Buku Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar

pembelajaran, guru, administrasi, supervisi, e-book, buku panduan, pendidikan, kurikulum, guru pembelajar, sekolah dasar

Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Keberhasilan sebuah program apabila pelaksanaannya dilakukan secara sungguh-sungguh, berkesinambungan, pengawasan, pendampingan serta evaluasi.

Dari titik inilah diperlukan layanan supervisi dalam kelangsungan pendidikan terutama dalam proses pembelajaran.

Supervisi merupakan suatu layanan dari atasan kepada bawahan dengan memberikan pengarahan guna mengembangkan kinerja menjadi lebih baik. Kegiatan supervisi disebut pula sebagai kegiatan mengawasi atau pengawasan.

Sahabat Dunia Pendidikan, secara garis besar Tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru (dan staf sekolah yang lain) agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, terutama dalam melaksanakan tugas, yaitu melaksanakan proses pembelajaran.

baca juga :
> Buku Panduan Pengembangan KTSP di SD.
> Buku Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk SD.
> Pedoman Penilaian Angka Kredit Guru Terbaru.

Fungsi supervisi menyangkut bidang kepemimpinan, hubungan kemanusiaan, pembinaan proses kelompok, administrasi personil, dan bidang evaluasi. Pengertian supervisi tersebut, mempertegas bahwa supervisi dilakukan secara intensif kepada guru. Hal ini, secara tidak langsung berdampak pada prestasi belajar siswa.

Adapun Manfaat dari Supervisi adalah sebagai berikut :
  • Sebagai suatu kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan
  • Sebagai pemicu atau penggerak terjadinya perubahan pada unsur-unsur yan terkait dengan pendidikan
  • Sebagai kegiatan dalam hal memimpin dan membimbing.

Berdasarkan cara bagaimana pengawas dan kepala sekolah bersama guru melakukan perbaikan dan siapa yang lebih dominan di antara keduanya, maka dibedakan tiga macam pendekatan, yaitu direktif, kolaboratif dan non-direktif.
  1. Pendekatan Direktif: Tanggung jawab lebih banyak pada pengawas dan kepala sekolah.
  2. Pendekatan Kolaboratif: Tanggung Jawab terbagi relatif sama antara supervisor dan guru
  3. Pendekatan Non-Direktif: Tanggung jawab lebih banyak pada guru.

Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, untuk lebih lengkapnya dibawah ini merupakan Buku Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar secara lengkap yang dapat diambil melalui dropbox. 

Buku panduan ini terdiri atas Prosedur Supervisi Pembelajaran, Teknik Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Pemantapan Instrumen Supervisi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan lain-lain yang dapat diambil dibawah ini :

> Buku Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Buku Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Sumber : Buku Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar"

Posting Komentar