Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik (Performance Assessment)

Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik (Performance Assessment)
Penilaian Kinerja peserta didik

Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik (Performance Assessment)


Penilaian kinerja merupakan salah satu bentuk penilaian yang perlu ditingkatkan penggunaannya di kelas. Buku Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik di kelas ini disusun secara praktis sebagai salah satu panduan bagi pendidik dalam melakukan penilaian kinerja.

Penilaian kinerja sering disebut juga penilaian otentik merupakan teknik penilaian multi-dimensional yang dapat dilakukan dengan penilaian tertulis,penilaian perbuatan, dan penugasan. Penilaian kinerja menuntut peserta didik membuat sebuah produk dan/atau mendemonstrasikan sebuah proses.

Baca Juga: Pengertian, Prinsip-prinsip dan Kriteria Penyusunan Penilaian Kinerja (Performance Assessment)

Dengan demikian, penilaian kinerja menuntut peserta didik untuk melakukan kegiatan berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya, misalnya membuat laporan atau mempraktikkan bagaimana mengukur suhu zat di laboratorium.

Buku tentang penilaian kinerja sudah dikembangkan sebelumnya oleh Puspendik yang terbagi dalam penilaian praktik, penilaian hasil kinerja (produk), dan penilaian proyek.

Baca Juga: Bentuk-bentuk dan Contoh Penilaian Kinerja Peserta Didik

Buku panduan penilaian kinerja ini menggabungkan secara keseluruhan semua buku tersebut secara sederhana dan singkat disertai dengan contoh-contohnya untuk beberapa mata pelajaran pada setiap jenjang.

Buku ini diharapkan dapat memandu para pendidik, kepala sekolah, pengawas, pembuat kebijakan pendidikan, dan praktisi dalam memahami, mengembangkan, dan melakukan penilaian kinerja.

Buku ini merupakan pengembangan dari buku yang pernah diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Pada buku ini disajikan contoh-contoh soal atau tugas untuk penilaian kinerja.

Contoh-contoh Penilaian tersebut diharapkan memberi wawasan, inspirasi kepada pendidik bagaimana penilaian kinerja bermanfaat tidak hanya untuk menilai kompetensi yang sesuai tetapi juga dapat mendorong berpikir tingkat tinggi.

Download Buku Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik (Performance Assessment) disini


Buku Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik (Performance Assessment)


Terimakasih telah mendowload Buku Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik (Performance Assessment) dan Terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan Panduan Penilaian Kinerja. Semoga buku panduan ini bermanfaat bagi dunia pendidikan. aamiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Penilaian Kinerja Peserta Didik (Performance Assessment)"

Posting Komentar