Teknik Pemberian Umpan Balik yang Efektif

Teknik Pemberian Umpan Balik yang Baik

Teknik Pemberian Umpan Balik yang Efektif
Teknik Pemberian Umpan Balik


Pediapendidikan.com - Umpan balik dikatakan baik apabila disampaikan pada waktu yang tepat dengan jumlah, cara, dan sasaran yang tepat. Jika seorang pendidik memberikan umpan balik segera setelah pekerjaan peserta didik diselesaikan, peserta didik dapat segera mengetahui hasil dari pekerjaan mereka. 


Umpan balik sangat baik diberikan ketika peserta didik baru saja diberi tugas sesuai dengan kompetensi yang dipelajarinya.


Umpan balik perlu diberikan saat peserta didik masih mempunyai tujuan belajar yang belum tercapai. 


Umpan balik sebaiknya diberikan ketika peserta didik masih mempunyai alasan untuk berusaha mencapai tujuan belajar. 


Gambar dibawah merupakan contoh umpan balik yang diberikan pada saat peserta didik tengah belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Teknik Pemberian Umpan Balik yang Efektif


Salah satu hal yang sulit dalam memberikan umpan balik adalah menentukan seberapa banyak umpan balik yang diberikan.


Para pendidik biasanya mempunyai kecenderungan untuk menunjukkan semua kesalahan yang ada pada pekerjaan peserta didik. Hal tersebut dapat mengakibatkan umpan balik menjadi terlalu banyak. 


Umpan balik yang efektif adalah komentar atau masukan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan berisi informasi tentang bagian-bagian yang sudah dan belum dikuasai oleh peserta didik.


Untuk menentukan seberapa banyak umpan balik yang diberikan, pendidik perlu memperhatikan topik dan tujuan pembelajaran, perkembangan belajar, dan kebutuhan peserta didik (Brookhart, 2008).


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Teknik Pemberian Umpan Balik yang Tepat, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Teknik Pemberian Umpan Balik yang Efektif"