikiran, usulan, keinginan, harapan) yang akan disampaikan penulis kepada pembaca atau pendengarnya. Lebih lanjut, gagasan itu akan dilengkapi dengan fakta, data, informasi dan pendukung lainnya yang diharapkan dapat memperjelas gagasan dan sekaligus meyakinkan calon pembacaanya (Suyono, 2004).

Menurut Widyamartaya (1990) gagasan adalah kesan dalam dunia batin seseorang yang hendak disampaikan kepada orang lain. Gagasan berupa pengetahuan, pengamatan keinginan, perasaan, dan sebagainya. Penuturan atau penyampaian gagasan meliputi penceritaan, pelukisan, pemaparan, dan pembahasan.

Penataan gagasan menyangkut berupa seni, yaitu asas aturan, teknik, kerangka, pola, dan angka. Penceritaan atau narasi bertujuan menyampaikan gagasan dalam urutan waktu atau dalam rangka waktu dengan maksud menghadirkan di depan mata angan-angan pembaca serentetan peristiwa yang biasanya memuncak pada suatu kejadian utama. Pelukisan atau dieskripsi bertujuan menyampaikan dalam urutan atau rangka ruang dengan maksud menghadirkan di depan mata angan-angan pendengar segala sesuatu yang dilihat didengar oleh pembicara biasanya berkisar kesan utama tentang sesuatu yang dicercap. Pemaparan bertujuan mengungkapkan gagasan yang berupa pemaparan dengan maksud untuk memberitahukan atau menerangkan sesuatu (misalnya masalah, manfaat, jenis, proses, pembicara, dan langkah-langkah).

Tujuan Gagasan Menurut Kajian Pustaka


Tujuan Gagasan menurut kajian pustaka yaitu Gagasan bertujuan menyampaikan gagasan berupa data bukti, hasil penalaran, dan sebagainya dengan maksud untuk meyakinkan pendengar atau pembaca tentang kebenaran, pendirian atau kesimpulan pembicara. Gagasan sering muncul dalam sebuah diskusi, rapat, seminar, talkshow. Gagasan disampaikan untuk memecahkan masalah bukan untuk memperkeruh masalah. Gagasan yang disampaikan harus objektif dan masuk akal. Gagasan juga disebut pendapat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2000) gagasan adalah hasil pemikiran, ide. Berikut contoh kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan:
  1. Saya berpendapat....
  2. Saya memiliki gagasan....
  3. Menurut gagasan saya....
  4. Menurut saya....

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyampaian gagasan


Menurut Suyono (2004:53), hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengemukakan gagasan:
  1. Gagasan disampaikan secara terbuka dan didasari pemikiran yang sehat, logis, dan objektif,
  2. Gagasan disampaikan dengan bahasa yang jelas dan lancar,
  3. Gagasan yang disampaikan harus mengenai permasalahan dan tidak keluar dari permasalahan yang dibahas,
  4. Menghilangkan rasa emosional dan tidak memaksakan pendapatnya harus diterima,
  5. Gagasan yang disampaikan tidak boleh menjelekkan orang lain, serta
  6. Gagasan dapat berupa contoh pelaksanaan dari gagasan yang muncul dari orang lain.
  7. Menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas untuk mengungkapkan gagasan tersebut.

Tolak Ukur Gagasan menurut Kajianpustaka


Tolak Ukur Gagasan menurut Kajianpustaka yaitu Tolak ukur penyampaian gagasan ditentukan oleh faktor-faktor berikut (Suyono, 2004:56):
  1. Gagasan yang dikemukakan berhubungan dengan masalah,
  2. Gagasan yang dikemukakan mempercepat pemahaman masalah, penemuan sebab, dan pemecahan masalah,
  3. Gagasan yang dikemukakan tidak mengulang gagasan yang pernah disampaikan oleh peserta lain,
  4. Gagasan yang dikemukakan didukung faktor, contoh, ilustrasi, perbandingan atau kesaksian,
  5. Bahasa untuk menyampaikan gagasan menggunakan kata dan kalimat yang tepat,
  6. Gerak, mimik, nada suara, tekanan, dan intonasi yang digunakan dapat memperjelas gagasan yang disampaikan, serta
  7. Gagasan dikemukakan dengan sikap sopan berbicara dan tidak emosional.

Bertukar Gagasan (Diskusi)


Metode bertukar gagasan dalam pengajaran bahasa Indonesia sering digunakan dalam diskusi. Diskusi adalah proses penglibatan dua atau lebih individu yang berinteraksi secara verbal dan tatap muka, mengenai tujuan yang sudah tentu melalui cara tukar-menukar informasi untuk memecahkan masalah.

Artikel ini berjudul Gagasan - Arti Kata, Pengertian dan Tujuan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI)


Demikianlah mengenai Arti Kata, Pengertian, Tujuan Gagasan Menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI), semoga dapat memberi manfaat untuk semua, aamiin. Sampai jumpa di artikel Arti Kata selanjutnya.

Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul Gagasan - Arti Kata, Pengertian dan Tujuan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI) dengan link https://www.pediapendidikan.com/2019/03/arti-kata-gagasan-pengertian-tujuan-menurut-kamus.html

Posting Komentar untuk "Gagasan - Arti Kata, Pengertian dan Tujuan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)"