Cara Membantu Peserta Didik dalam Menggunakan Umpan Balik

Bagaimana Cara Guru Membantu Peserta Didik dalam Menggunakan Umpan Balik

Cara Membantu Peserta Didik dalam Menggunakan Umpan Balik
Menggunakan Umpan Balik


Pediapendidikan.com - Selain memberikan umpan balik, pendidik juga perlu mengajarkan bagaimana peserta didik menggunakan umpan balik yang diterimanya. Pendidik dapat memberikan contoh suatu pekerjaan yang telah mendapat umpan balik dan kemudian memberi contoh langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan pada setiap butir umpan balik atau saran yang diperoleh.


Misalnya, seorang peserta didik memperoleh masukan dari pendidik mengenai karangannya. Pendidik membantu peserta didik memahami komentar pada setiap bagian dan kemudian mencontohkan kepada peserta didik cara merevisi karangan tersebut sesuai dengan umpan balik.


Setelah direvisi, peserta didik diajak untuk membandingkan antara karangannya sebelum mendapat umpan balik, setelah mendapat umpan balik, dan setelah diperbaiki.


Dengan membandingkan karangan tersebut, peserta didik akan lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan umpan balik untuk memperbaiki pekerjaan mereka.


Dalam melatih peserta didik menggunakan umpan balik, target dan kriteria capaian belajar harus diberitahukan kepada peserta didik agar peserta didik dapat menggunakan umpan balik dengan acuan yang jelas.


Jika target dan kriteria capaian belajar diketahui, peserta didik akan dapat melakukan upaya-upaya yang tepat dalam mencapai apa saja yang belum dikuasainya.


Pendidik juga perlu mengajarkan kepada peserta didik untuk menggunakan umpan balik dari tugas terdahulu untuk menghasilkan karya yang lebih baik.


Umpan balik yang didapat pada tugas terdahulu hendaknya dapat digunakan untuk tugas berikutnya. Sebagai contoh, peserta didik memperoleh tugas mengarang lagi.


Sebelum memulai mengarang, peserta didik diberi kesempatan untuk melihat umpan balik yang diberikan kepada karangan yang dibuat sebelumnya.


Dengan melihat umpan balik pada karangan sebelumnya tersebut, peserta didik akan menghasilkan karangan yang lebih baik.


Misalnya, pada karangan sebelumnya gagasan disajikan dengan kurang koheren. Maka, saat menulis karangan saat ini, peserta didik akan berusaha untuk menyajikan gagasan-gagasannya dengan koheren.


Selain melatih peserta didik memahami dan menggunakan umpan balik, pendidik perlu juga melatih peserta didik menilai perkembangan dan/atau pekerjaannya sendiri dan perkembangan dan/atau karya sebayanya.


Untuk hal ini pendidik membuat rubrik penilaian dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Rubrik penilaian tersebut dapat digunakan oleh peserta didik sebagai acuan dalam menilai hasil pekerjaannya sendiri dan/atau karya teman sebaya.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana cara Membantu Peserta Didik Menggunakan Umpan Balik, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Cara Membantu Peserta Didik dalam Menggunakan Umpan Balik"