Arti atau makna kata Surya, Dini, Percik, Linang, Intan, Cemerlang, Ria, Riang, Kilau dan Sejuk

Arti kata atau makna kata dari kamus
arti kata atau makna kata dari kamus

Arti atau makna kata Surya, Dini, Percik, Linang, Intan, Cemerlang, Ria, Riang, Kilau dan Sejuk


Arti Kata atau makna dari kata Surya, Dini, Percik, Linang, Intan, Cemerlang, Ria, Riang, Kilau dan Sejuk, dikutip dari kbbi.kemdikbud.go.id yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Arti Kata atau makna dari kata yang ada dalam KBBI tersebut adalah makna kata yang dipedomani sebagai acuan resmi, yang dapat ditelusuri melalui kata pencarianArti Kata, KBBI, Wikipedia.

Adapun arti masing-masing Arti Kata atau makna dari kata Surya, Dini, Percik, Linang, Intan, Cemerlang, Ria, Riang, Kilau dan Sejuk tersebut adalah sebagai berikut:


Arti Kata atau Makna kata SURYA


SURYA merupakan istilah lain dari MATAHARI, yang artinya adalah benda angkasa, titik pusat tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas pada bumi pada siang hari (kamus bahasa Indonesia atau KBBI) sedangkan menurut wikipedia.org matahari atau Surya adalah bintang di pusat Tata Surya.


Arti Kata atau Makna kata DINI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, DINI artinya pagi sekali, sebelum waktunya, contoh kalimat "Lahir Dini". Dini juga diartikan sebagai sesuatu yang bersifat agama atau religius, contoh kalimat "Sebagai makhluk dini kita harus mempunyai perasaan malu".


Arti Kata atau Makna kata PERCIK


PERCIK adalah titik-titik air yang berhamburan; recik-recik; renjis. (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia).


Arti Kata atau Makna kata LINANG


LINANG merupakan kata prakategorial atau kata yang tidak dapat dipakai dalam bentuk dasarnya sehingga penggunaannya harus ditambah dengan kata turunan yaitu berlinang; berlinang-linang; linangan yang artinya sebagai berikut:
  • Berlinang artinya meleleh (tentang air mata); atau tampak berkilap; berkilau-kilauan. contoh kalimat "air matanya berlinang", "rambutnya berlinang karena digosok dengan minyak"
  • Berlinang-linang artinya berlelehan atau kilapan
  • Linangan artinya lelehan (tentang air mata)


Arti Kata atau Makna kata INTAN


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) INTAN artinya adalah batu permata yang berkilauan berasal dari karbon murni dalam bentuk kristal (zat yang terkenal paling keras, dipakai untuk permata cincin, gelang, kalung, giwang, bros, dan sebagainya). Intan juga berarti kristal karbon murni yang dipakai sebagai alat pemotong kaca, jarum gramofon, dan sebagainya; karbonado.


Arti Kata atau Makna kata CEMERLANG


Ada 5 arti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wiktionary tentang Cemerlang yaitu;
  1. Cemerlang artinya bercahaya atau bersinar sangat terang; berkilauan. Contoh kalimat "dengan bertaburan jutaan bintang, seluruh langit menjadi Cemerlang.
  2. Cemerlang artinya cerdas (tentang otak); contoh kalimat "ia memiliki otak yang cemerlang".
  3. Cemerlang (kiasan)artinya indah sekali; elok sekali; contoh kalimat "pakaiannya sangat cemerlang".
  4. Cemerlang (kiasan) artinya bagus (baik) sekali (tentang hasil suatu pekerjaan dan sebagainya). contoh kalimat "nilai rapornya sangat cemerlang; permainannya sangat cemerlang".\
  5. Cemerlang merupakan variasi dari kata cerlang yang artinya cahaya terang.


Arti Kata atau Makna kata RIA


Terdapat 2 Istilah Kata RIA dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wiktionary yaitu:
  • Istilah pertama RIA artinya adalah riang; gembira; suka cita; ramai (oleh suara orang bersuka-suka dan sebagainya) contoh kalimat: "ia disambut dengan segala RIA dan suka hati", "Terlalu amat ria bunyinya.
  • Istilah Kedua RIA (dalam versi bahasa arab artinya sombong; congkak; bangga (karena telah berbuat baik).


Arti Kata atau Makna kata RIANG


RIANG dalam kamus besar bahasa indonesia atau KBBI artinya adalah suka hati; girang sekali. contoh kalimat dengan riang ia menyambut kedatanganku.

Riang juga dapat diartikan sebagai MERIANG.


Arti Kata atau Makna kata KILAU


KILAU artinya adalah cahaya gemerlap; cahaya berkilap; cahaya yang memantul: contoh kalimat "bagai kilau intan berlian tampaknya". (kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI)


Arti Kata atau Makna kata SEJUK


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, SEJUK artinya:
  1. Sejuk artinya Berasa atau terasa dingin, Contoh Kalimat: tengkuknya berasa sejuk; ia mudah kena sejuk mudah masuk angin
  2. Sejuk artinya Dingin segar atau nyaman. Contoh kalimat: minuman yang sejuk enak dinikmati di hari panas
  3. Sejuk artinya Agak dingin; nyaman; segar (tentang udara). contoh kalimat: udara sejuk di pegunungan
  4. Sejuk artinya Senang; lega (tentang hati); berkurang atau hilang susah hatinya (kegelisahannya dan sebagainya): Contoh kalimat; Sejuk hatinya mendengar tutur ayahnya.


Artikel ini berJudul Arti atau makna kata Surya, Dini, Percik, Linang, Intan, Cemerlang, Ria, Riang, Kilau dan Sejuk


Demikianlah Arti atau Makna Kata yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya. aamiin.

Terimakasih telah membaca sampai selesai Arti atau makna kata Surya, Dini, Percik, Linang, Intan, Cemerlang, Ria, Riang, Kilau dan Sejuk dengan link https://www.pediapendidikan.com/2019/06/arti-makna-kata-surya-dini-percik-linang-lintang-cemerlang-ria-riang-kilau-sejuk.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti atau makna kata Surya, Dini, Percik, Linang, Intan, Cemerlang, Ria, Riang, Kilau dan Sejuk"

Posting Komentar