Memilih Isi dan Informasi yang Tepat dalam Memberikan Umpan Balik

Cara Memilih Isi dan Informasi yang Tepat dalam Memberikan Umpan Balik

Memilih Isi dan Informasi yang Tepat dalam Memberikan Umpan Balik
Memberikan Umpan Balik yang tepat


Pediapendidikan.com - Pendidik menetapkan isi umpan balik sebagai fokus yang relevan dengan kriteria tugas, indikator pencapaian kompetensi, dan/atau tujuan pembelajaran. Selain itu, pilihan fokus tersebut disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, misalnya kapasitas peserta didik yang bersangkutan.


Dalam memberikan umpan balik pada pekerjaan atau kemajuan peserta didik, pendidik dapat mengacu pada kriteria capaian belajar, capaian peserta didik pada bidang yang sama sebelumnya, hasil pekerjaan atau kemajuan peserta didik lain (Brookhart, 2008).


Dengan acuan tersebut, umpan balik akan menjadi sangat kontekstual. Pada dibawah ini merupakan contoh umpan balik yang diberikan dengan acuan kriteria capaian belajar, dengan kriteria karangan yang baik.


Pada saat itu peserta didik sedang belajar menulis. Karangan yang baik memenuhi sejumlah kriteria, antara lain memiliki judul yang menggambarkan isi dengan tepat dan gagasan-gagasannya disampaikan secara runtut (koheren).


Karangan peserta didik di bawah belum memiliki judul, tetapi gagasan-gagasan disajikan dengan cukup runtut. Oleh karena itu, pendidik menulis umpan balik sebagaimana terdapat pada gambar di bawah ini.

Umpan Balik dengan Acuan Kriteria Karangan yang Baik
Umpan Balik dengan Acuan Kriteria Karangan yang Baik


Umpan balik sebaiknya diberikan dengan memberikan deskripsi tidak sebatas skor berupa angka atau nilai.


Umpan balik yang diberikan juga bisa berupa hasil pengamatan pendidik terhadap pekerjaan peserta didik yang kemudian dibandingkan dengan kriteria yang disepakati bersama atau bisa dibandingkan dengan target belajar.


Umpan balik berupa deskripsi mengenai bagian apa saja yang telah memenuhi kriteria dan target belajar dan deskripsi tentang bagian-bagian yang bisa diperbaiki agar karya atau capaian belajarnya optimal.


Respons peserta didik terhadap umpan balik dapat menjadi indikator mengenai ketepatan umpan balik.


Respons dalam bentuk tanggapan positif secara verbal atau non-verbal dan kegiatan-kegiatan belajar yang mereka lakukan untuk mencapai apa yang belum dikuasai merupakan indikator bahwa umpan balik yang diberikan tepat.


Umpan balik yang tepat akan meningkatkan motivasi belajar dan tingkat penguasaan kompetensi peserta didik.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Memilih Isi dan Informasi yang Tepat dalam Memberikan Umpan Balik, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin

Posting Komentar untuk "Memilih Isi dan Informasi yang Tepat dalam Memberikan Umpan Balik"