Bentuk-bentuk dan Contoh Penilaian Kinerja Peserta Didik

Model dan Contoh Penilaian Kinerja Peserta Didik
model dan Contoh Penilaian Kinerja

Model dan Contoh Penilaian Kinerja Peserta Didik


Bentuk-bentuk penilaian kinerja yang dapat diberikan kepada peserta didik dapat berupa penilaian praktik, penilaian produk, dan penilaian proyek.

Penilaian kinerja meliputi dua aktivitas pokok, yaitu:

  1. Pengamatan/observasi saat berlangsungnya unjuk kinerja atau keterampilan dan 
  2. Penilaian hasil dari tugas kinerja yang diberikan.


Penilaian kinerja dilakukan dengan mengamati saat peserta didik melakukan aktivitas atau menciptakan suatu hasil karya yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, atau mengamati hasil/produk dari tugas kinerja yang diberikan, atau keduanya.

Baca Juga: Pengertian, Prinsip-prinsip dan Kriteria Penyusunan Penilaian Kinerja (Performance Assessment)

Keterampilan yang ditunjukkan peserta didik merupakan aspek yang akan dinilai. Penilaian terhadap keterampilan didasarkan pada kualitas kinerja peserta didik dengan target yang telah ditetapkan.

Proses penilaian dilakukan mulai persiapan dan pelaksanaan tugas sampai dengan hasil akhir yang dicapai.

Baca Juga: Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik (Performance Assessment)


Penilaian Praktik


Penilaian praktik dilakukan melalui pengamatan pada saat peserta didik mendemonstrasikan atau mempraktekkan suatu aktivitas sesuai dengan target kompetensi.

Pada saat melakukan penilaian praktik, guru dapat menilai kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik.

Penilaian praktek dapat dilakukan pada semua mata pelajaran seperti dapat dilihat pada gambar dibawah ini
Penilaian praktek dapat dilakukan pada semua mata pelajaran
Contoh Penilaian Praktik pada beberapa mata pelajaran

Aspek yang dinilai dalam penilaian praktik ditulis dalam rubrik penilaian. Rubrik penilaian berisi kriteria-kriteria berkaitan dengan langkah-langkah yang dilakukan pada saat mengerjakan suatu aktivitas. Langkah-langkah tersebut diurutkan, lengkap, jelas, mudah diamati, dan dapat diukur.


Penilaian Produk


Penilaian Produk dilakukan terhadap kualitas teknis dan estetis hasil kerja atau produk yang telah dibuat peserta didik. Hasil kerja peserta didik dapat berupa produk yang terbuat dari kain, kertas, metal, kayu, plastik, keramik; hasil karya seni seperti lukisan, gambar, patung, dan karya sastra; dan laporan hasil penelitian/karya ilmiah.

Penilaian produk dapat dilakukan pada semua mata pelajaran seperti dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Penilaian produk dapat dilakukan pada semua mata pelajaran
Contoh Penilaian Produk pada beberapa mata pelajaran

Aspek yang dinilai dalam penilaian produk ditulis dalam rubrik penilaian. Rubrik penilaian berisi kriteria-kriteria berkaitan dengan kualitas teknis dan estetis suatu produk.

Kriteria-kriteria tersebut harus lengkap, jelas, mudah diamati, dan dapat diukur.

Catatan:
Penilaian praktik dan penilaian produk bisa dilakukan pada satu kegiatan keterampilan. Dalam hal ini, penilaian dapat difokuskan baik pada proses (praktik) maupun produk.

Oleh karena itu, penugasan dan rubriknya mencakup kedua bentuk penilaian tersebut, sehingga rubrik penilaiannya terdiri atas rubrik penilaian praktik dan rubrik penilaian produk.

Contoh:
Percobaan di laboratorium IPA biasanya dilakukan untuk meminta peserta didik untuk melakukan percobaan/pengamatan dan juga membuat laporan hasil dari percobaan tersebut.
Aspek yang dinilai:

  • tahap persiapan/perencanaan
  • tahap pelaksanaan
  • tahap akhir/pembuatan laporan


Pemberian skor dapat diberikan dengan memberi bobot yang lebih besar pada aspek yang diutamakan.


Penilaian Proyek


Penilaian proyek adalah penilaian terhadap suatu penugasan yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Penugasan tersebut meliputi:perencanaan, pengumpulan data, analisis data, penyajian data, hingga pelaporan.

Periode waktu untuk menyelesaikannya tergantung kompleksitas tugas, misalnya dalam satu minggu, dua minggu, satu bulan, atau satu semester.

Pelaksanaan proyek membutuhkan data primer, data sekunder, kerja sama dengan berbagai pihak, dan kemampuan mengevaluasi hasil.

Oleh karena itu penilaian proyek dapat dilakukan pada semua mata pelajaran secara terintegrasi atau masing-masing mata pelajaran di semua jenjang pendidikan.

Penilaian proyek dapat memberikan informasi tentang kemampuan peserta didik dalam memahami, mengaplikasikan,dan menyampaikan informasi tentang materi tertentu pada satu atau lebih mata pelajaran yang terkait sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai pada penugasan yang diberikan.

Penilaian proyek dapat dilakukan pada setiap langkah yang meliputi: persiapan (perencanaan), proses pengerjaan, dan pelaporan.

Hasil belajar yang dapat dinilai pada tahap-tahap tersebut antara lain:

1. Tahap persiapan

  • Kemampuan merencanakan dan mengorganisasikan tugas proyek;
  • Kemampuan memperoleh informasi awal (data-data awal)


2. Tahap pelaksanaan

  • Kemampuan bekerja dalam kelompok;
  • Kemampuan untuk melaksanakan tugas secara mandiri;
  • Kemampuan mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi;
  • Kemampuan menganalisis permasalahan.


3. Tahap pelaporan

  • Kemampuan menganalisis dan menginterpretasikan data;
  • Kemampuan membuat laporan;
  • Kemampuan menyampaikan hasil.


Pada pembelajaran di kelas, pendidik mungkin menekankan penilaian proyek pada prosesnya dan menggunakan sebagai sarana untuk mengembangkan dan memonitor keterampilan peserta didik dalam merencanakan, menyelidiki, dan menganalisis proyek

Peserta didik dapat menunjukkan pengalaman dan pengetahuan tentang suatu topik, memformulasikan pertanyaan, dan menyelidiki topik tersebut melalui bacaan dan wawancara.

Kegiatan ini dapat digunakan untuk menilai kemampuan peserta didik secara individual atau kelompok.

Pendidik juga dapat menggunakan produk akhir dari suatu proyek dalam bentuk presentasi (penilaian praktik)untuk menilai kemampuan peserta didik dalam mengomunikasikan temuan-temuannya dan dalam bentuk laporan (penilaian produk).

Apabila proyek digunakan pada penilaian sumatif, fokus biasanya terletak pada produknya.

Aspek yang dinilai dalam penilaian proyek ditulis dalam rubrik penilaian. Rubrik penilaian berisi kriteria-kriteria berkaitan dengan tahapan-tahapan sebuah proyek.

Tahapan-tahapan tersebut diurutkan, lengkap, jelas, mudah diamati, dan dapat diukur.


Portofolio Hasil Penilaian Kinerja


Hasil penilaian praktik, produk, dan proyek dapat didokumentasikan oleh guru dan peserta didik dalam bentuk portofolio dokumentasi.

Dokumen hasil penilaian ini menggambarkan perkembangan kompetensi keterampilan peserta didik secara keseluruhan yang digunakan untuk:

  1. Mengetahui perkembangan kompetensi keterampilan peserta didik
  2. Umpan balik dalam memperbaiki proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna; dan
  3. Melakukan refleksi dan perbaikan terhadap pembelajaran.


Demikianlah yang dapat disampaikan tentang Bentuk-bentuk dan Contoh Penilaian Kinerja Peserta Didik, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Posting Komentar untuk "Bentuk-bentuk dan Contoh Penilaian Kinerja Peserta Didik"