Panduan Penggunaan Aplikasi RKAS Dana BOS bagi Sekolah

Aplikasi RKAS BOS
buku panduan Aplikasi RKAS BOS

Panduan Penggunaan Aplikasi RKAS Dana BOS bagi Sekolah


Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah yang selanjutnya disingkat RKAS adalah rencana biaya dan pendanaan program atau kegiatan untuk 1 (satu) tahun anggaran baik yang bersifat strategis ataupun rutin yang diterima dan dikelola langsung oleh sekolah.

Panduan Penggunaan Aplikasi RKAS Dana BOS bagi Sekolah merupakan petunjuk bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi RKAS. Dengan adanya panduan ini diharapkan bagi user yang menggunakan Aplikasi RKAS ini tidak menemukan kesulitan, sehingga dapat membantu pihak sekolah dalam membuat laporan-laporan keuangannya dengan baik.

Dalam penyusunan RKAS, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana. Sangat dimungkinkan suatu program dibiayai dengan subsidi silang dari berbagai pos atau sumber dana.

Program-program yang memerlukan bantuan dari pusat harus dialokasikan sumber dana dari pusat dengan sharing dari sekolah dan komite sekolah atau bahkan daerah. Misalnya untuk pembangunan ruang komputer, laboratorium baru, gedung perpustakaan, dan sebagainya. Sedangkan yang berupa program rehab besar dana lebih diprioritaskan dari provinsi.

Untuk program yang lebih operasional bisa dari dana blockgrant atau lainnya yang bersifat lebih luwes. Mengingat begitu pentingnya dalam melakukan manajemen keuangan sekolah terutama dana BOS dari pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistem tersebut adalah RKAS.

Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.

Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.

Panduan Penggunaan Aplikasi RKAS Dana BOS bagi Sekolah ini terdiri dari beberapa tahapan seperti;
  1. INSTALASI dimulai dari cara download aplikasi sampai proses registrasi
  2. MODUL UTAMA membahas tentang Menu Masuk, Menu Keluar, Menu Dashboard, Menu Sinkron (Wajib ada internet), Sinkron Referensi manual, dan Keluar Aplikasi.
  3. MODUL PENGANGGARAN membahas tentang; Menu Penanggung Jawab, Menu Kertas Kerja (Rkas), Menu Pengesahan, Menu Cek Status, Menu Laporan Penganggaran.
  4. MODUL PENATAUSAHAAN membahas tentang; Menu Aktivasi Bku, Menu Buku Kas Umum, Menu Buku Kas Umum Silpa, Menu Laporan Penatausahaan.
  5. BOS PERUBAHAN membahas tentang Perubahan dana Bos yang terjadi setelah semester 1 selesai atau akan masuk ke semester 2, proses BOS perubahan ini terkait jika ada perubahan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang telah dibuat sebelumnya.
  6. BACKUP DATABASE LOKAL yaitu Backup Database, Memindahkan Aplikasi RKAS Ke Komputer Baru.
  7. MODUL WINDOWS & HELP membahas tentang Modul windows dan Help ini bertujuan untuk mengatur tampilan Form dan menampilkan menu pembuat aplikasi ini.


Untuk memudahkan Sekolah dalam menggunakan Aplikasi e-RKAS yang diterbitkan kemdikbud ini, Berikut kami lampirkan Buku Panduan Penggunaan Aplikasi RKAS Dana BOS bagi Sekolah lengkap beserta gambar dibawah ini.

Buku Panduan Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) link:


Aplikasi ini berjudul Panduan Penggunaan Aplikasi RKAS Dana BOS bagi Sekolah


Semoga Aplikasi RKAS ini mampu memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. dan dapat berguna dan membantu siapa saja yang membaca dan membutuhkan petunjuk penggunaan Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Terimakasi telah membaca dan mendowload aplikasi yang berjudul Panduan Penggunaan Aplikasi RKAS Dana BOS bagi Sekolah dengan link https://www.pediapendidikan.com/2019/06/panduan-penggunaan-aplikasi-rkas-dana-bos-sekolah.html

Tag: BOS, RKT, RKAS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Penggunaan Aplikasi RKAS Dana BOS bagi Sekolah"

Posting Komentar