Arti Kata Kardus atau Karton Lengkap dengan Pembahasannya

Arti Kata Kardus atau Karton
kardus atau karton

Apa Arti Kata Kardus atau Karton Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wikipedia dan Wiktionary


Kardus adalah Karton atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai Paperboard. Karton adalah Material yang terbuat dari pulp, baik pulp organik, pulp sintetis atau sisa produksi kertas (daur ulang).
Artikel yang berjudul Arti Kata Kardus atau Karton Lengkap dengan Pembahasannya ini dikutip melalui laman web; kbbi.kemdikbud.go.id, wikipedia.org, dan wiktionary.org. dan dapat di telusuri melalui Arti Kata, KBBI, Wikipedia. Berikut Pembahasannya:

Merujuk pada ISO 536, sebuah material yang terbuat dari kertas dengan berat lebih dari 200 g/m2 dikategorikan sebagai karton. Kemunculan karton sebagai salah satu rekayasa dibidang teknologi material untuk memenuhi beberapa kebutuhan seperti Ekonomis dan mudah didaur ulang (eco friendly).

Kardus atau Karton umumnya digunakan untuk bahan pembuatan kartu pos, kartu remi,dan lainnya yang membutuhkan daya tahan lebih tinggi dari kertas biasa. Tekstur kertas ini biasanya halus, tetapi juga dapat bertekstur atau mengkilap.


Sejarah Dibuatnya Kardus atau Karton


Karton pertama kali diproduksi pada tahun 1817 Di Inggris. Pada saat itu diperlukan sebuah kemasan pelindung yang tidak terlalu memakan ruang pada bagasi kapal dan dapat dirakit untuk kemudian digunakan berulang-ulang sebagai bentuk penghematan pengeluaran jasa pengiriman akibat adanya perang.


Klasifikasi Kardus atau Karton


Akibat banyaknya kemungkinan kesalahan penafsiran di beberapa negara terkait karton, untuk membedakan antara istilah karton, karton box dan lainnya, secara umum karton di Indonesia sendiri dikenal beberapa klasifikasi antara lain:
  1. Kardus atau Karton box adalah karton yang mudah dibentuk, dilipat tanpa merusak isi benda yang diletakan didalamnya. Biasanya jika kita melihat irisan melintang karton box, akan ditemukan sebuah lapisan bergelombang. Tujuannya adalah untuk memberikan kekuatan karton agar tidak mudah rusak. Diluar indonesia, karton box dikenal dengan istilah corrugated paperboard.
  2. Kardus atau Flexible Packaging Sama seperti karton box yang mudah dibentuk dan dilipat, hanya saja Flexible Packaging digunakan untuk kemasan makanan/minuman cepat saji dengan menambahkan lapisan anti jamur, atau bahan yang mencegah kontaminasi kimia agar makanan dan minuman tidak terpapar zat racun yang berbahaya bagi tubuh. Produksi folding box mengikuti standar kesehatan tiap-tiap negara, untuk indonesia sendiri diatur oleh Depkes dan BPOM. Di Indonesia istilah ini lebih familiar dengan nama Tetrapack.
  3. Kardus atau Kertas Karton, Kertas karton biasanya digunakan untuk keperluan hasta karya. Dan tidak diperkenankan sebagai pelindung bahan-bahan yang mudah rusak. Namun beberapa kertas karton digunakan untuk melindungi permukaan suatu benda agar tidak mudah lecet saat pengiriman. Kita bisa menemukan karton ini dengan beragam warna dengan ukuran standar kertas plano (A0).


Proses Pembuatan Kardus atau Karton


Bahan baku karton sama seperti kertas, yaitu pulp yang berasal dari serat kayu atau selulosa atau limbah kertas. Setelah menjadi bubur kayu/bubur kertas, bahan baku kemudian dikelompokan untuk diberi warna atau tidak.

Jika hendak dibuat karton dengan beraneka warna (biasanya untuk keperluan kreasi), maka bubur kayu ini akan melalui proses bleaching, sebuah proses dimana warna bubur akan menjadi putih dengan bantuan larutan Hidrogen Peroxida atau sejenisnya.

Kemudian bubur kayu ini akan dicampurkan dengan pewarna sesuai dengan kebutuhan dan tahap akhir adalah pencetakan sesuai dengan ketebalan yang di inginkan.


Penggunaan Kardus atau Karton Di Kehidupan Sehari-hari


Dikarenakan sifatnya yang mudah dibentuk dengan peralatan seperti cutter, bernilai ekonomis (murah), dan bisa ditemukan dimana-mana, membuat kardus atau karton menjadi salah satu media kreasi yang cukup diminati oleh masyarakat.

Terbukti dengan banyaknya kreasi yang terbuat dari karton box digunakan untuk hiasan atau peralatan yang bisa kita gunakan sehari-hari. Seperti kotak mainan yang memiliki nilai edukasi, hingga membuat folding box dari kardus bekas.


Artikel ini berjudul Arti Kata Kardus atau Karton Lengkap dengan Pembahasannya


Demikian yang kami sampaikan mengenai artikata tentang Kardus beserta pembahasannya, semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya. aamiin

Terimakasih telah membaca sampai selesai artikel yang berjudul Arti Kata Kardus atau Karton Lengkap dengan Pembahasannya dengan link https://www.pediapendidikan.com/2019/06/arti-kata-kardus-atau-karton-lengkap.html

Posting Komentar untuk "Arti Kata Kardus atau Karton Lengkap dengan Pembahasannya"