Memahami Makna dari Pengertian Umpan Balik

Memahami Arti dari Pengertian Umpan Balik

Memahami Makna dari Pengertian Umpan Balik
Pengertian Umpan Balik


Pediapendidikan.com - Umpan balik adalah komentar yang diberikan oleh pendidik baik dalam bentuk tertulis maupun lisan kepada peserta didik dalam kaitannya dengan kemajuan belajar peserta didik dan pekerjaan peserta didik sebagai hasil dari tugas yang diberikan oleh pendidik kepadanya.


Melalui penelitiannya, Page (1958) menemukan bahwa pencapaian belajar peserta didik lebih tinggi pada peserta didik yang mendapatkan umpan balik.


Selain itu ia juga menemukan bahwa pemberian komentar terbukti lebih efektif untuk meningkatkan capaian belajar peserta didik daripada hanya memberikan nilai saja.


Lebih lanjut Stewart dan White (1976) melalui risetnya menemukan bahwa komentar deskriptif lebih positif pengaruhnya dibandingkan dengan komentar yang dimaksudkan untuk sekedar menilai pekerjaan peserta didik.


Umpan balik yang baik yang meningkatkan motivasi dan pencapaian belajar adalah komentar yang relevan dengan kriteria tugas yang diberikan dan mendeskripsikan pencapaian peserta didik.


Umpan balik yang baik menggambarkan apa saja yang peserta didik bisa lakukan dengan baik dalam tugas yang dimaksud dan menyarankan strategi apa saja yang dapat diterapkan oleh peserta didik untuk membantu meningkatkan hasil belajar mereka.


Selain itu umpan balik yang baik sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik sehingga efektif untuk membantu mencapai tujuan belajar.


Dengan demikian, umpan balik yang baik harus selalu mengacu pada konteks yang di antaranya meliputi jenis tugas, kemampuan peserta didik, dan target capaian belajar (Hall dan Burke, 2004; Brookhart, 2008; McMillan, 2010).


Umpan balik merupakan kunci budaya positif di dalam kelas yang tidak saja meningkatkan hasil/capaian belajar, tetapi juga mendorong terciptanya proses pembelajaran yang berkualitas.


Hal ini terjadi karena umpan balik memberi informasi kepada peserta didik baik mengenai bagian-bagian yang sudah dikuasai dengan baik maupun bagian-bagian yang belum dikuasai.


Berdasarkan informasi tersebut, peserta didik dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya sehingga tahu apa yang harus ia lakukan untuk meningkatkan kompetensinya dan pendidik dapat memfasilitasi peserta didik dengan pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhanya.


Umpan balik juga membantu pendidik dalam memutuskan bagian yang perlu diajarkan. Pendidik perlu mengarahkan perhatian peserta didik pada bagian yang perlu dipelajari tersebut.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Memahami Makna dari Pengertian Umpan Balik, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Memahami Makna dari Pengertian Umpan Balik"