10 Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SMP dan SMA/SMK

Download 10 Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SMP dan SMA/SMK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Download 10 Laporan PTK untuk Guru SD, SMP dan SMA/SMK


Pedia Pendidikan - Ada Beberapa Jenis Karya Ilmiah, salah satunya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu Pembelajaran di kelas.

Secara Umum, Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah

10 Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas yang kami bagikan ini ditujukan untuk Guru SD, SMP dan SMA/SMK yang ingin memenuhi Persyaratan Angka Kredit Kenaikan Pangkat dan Jabatan.

Berikut dibawah ini 10 Laporan PTK untuk Guru SD, SMP dan SMA/SMK yang dapat di Unduh pada Link yang sudah kami sediakan.

Baca Juga:



PTK Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Kompentensi Membaca dengan Model Think Pair and Share Siswa Kelas VII SMP


Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk Mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia pada kompentensi membaca melalui model think pair and share pada siswa kelas VII

Download PTK Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia pada kompentensi membaca melalui model think pair and share pada siswa kelas VII SMP yang diambil melalui akun akademia Moon Moonaliza disini.


PTK Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMA


Permasalahan yang dikaji dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah:
  1. Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa SMA Negeri Mojoagung dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD?
  2. Bagaimanakah hasil ketuntasan belajar membaca pemahaman siswa SMA Negeri Mojoagung dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD?

Unduh PTK Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMA yang dibuat oleh HIDAYATULLOH melalui akun akademia mief Cobain disini


PTK Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Dan Memahami Isi Wacana Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Media Cerpen Anak Pada Siswa Kelas IV SD


Dalam pembelajaran di sekolah, peserta didik dituntut untuk menguasai keempat aspek ketrampilan berbahasa yang meliputi aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Karena dengan penguasaan keterampilan berbahasa yang baik peserta didik akan mudah menguasai berbagai Materi Pelajaran lain.

Dan secara hirarki keempat aspek ketrampilan tersebut harus dikuasai secara bertahap, dimulai dari aspek menyimak (mendengar), berbicara, membaca, dan menulis. Hal ini sesuai dengan tahapan seorang anak manusia dalam menguasai bahasa.

Download PTK Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Dan Memahami Isi Wacana Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Media Cerpen Anak Pada Siswa Kelas IV SD yang dibuat oleh SUDARSONO melalui akun akademia Sugiiyo SPd disini.


PTK Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming atau Scanning Siswa Kelas V SD


Keterampilan berbahasa mempunyai empat aspek, yaitu keterampilan menyimak (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca (reading skills), dan keterampilan menulis (writing skills).

Keempat keterampilan tersebut pada dasarnya merupakan suatu kesatuan yang hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan jalan praktik dan banyak pelatihan.

Unduh PTK Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming/Scanning  Siswa Kelas V SD yang di buat oleh MUHAMMAD SAINI melalui akun akademia Tania Indah Puri disini.


PTK Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sub Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MI


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah melalui beberapa tahapan atau siklus, gambaran nilai rata-rata siswa temasuk dalam kategori sedang dan persentase ketuntasan belajar klasikal bagi siswa sudah tercapai.

Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar, maka disarankan kepada guru untuk memperbaiki kekurangan dalam kegiatan pembelajaran dan menambah pemahaman serta pengalaman dalam meningkatkan proses pembelajaran yang sesuai, aktif, inovatif, kreatif dan menggunakan berbagai metode belajar yang baik dan benar.

Donwload PTK Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sub Materi Puisi Pada  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MI yang disusun oleh SRI SUSANTINI melalui akun akademia Hulaimi Ntb disini.


PTK Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Bacaan Berhuruf Jawa Melalui Teknik Berjenjang Pada Siswa Kelas VIII SMP


Adanya kerpihatian peneliti terhadap rendahnya motivasi siswa dalam mempelajarai mata pelajaran Bahasa Jawa, maka perlu dicari penyebabnya.

Setelah mengetahui penyebab dari rendahnya minat belajar siswa maka peneliti mengemukakan salah satu metode dalam pembelajaran.

Berikut PTK Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Bacaan Berhuruf Jawa Melalui Teknik Berjenjang Pada Siswa Kelas VIII SMP yang disusun oleh KANTI SUBIARTI, SPd melalui akun akademia Imas Anggita disini.


PTK Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I SD


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan membaca nyaring melalui penggunaan media pias-pias kata pada siswa kelas 1 SD.

Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting).

Berikut PTK Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I SD yang disusun oleh NUR BADRIYAH melalui akun akademia Khoirul Huda disini.


PTK Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi di SMK


Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya adalah (1) Rendahnya motivasi belajar siswa, (2) Rendahnya daya serap materi yang diajarkan (3) Kesenjangan yang tinggi antara siswa yang kompeten dan tidak kompeten pada Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.

Beberapa masalah tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi.

Berikut Contoh PTK Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi di SMK yang disusun oleh MOH. ARIS AS’ARI, S.Pd melalui akun akademia Mohamad Aris disini.


PTK Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Menggunakan Metode Kalimat Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Peserta Didik Kelas V SD


Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sebelum menguasai keterampilan lainnya.

Membaca cerita anak yang merupakan salah satu karya sastra, dapat melatih siswa mempertajam perasaan, penalaran, daya khayal, serta kepekaan terhadap masyarakat, budaya, dan lingkungan hidup.

Baca Juga:


Oleh karena itu, keterampilan membaca cerita anak perlu ditingkatkan. Penerapan dan penggunaan media dalam pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Download PTK Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Menggunakan Metode Kalimat Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Peserta Didik Kelas V SD yang disusun oleh Meliana Rakhman melalui akun akademia Mukhlis Uddin disini.


PTK Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas III SD


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pembelajaran minat membaca dengan menggunakan media Big Book siswa kelas III SD.

Dilihat dari hasil, dibuktikan dengan niai rata-rata minat membaca pada pratindakan 56% meningkat pada siklus I Pertemuan I 57% dan Pertemuan II 62%. Pada siklus II mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 62% dan 76%.

Berikut PTK Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas III SD yang disusun oleh Fitriana melalui akun akademia Sdn 091626BandarMaratur disini.


Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SMP dan SMA/SMK


Terimakasih telah membaca dan Mendownload 10 Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SMP dan SMA/SMK, semoga bermanfaat. aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SMP dan SMA/SMK"

Posting Komentar