Arti Kata Serat dan Pembahasan melalui Wikipedia dan KBBI

Arti Kata Serat
Serat Kayu

Apa itu Serat? Berikut Penjelasan tentang Serat


Serat dalam istilah Biologi adalah sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan (ulat, batang pisang, daun nanas, kulit kayu, dan sebagainya), digunakan untuk membuat kertas, tekstil, dan sikat.
Arti Kata Serat dan Pembahasan melalui Wikipedia dan KBBI di kutip melalui laman web wikipedia.org, dan kbbi.kemdikbud.go.id, yang dapat ditelusuri dengan kata pencarian KBBI, Arti Kata, Wikipedia.

Sedangkan dalam istilah lainnya (adjektiva) di Kamus Besar Bahasa Indonesia Serat adalah:

  1. sendat; tidak licin: Contoh dalam kalimat; sekrup-sekrup peti itu sudah Serat.
  2. tidak lancar: Contoh dalam kalimat; pemberian kredit Serat sekali.

Kata turunan Serat untuk istilah lainnya ini misalnya adalah:
  • menyeratkan; menjadikan atau menyebabkan serat (sendat, tidak lancar, dan sebagainya): hal itu Menyeratkan roda pemerintahan
  • terserat; tersendat; terhenti (tidak lancar): usaha itu tetap akan terserat jika sikapmu seperti itu.

Menurut Wikipedia.org, Serat (Inggris: fiber) adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh.

Contoh serat yang paling sering dijumpai adalah serat pada kain. Material ini sangat penting dalam ilmu Biologi baik hewan maupun tumbuhan sebagai pengikat dalam tubuh. Manusia menggunakan serat dalam banyak hal: untuk membuat tali, kain, atau kertas.

Serat dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu serat alami dan serat sintetis (serat buatan manusia). Serat sintetis dapat diproduksi secara murah dalam jumlah yang besar. Namun, serat alami memiliki berbagai kelebihan khususnya dalam hal kenyamanan.


Serat alami


Serat alami meliputi serat yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan, hewan, dan proses geologis. Serat jenis ini bersifat dapat mengalami pelapukan. Serat alami dapat digolongkan ke dalam:

  1. Serat tumbuhan/serat pangan; biasanya tersusun atas selulosa, hemiselulosa, dan kadang-kadang mengandung pula lignin. Contoh dari serat jenis ini yaitu katun dan kain ramie. Serat tumbuhan digunakan sebagai bahan pembuat kertas dan tekstil. Serat tumbuhan juga penting bagi nutrisi manusia.
  2. Serat kayu, serat yang berasal dari batang tumbuhan berkayu.
  3. Serat hewan, umumnya tersusun atas protein tertentu. Contoh dari serat hewan yang dimanfaatkan oleh manusia adalah serat ulat (sutra) dan bulu domba (wol).
  4. Serat mineral, umumnya dibuat dari asbestos. Saat ini asbestos adalah satu-satunya mineral yang secara alami terdapat dalam bentuk serat panjang.


Serat sintetis


Serat sintetis atau serat buatan manusia umumnya berasal dari bahan petrokimia. Namun, ada pula serat sintetis yang dibuat dari selulosa alami seperti rayon.


Serat mineral

  1. Kaca serat/Fiberglass, dibuat dari kuarsa,
  2. Serat logam dapat dibuat dari logam yang duktil seperti tembaga, emas, atau perak.
  3. Serat karbon


Serat polimer


Serat polimer adalah bagian dari serat sintetis. Serat jenis ini dibuat melalui proses kimia. Bahan yang umum digunakan untuk membuat serat polimer:
  1. polyamida nilon,
  2. PET atau PBT poliester, digunakan untuk membuat botol plastik,
  3. fenol-formaldehid (PF)
  4. serat polivinyl alkohol (PVOH)
  5. serat polivinyl khlorida (PVC)
  6. poliolefin (PP dan PE)
  7. polyethylene (PE),
  8. Elastomer, digunakan untuk membuat spandex,
  9. poliuretan.


Gabungan Kata Serat


serat alami; serat bambu; serat bekas; serat buatan; serat busa; serat diet; serat gelas; serat hewan; serat jagung; serat jute; serat kapas; serat kasar; serat kedelai; serat kulit kayu; serat larut; serat makanan; serat manila; serat mineral; serat nanas; serat optik; serat optis; serat otot; serat otot daya tahan; serat otot kedut cepat; serat otot kedut lambat; serat panjang; serat pendek; serat poliester; serat polimer; serat selulosa; serat sintetis; serat sintil; serat taklarut; serat taklarut air; serat tiruan.



Artikel ini berjudul Arti Kata Serat dan Pembahasan melalui Wikipedia dan KBBI


Demikianlah artikel tentang arti Kata Serat, semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya, aamiin.

Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai dengan judul Arti Kata Serat dan Pembahasan melalui Wikipedia dan KBBI link https://www.pediapendidikan.com/2019/06/arti-kata-serat-menurut-kamus-dan-wikipedia.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Kata Serat dan Pembahasan melalui Wikipedia dan KBBI"

Posting Komentar