Arti Kata Spora Menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI

Arti Kata dan Jenis-jenis Spora Menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Spora Tumbuhan Pakis
spora tumbuhan pakis

Spora dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas adalah salah satu atau beberapa sel (bisa haploid ataupun diploid) yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Sel ini dorman dan hanya tumbuh pada lingkungan yang memenuhi persyaratan tertentu, yang khas bagi setiap spesies. Fungsi spora sebagai alat persebaran mirip dengan biji, meskipun berbeda jika ditinjau dari segi anatomi dan evolusi. Tumbuhan berbiji dipandang dari sudut pandang evolusi juga menghasilkan spora. kata kunci pencarian artikel ini adalah Arti Kata. perlu diketahui Sumber artikel ini diambil dari Wikipedia.org dan kbbi.kemdikbud.go.id.
Judul: Arti Kata Spora Menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI
Link: Arti Kata Spora Menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI

Arti Kata Spora menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan alat perbanyakan yang terdiri atas satu atau beberapa sel yang dihasilkan dengan berbagai cara pada tumbuhan rendah, "Cryptogamae", berukuran sangat halus, mudah tersebar oleh angin, air, binatang dsb., dan dapat tumbuh langsung pada kapang (bakteri dsb.) atau tidak langsung pada paku-pakuan menjadi individu baru.

Jenis-Jenis Spora Menurut Wikipedia


Pengertian spora berlaku umum, dalam arti kata tidak memandang bagaimana atau oleh spesies apa ia dibentuk. Akibatnya banyak istilah yang menggunakan kata ini.

Penggunaan istilah spora meluas di lingkungan tumbuhan yang tidak berbiji (seperti paku-pakuan dan lumut-lumutan), fungi, Myxozoa, dan bakteri.


Jenis spora menurut fungsi


  1. Spora sebagai alat persebaran untuk tumbuhan berpembuluh non-biji, lumut, fungi, dan Myxozoa. Spora dengan pengertian ini dikenal juga sebagai diaspora.
  2. Endospora dan eksospora, merupakan spora yang dibentuk oleh bakteri tertentu (dari divisio Firmicuta) sebagai alat pertahanan hidup dalam kondisi ekstrem.
  3. Klamidospora (chlamydospore), fungsinya mirip dengan endospora, tetapi dihasilkan oleh fungi.
  4. Zigospora sebagai alat persebaran haploid dari fungi Zygomycota. Spora ini berdinding tebal dan dapat tumbuh madasdenjadi konidium atau zigosporangium.

Beberapa istilah lain juga menggunakan kata spora, seperti sporozoit dan sporoblas namun sama sekali bukan spora.


Jenis spora berdasarkan pembentukannnya


Spora yang dihasilkan dari meiosis dinamakan meiospora dan yang dihasilkan dari mitosis dinamakan mitospora.
  1. Contoh penghasil meiospora: paku air, rane, tumbuhan lumut, tumbuhan berbiji. Meiospora menumbuhkan organisme haploid (disebut protonema pada tumbuhan lumut dan disebut protalus pada rane dan paku air) yang menghasilkan spermatozoid dan sel telur. Pada tumbuhan berbiji, meiospora tumbuh menjadi serbuk sari (pollen) dan kantung embrio.
  2. Contoh penghasil mitospora: sebagian besar paku-pakuan, sebagian besar fungi. Pada paku-pakuan, mitospora tumbuh menjadi protalus yang setelah dewasa menjadi protalium.


Artikel ini Berjudul Arti Kata Spora Menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI


Demikianlah artikel tentang Arti kata kami sampaikan dengan sumber kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Terimkasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang Arti Kata Spora Menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI dengan link https://www.pediapendidikan.com/2019/04/arti-kata-spora-menurut-wikipedia-dan-kamus-bi.html

Tag: Arti Kata, Wikipedia, KBBI

Posting Komentar untuk "Arti Kata Spora Menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI"