Pelaksanaan Penilaian dan Hasil Kinerja

Pelaksanaan Penilaian Kinerja dan Penilaian Hasil Kinerja

Pelaksanaan Penilaian dan Hasil Kinerja
Penilaian Kinerja Peserta Didik


Pelaksanaan Penilaian Kinerja


Pediapendidikan.com - Pelaksanaan penilaian kinerja dilakukan dengan metode observasi terhadap individu maupun kelompok tergantung penugasan yang diberikan. Metode pemberian skor dilakukan secara holistik dan analitik. Metode holistik digunakan apabila pemberi skor hanya memberikan satu macam skor berdasarkan kesan mereka secara keseluruhan dari hasil kinerja peserta didik.


Pada metode analitik, skor diberikan pada berbagai aspek kinerja yang berbeda berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah disepakati.


Metode analitik dapat menggunakan instrumen bentuk daftar cek (checklist) atau skala rentang (rating scale).


Penilaian Hasil Kinerja


Hasil penilaian kinerja dapat diberikan dalam bentuk penilaian formatif atau penilaian sumatif. Apabila penilaian diberikan untuk penilaian formatif, maka proses umpan balik harus lebih banyak dilakukan sehingga peserta didik mengetahui kekurangan/kelemahan dari kinerja yang dilakukan.


Pemberian umpan balik langsung dilakukan pada saat pelaksanaan tugas kinerja berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik.


Apabila penilaian kinerja dilakukan untuk melihat capaian hasil kinerja (sumatif) yang dikuasai peserta didik, maka penilaian umpan balik bagi peserta didik bukan fokus utama dan skor yang diperoleh peserta didik merupakan hasil capaian dari kompetensi yang dinilai dalam penilaian kinerja tersebut. 


Dengan demikian, pada penilaian sumatif, setiap angka dari setiap aspek atau kriteria harus mencerminkan telah seluruh atau sebagian atau ada kriteria dicapai.


Oleh karena itu, angka pada rubrik harus jelas kriterianya, dapat diukur dan tidak multitafsir.


sumber: Buku Panduan Penilaian Kinerja yang diterbitkan Pusat Penilaian Pendidikan.

Posting Komentar untuk "Pelaksanaan Penilaian dan Hasil Kinerja"