Panduan Sekolah/Madrasah pada Saat Visitasi Akreditasi

Update 2017. Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Perlu diketahui bahwa Penetapan sasaran sekolah/madrasah yang akan diakreditasi dilakukan dengan mempertimbangkan aspek ketuntasan, keseimbangan, kesiapan, dan pembinaan sekolah/madrasah. Penuntasan perlu diutamakan agar semua sekolah/madrasah memiliki status terakreditasi.

Dalam Penetapan diatas, bagi Sekolah yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang diajukan sebelumnya oleh Pemerintah Daerah.

Sekolah yang telah ditetapkan hendaknya perlu mempersiapkan segala bentuk administrasi yang diperlukan sesuai dengan Instrumen Akreditasi pada pelaksanaan akreditasi dengan sebaik-baiknya.

Sahabat Dunia Pendidikan, Pada Saat Pelaksanaan Akreditasi Sekolah ada beberapa tahap yang perlu di ikuti sekolah dalam kegiatan tersebut berikut penjelasannya :
Panduan Sekolah/Madrasah pada Saat Visitasi Akreditasi

Panduan Sekolah/Madrasah pada Saat Visitasi Akreditasi


Persiapan/Pra-Visitasi
  1. Untuk SD/MI, SMP/MTs, segera  koordinasi dengan UPA S/M setempat terkait dengan akreditasi sekolah/ madrasah  dan jadwal kunjungan Asesor. Untuk SMA/MA, SMK dan SLB koordinasi dengan BAP S/M Provinsi Masing-masing daerah.
  2. Pelajari perangat akreditasi 2017  (silahkan ambil sesuai jenjang sederajat termasuk SLB : SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK )
  3. Jadwal  visitasi dapat diunduh di Web BAP SM 
  4. ISI draf instrumen akreditasi  dan IPDIA sebagai bagian  evaluasi diri sekolah/madrasah sebelum diinput ke ( http://sispena.bansm.or.id).
  5. Cetak draf  isian instrumen akreditasi  sekolah  dan persyaratan  akreditasi , selanjutkan disetorkan ke UPA S/M 

Terkait dengan Sispena BAN SM ( http://sispena.bansm.or.id)
  1. Sekolah/Madrasah yang akan divistasi wajib  menginput instrumen akreditasi, IPDIA, Foto sekolah dan Input Prasyarat Akreditasi segera sebelum visitasi dilaksanakan.   
  2. Login user name  sekolah dengan NPSN pada http://sispena.bansm.or.id
  3. Segera Ganti pasword yang mudah dihafal jika sudah bisa login.
  4. Segera  Input instrumen akreditasi, IPDIA, Foto sekolah dan Input Prasyaarat Akreditasi segera sebelum visitasi dilaksanakan.
  5. Jika kesulitan pada saat mengunggah hubungi BAP-S/M Provinsi.

 Pelaksanaan  Visitasi
  1. Sekolah meminta kepada asesor  untuk menunjukkan surat tugas  Asesor (sesuaikan dengan jadwal)
  2. Siapkan tempat  untuk temu awal  (karena asesor akan membuat rencana kerja pada saat visitasi) 
  3. Siapkan  profile sekolah (gambaran umum untuk 8 standar), selanjutnya  kepala sekolah/madrasah  presentasi pada asesor pada saat temu awal kira-kira 10-15 menit.


Untuk Kegiatan Klarifikasi, Verifikasi Dan Validasi Data
  1. Lakukan diskusi dengan asesor  tentang apa saja  yang harus disiapkan sekolah/madrasah dalam memudahkan  kegiatan visitasi (Misanya berapa orang petugas/tim yang harus disiapkan untuk kegiatan klarifikasi, verifikasi dan validasi data) .
  2. Asesor dipandu pada saat observasi lingkungan sekolah atau yang lainnya jika diperlukan.
  3. Sekolah/madrasah bisa meminta penjelasan terhadap bukti pada butir-butir instrumen yang belum jelas, jika masih diperlukan bukti yang harus dilengkapi (semua bukti tambahan dapat diberikan dengan batas akhir sebelum asesor melakukan temu akhir, bukti tambahan yang diberikan setelah temu akhir tidak dapat diterima.
  4. Jika sedang tidak ada KBM, sekolah dimohon menyiapkan  dua kelas untuk KBM minimal 2 jam pelajaran. Jika sedang ada KBM aseor berhak memilih kelas sesuai dengan kebutuhan asesor.
  5. Unduh dan mengisi berita acara pelaksanaan visitasi dan kartu kendali proses visitasi dan ditandangani. Kemudian mengunggah kembali dalam sispena s/m setelah visitasi selesai.
  6. Setelah selesai visitasi (hari kedua),  siapkan tempat untuk kegiatan temu akhir (Asesor akan menyampaikan dan memberikan  secara tertulis rekomendasi untuk sekolah, bukan menyampaikan nilai akhir hasil visitasi, jika asesor tidak memberikan rekomendasi secara tertulis, sekolah/madrasah  harus meminta kepada asesor  untuk bukti sekolah  sudah divisitasi sebagai bahan evaluasi sekolah/madrasah).
  7. Kegiatan visitasi minimal 2 hari, perhari minimal 5 jam

baca juga terkait panduan akreditasi :

Pasca Visitasi
  1. Unggah Kartu Kendali ke www.sispena.bansm. or.id segera setelah vistasi selesai.
  2. Isi kartu kendali sesuai dengan kenyataan

Demikian yang dapat disampaikan mengenai Panduan Visitasi bagi Asesor Akreditasi Sekolah dan Madrasah, Semoga Kegiatan Akreditasi Sekolah yang dilakukan mendapat nilai memuaskan. aamiin.

sumber : http://bapsm.jatengprov.go.id/content/pengumuman/panduan-visitasi-bagi-asesor-akreditasi-sekolah-madrasah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Sekolah/Madrasah pada Saat Visitasi Akreditasi"

Posting Komentar