Arti Kata Lunak, Kata Turunan dan Gabungan Kata Lunak di KBBI dan Wiktionary

Arti Kata Lunak di Kamus Wikipedia dan KBBI
Lunak dalam arti di KBBI dan Wiktionary

Arti Kata Lunak, Kata Turunan dan Gabungan Kata Lunak di KBBI dan Wiktionary


Arti Kata Lunak dapat ditelusuri dengan kata kunci KBBI, Arti Kata, Wikipedia, yang berjudul Arti Kata Lunak, Kata Turunan dan Gabungan Kata Lunak di KBBI dan Wiktionary

Dari KBBI dan Wiktionary, Lunak adalah Kata sifat atau adjektiva yang berarti:
  1. Lembut; Empuk. Contoh Kata: Beliau hanya diperbolehkan menyantap makanan yang lunak.
  2. (Kiasan) tidak lekas marah; sabar; tidak terlampau keras mempertahankan pendiriannya dsb. Contoh Kata: Mereka termasuk golongan kaum nasionalis yang lunak.
  3. Reda; Contoh Kata: Hatinya lunak setelah dinasihati.


Untuk Kata Turunan Lunak dapat dicontohkan berikut ini:
  1. Berlunak; yaitu kata kerja yang bearti mempunyai kelembutan dan perasaan (hati). Contoh kalimat: ada kelompok yang Berlunak hati terhadap kejahatan itu.
  2. Kelunakan; yaitu kata benda yang artinya adalah kelembutan
  3. Melunak; yaitu kata kerja yang artinya menjadi lunak; menjadi lembut (hati, sikap, dan sebagainya). contoh kalimat: matanya yang garang menyala itu lambat laun melunak kembali.
  4. Melunaki; merupakan kata kerja yang artinya memperlakukan dengan lunak (sabar, halus, dan sebagainya); membujuki
  5. Melunakkan; kata kerja yang artinya adalah (a). melembutkan; mengempukkan (makanan dan sebagainya) (b). melembutkan (hati, suara); meredakan atau menenangkan (perasaan)
  6. Memperlunak; verba atau kata kerja yang bearti menjadikan lebih lembut. contoh dalam kalimat: buruh itu memperlunak tuntutan kenaikan gaji mereka.
  7. Pelunak; kata benda (kimia) yang dapat diartikan pelembut resin dalam air kolam untuk mengurangi kesadahan air yang dialirkan ke dalam kolam itu.
  8. Pelunakan; kata benda yang artinya proses, cara, perbuatan melunakkan.
  9. Terlunak; kata sifat yang berarti paling lunak


Sedangkan Frasa (Gabungan Kata) Lunak dapat dicontohkan sebagai berikut:
  1. Air lunak; merupakan istilah pertanian yang bearti air yang tidak mengandung mineral.
  2. Bantuan lunak; kata benda yaitu bantuan luar negeri berupa pinjaman dengan syarat ringan, bunga rendah, dan jangka waktu pengembalian panjang.
  3. Garis lunak; kata benda (kata kiasan) yaitu strategi dan taktik untuk memperjuangkan paham dsb dengan jalan damai.
  4. Humus lunak; kata benda yang berarti lapisan humus hutan yang terjadi dari campuran bahan organik dan mineral yang lambat laun menjadi horizon.
  5. Jilid lunak; kata benda yaitu jilid buku yang kulitnya lembek, tidak dari linen, melainkan dari kertas biasa atau karton.
  6. Kayu lunak; kata benda yang bearti kayu-kayuan yang berasal dari pohon yang berdaun seperti jarum (pohon cemara, dsb); kayu jarum.
  7. Koral lunak; kata benda yang artinya rumah bekas koloni binatang yang terbentuk dari zat tanduk.
  8. Kredit lunak; kata benda yang artinya kredit dengan bunga rendah dan waktu pengembaliannya tidak mengikat (longgar).
  9. Lunak hati; merupakan kata benda yang berati tidak keras kepala; mau mendengar kata.
  10. Lunak mulut; merupakan kata benda (kiasan) suka menurut (terutama tentang kuda).
  11. Perangkat lunak; kata benda yang artinya (a). perangkat program, prosedur, dan dokumen yang berkaitan dengan suatu sistem (misal sistem komputer). (b). bagian dari alat (komputer dsb) yang berfungsi sebagai penunjang alat utama.
  12. Perangkat lunak berbahaya; kata benda yang artinya perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server atau jejaring komputer tanpa izin termaklum dari pemilik.
  13. Perangkat lunak jahat; (kata benda) perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server atau jejaring komputer tanpa izin termaklum dari pemilik.
  14. Perangkat lunak perusak; (kata benda) perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server atau jejaring komputer tanpa izin termaklum dari pemilik
  15. Peranti lunak; (kata benda) yang bearti; (a). perangkat program, prosedur, dan dokumen yang berkaitan dengan suatu sistem (misal sistem komputer). (b). bagian dari alat (komputer dsb) yang berfungsi sebagai penunjang alat utama.
  16. Pinjaman lunak; (istilah ekonomi) pinjaman dengan syarat ringan, baik mengenai jangka waktu, bunga, maupun jaminannya.
  17. Sasaran lunak; (kata benda) sasaran yang dapat dihancurkan oleh peluru-peluru senjata ringan.
  18. Selaput lunak otak; (kata benda) selaput lunak otak yang paling dalam.
  19. dan lain-lain.


Pribahasa yang mengandung arti Lunak:
  1. Keras ditakik, Lunak disudu; artinya segala perintah hendaklah diberikan dengan penuh kebijaksanaan.
  2. Lunak disudu, Keras ditakik; artinya yang penurut diperlakukan dengan lemah lembut, sedangkan yang melawan harus ditindak dengan tegas.
  3. Lunak disudu, Keras tekik; artinya waktu memberi perintah (menguasai), orang yang halus diperlakukan dengan cara halus, orang yang membantah diperlakukan dengan keras.
  4. Lunak gigi dari lidah; artinya sangat lemah lembut (merendahkan diri dan sebagainya).


Catatan dari (wikipedia):

  • Adjektiva atau Kata sifat (bahasa Latin: adjectivum) adalah kelas kata yang mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Kata sifat dapat menerangkan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas, maupun penekanan suatu kata.
  • Nomina atau kata benda adalah kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.
  • Frasa atau Berupa gabungan kata setidaknya terdiri atas dua kata. Bersifat nonpredikatif berarti bahwa salah satu kata yang terdapat dalam gabungan kata tersebut bukan berfungsi sebagai predikat. Sifat nonpredikatif pada gabungan kata ini yang membedakan frasa dari klausa dan kalimat.
  • Verba atau kata kerja (bahasa Latin: verbum, "kata") adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini umumnya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat.


Semua halaman ini berjudul Arti Kata Lunak, Kata Turunan dan Gabungan Kata Lunak di KBBI dan Wiktionary


Artikel yang kami sajikan ini semua menggandung kata Lunak, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Terimakasih telah membaca sampai selesai artikel yang berjudul Arti Kata Lunak, Kata Turunan dan Gabungan Kata Lunak di KBBI dan Wiktionary dengan link https://www.pediapendidikan.com/2019/05/arti-kata-lunak-turunan-gabungan-kbbi-wikipedia.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Kata Lunak, Kata Turunan dan Gabungan Kata Lunak di KBBI dan Wiktionary"

Posting Komentar