Cara Memberikan Umpan Balik Sesuai dengan Kemampuan Peserta Didik

Cara Memberikan Umpan Balik Sesuai dengan Kemampuan Peserta Didik

Cara Memberikan Umpan Balik Sesuai dengan Kemampuan Peserta Didik
Cara Memberikan Umpan Balik


Pediapendidikan.com - Pemberian umpan balik oleh pendidik juga harus mempertimbangkan tingkat kemampuan peserta didik. Ada dua kategori peserta didik menurut kemampuan mereka, yakni:

  • Peserta didik dengan kemampuan tinggi dan
  • Peserta didik dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik.


Peserta didik dengan kemampuan tinggi


Umpan balik yang baik bagi peserta didik berkemampuan tinggi dititikberatkan pada kriteria tugas dan proses mengerjakan tugas tersebut.


Pendidik perlu menyebutkan bagian yang baik dari karya tersebut dan menjelaskan mengapa bagian-bagian tersebut sudah memenuhi target capaian belajar.


Pendidik selanjutnya dapat memberikan saran yang sifatnya pengayaan. Setelah itu, pendidik dapat meinta peserta didik untuk menyampaikan pengalaman menarik selama mengerjakan tugas tersebut.


Peserta didik-peserta didik pada kategori ini biasanya sadar dan tahu akan proses belajar yang mereka jalani.


Peserta didik dengan kemampuan rendah


Bagi peserta didik yang menemui kesulitan dalam mencapai capaian belajar, umpan balik yang berkaitan dengan proses pengerjaan tugas dan hasil pekerjaan mereka juga dapat diberikan.


Meskipun demikian, dalam memberikan umpan balik pendidik perlu membimbing peserta didik tahap demi tahap untuk mengingat kembali apa yang telah mereka lakukan selama mengerjakan tugas dan melihat setiap bagian dari karya mereka untuk menjadikan peserta didik menyadari bagian-bagian mana yang telah dan belum memenuhi target dan kriteria.


Dengan cara itu, peserta didik akan tahu apa yang perlu dilakukan untuk mencapai target sesuai kriteria.


Kepada peserta didik berkemampuan rendah, umpan balik dapat juga diberikan dengan menggunakan pekerjaan terdahulu peserta didik tersebut sebagai acuan (Hall dan Burke, 2004; Brookhart, 2008).


Gambar dibawah merupakan contoh umpan balik untuk peserta didik yang belum mencapai target sesuai kriteria.

Umpan Balik untuk Peserta didik yang belum Mencapai Tujuan Pembelajaran dengan Optimal
Umpan balik Peserta didik dengan kemampuan rendah


Dalam kaitannya dengan target belajar yang umpan baliknya dicontohkan pada Gambar diatas, peserta didik diharapkan dapat menyebutkan contoh manfaat matahari bagi manusia secara spesifik.


Namun, contoh yang diberikan oleh peserta didik tersebut belum spesifik. Oleh karena itu, pendidik memberi pancingan pertanyaan-pertanyaan agar peserta didik kembali ke proses pembelajarannya dan menemukan contoh spesifik manfaat matahari bagi manusia.


Perrenoud dalam Hall dan Burke (2004) menyatakan bahwa peserta didik mempunyai ruang untuk membuat kesalahan dan berdialog tentang kesulitan belajar yang mereka alami.


Penting bagi para peserta didik untuk mengetahui bagaimana pendidik dapat menjembatani apa yang telah dan belum mereka ketahui serta bagaimana peserta didik dapat mencapai tujuan belajar selanjutnya.


Jika pendidik tidak membimbing dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami apa yang sudah dan belum dicapai dan bagaimana mencapainya, pendidik tersebut kurang maksimal dalam memfasilitasi peserta didik mencapai target belajar.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Cara Memberikan Umpan Balik Sesuai dengan Kemampuan Peserta Didik. semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Cara Memberikan Umpan Balik Sesuai dengan Kemampuan Peserta Didik"